Selasa, 30 Juni 2020

First Solo Hiking - 4

Juni 30, 2020 0
Sepertinya usahaku untuk memblokir kontaknya berhasil, tak ada lagi komunikasi di antara kami yaaahh walau kadang rindu juga tapi buru-buru kutepis perasaan itu.

Sekian waktu berlalu, aku mulai berdamai dengan masa lalu, kubuka kembali sehingga kontaknya tidak lagi terblokir. Aman hingga suatu malam, dering khusus itu berbunyi, oh tentu aku sudah menyiapkan hati. Tidak, apa pun nanti yang dia katakan sudah tak sama lagi.

"Hai.." sapanya singkat.

"Hai juga.." tak kalah singkat.

"Apa kabar?"

"Baik."

Sudah kuputuskan aku tak akan bermain-main lagi dengannya.

"Mari kita bicara baik-baik."

"Oh dengan senang hati."

"Cukup jawab pertanyaanku ya."

"Oke."

"Kenapa dulu mau aku ajak nonton bioskop?"

Aku akan jujur kali ini, tak ada yang perlu ditutupi lagi.

"Yah, aku berharap sesuatu darimu, tentu saja."

"Sekarang?"

"Kesempatanmu sudah habis."

"Mau tahu alasanku tidak?"

"Tidak."

"Oke."

Tak aku balas, hingga menit selanjutnya dia kembali mengirim pesan.

"Maafkan aku yang dulu."

"Tentu saja."

"Apa benar tak ada harapanmu padaku lagi?"

"Maafkan aku, mari kita sudahi saja segala prasangka yang membumbungkan  harap di antara kita. Memulai kembali sebagai teman sekolah kurasa jalan terbaik."

"Jadi benar katamu?"

"Iya."

"Oke."

Malam itu selesai sudah masa lalu, tak ingin aku mengoreknya lebih dalam lagi, apa pun yang terpendam dalam hatinya sungguh tak ingin aku ketahui. Tersakiti? Sudah lama aku mengikhlaskan. Biarkan dia masih dalam prasangkanya bahwa aku sudah tak sendiri lagi.


Bersambung ...


Senin, 29 Juni 2020

Debar Melihat Istri Meregang Nyawa

Juni 29, 2020 3
Istri melahirkan

Akhirnyaaa.... aku menghembuskan napas lega beribu kali, menghapus mata yang mulai mengembun dan menggantinya segera dengan senyum bahagia di depan para tamu undangan. Setahun sejak aku meminta ibu meminang Nadia, kini kami sudah duduk bersanding bak raja dan ratu semalam, yah itu kata orang namun dalam hati aku telah berjanji untuk selalu menjadikannya Ratu seumur hidupku dalam istana rumah tangga kami. Niat itu semakin teguh kala dengan mata kepala sendiri aku melihat permaisuriku terbaring tak berdaya memperjuangkan jagoan kecil kami.

Melewati masa ngidam yang alhamdulillah tak ada kendala berarti, aku selalu menjadi suami siaga. Memijatnya lembut kala pegal sudah menjalari seluruh tubuhnya, bahkan tangisan yang kadang muncul saat ia teringat akan sesuatu yang tidak masuk akal, aku selalu pasang badan menenangkannya, mengingatkannya untuk selalu ingat kepada Allah Ta'ala dan mengabaikan segala mitos tentang ibu hamil.

Malam itu, Nadia merasakan kontraksi yang tidak biasa, kata ibu mertua sebaiknya aku membawanya ke klinik bersalin segera. Setelah diperiksa, perawat menyuruh kami untuk kembali pulang sebab masih lama menunggu bukaan sempurna, terlebih ini anak pertama. Ya, manut saja to aku. Sesampai di rumah, justru ibu mertua yang menanti dengan cemas memarahiku dan berujung kami kembali ke klinik bertiga, sebelumnya hanya aku dan istriku. Mereka menggunakan becak sedang aku mengikutinya dari belakang, kebetulan klinik tersebut tidak terlalu jauh dari rumah.

Bertemulah ibu mertua dengan perawat yang tadi menangani istriku, lalu mereka mulai berdebat dan akhirnya istriku diijinkan untuk rawat inap di klinik tersebut.

Kalian pasti bingung ya? Hhhee, jadi ketika aku sampai di rumah, ibuku langsung naik pitam (ya begitulah gambarannya, pokoknya aku baru pertama ini lihat raut wajah beliau merah padam seperti ingin mengumpat, tapi tidak mungkin, ibu mertua orangnya tidak pemarah) karena melihat putrinya yang sudah lemas tak berdaya dan mengeluarkan darah dari organ vitalnya. Hey, jangan dulu kalian salahkan aku, ya mana aku tahu, tadi kan perawat memintaku untuk pulang, ya walaupun selama perjalanan istriku tidak menyahut sedikitpun candaan-candaanku.

Sejak opname, istriku mulai tak berbicara, hanya isyarat lemah yang ia tunjukkan setiap menjawab pertanyaan. Naluri suamiku tumbuh, maka dengan lembut aku menyuapinya dengan potongan-potongan roti lembut sebab mulutnya hanya mau terbuka sedikit. Kalian tahu, jauh setelah proses melahirkan terlewati, istrinya meluapkan kekesalannya sebab aku tak memberinya minum, malah tak henti menyuapi, katanya tenggorokannya kering, namun tak ada daya untuk meminta. Duh, maaf yaa sayaang.

Malam itu istriku kembali kontraksi, baru kali ini aku melihat cahaya hilang dari wajahnya, takut segera menyerap seluruh energiku, namun sungguh aku ingin terus menggenggam tangannya melewati perjuangan ini, untung saja bidan mengijinkan aku untuk berada di samping istriku. Melihat peluh yang tak henti menetes, erangan yang sekuat tenaga ia keluarkan, perintah bidan semua menjadi satu membuat ruangan ini seolah menghimpitku, aku kehabisan napas, rasanya tak ada kekuatan untuk berdiri, namun cengkeraman istriku mengembalikan kesadaran.

Tangis bayi memenuhi udara, aku mengecup kening istriku, menunggunya membalas senyumku namun justru ia terpejam. Bidan memisahkan aku dengan istriku, dengan cepat ia meminta perawat menyiapkan mobil ambulan menuju rumah sakit, eh, ada apa?

Kembali aku limbung, bahkan ketika bidan mengajak bicara aku seperti tidak sadar, untung saja ibu mertua segera datang dan mengiyakan perkataan bidan, eh bidan bilang apa memang?

Tenang, istriku hanya kelelahan saja, ada sedikit tindakan medis yang harus segera dilakukan untuk memulihkan istriku, juga beberapa kantong darah yang harus segera ditranfusikan, klinik bersalin ini punya stok darah? hebat benar, atau sudah dipersiapkan? Ahh, nanti kutanya ibu mertua.

Ambulan yang diminta bidan justru disiapkan untuk anakku, ibu mertua ikut mengantar si kecil ke rumah sakit, sedang aku duduk di lantai koridor rumah sakit sementara istriku di ruangan entah.

Hhaa, ini kenapa seolah aku yang kehilangan akal sehat ya? Ibu mertua hanya menepuk pundakku lembut sembari berkata bahwa sebentar lagi ada keluarga yang datang, jangan khawatir.

Beberapa minggu setelah kejadian memalukan di klinik tersebut, aku selalu menjadi bahan olokan para saudara, berbagai macam candaan konyol ditujukan tanpa tedeng aling-aling, lalu tawa menggelegar memenuhi rumah kami, biasanya dan seterusnya aku hanya diam sembari tersenyum malu, yah memang memalukan sih, tapi coba saja nanti kalian rasakan sendiri bagaimana melewati pengalaman pertama istri melahirkan .

Berbeda hal dengan istriku yang selalu mengucap terima kasih karena mau menemaninya berjuang walau harus mengalahkan phobiaku sendiri dengan jarum, darah, dan bau obat. Ahh, jagoan kecilku sangat tampan, bahkan nanti ketika dia memiliki adik, aku akan melakukan hal yang sama. Semisal yang kedua aku masih mengulangi hal memalukan itu lagi ya mungkin akan menjadi biasa saja di kali ketiga, keempat, atau kelima, bisa saja kan?

Baiklah, kalian ingin membully-ku juga? Ahh, silahkan tapi lebih baik tolong aku untuk menyembuhkan phobia ini, hhee. Terima kasih ya sudah membaca yaaaah walaupun tak memberi semangat, hhaa, bercanda.

Salam untuk calon ayah di luar sana juga calon ibu hebat, dari kita semoga lahir generasi penerus bangsa yang luar biasa membanggakan dunia dan akhirat, aamiin.


Rabu, 24 Juni 2020

Kebijakan Pendidikan Akibat Pandemi

Juni 24, 2020 3
Kebijakan pendidikan akibat pandemi

Adanya pandemi covid-19 mewajibkan kita menahan diri untuk keluar rumah, bahkan untuk menekan grafik nasional yang terus meningkat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk di rumah aja, salah satu yang sangat berdampak adalah pendidikan. Tak boleh ada sekolah yang masuk, semua murid diliburkan selama dua pekan, awalnya hingga ketika angka positif korona tak kunjung berkurang maka waktu libur sekolah diperpanjang hingga waktu yang belum ditentukan.

Lalu, apakah hanya berdiam diri saja di rumah? Oh tentu tidak, pendidikan adalah hak segala bangsa, walau tak bertatap muka tak ada alasan untuk berhenti menambah wawasan. Ini adalah secuil pengalaman saya mendampingi suami sebagai tenaga pengajar di dua sekolah berbeda tingkat menengah atas.

Kebijakan pendidikan yang pemerintah gaungkan adalah belajar dari rumah sehingga ilmu pengetahuan yang telah disusun dapat disampaikan sesuai dengan waktunya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat saya rangkumkan berdasarkan fakta :

1. Fokus

Sebab tidak ada tatap muka langsung maka kontrol terhadap siswa pun mengalami kendala, bahkan ketika dilakukan tatap muka online pun, sulit menegur siswa yang tidak fokus dengan materi yang disampaikan. 

2. Keterbatasan Fasilitas

Suami mengajar di dua sekolah yang berbeda, Sekolah Menengah Atas Negeri tak banyak kendala ketika belajar dari rumah, gawai yang mendukung semua aplikasi yang dibutuhkan juga kuota yang selalu tersedia berbeda dengan keadaan siswa beliau yang berada di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta, ada saja yang telat atau bahkan tak mengumpulkan tugas dengan alasan tak ada fasilitas untuk mengerjakannya.

3. Efisien Waktu

Jika di sekolah ada beberapa jam berulang di setiap minggunya untuk satu mata pelajaran, maka selama belajar dari rumah tak ada pengulangan. Entah ini baik atau tidak, sebab pasti ada materi yang tidak bisa disampaikan dengan rinci. Jika harus memaksa untuk sama persis dengan di sekolah pastilah akan sangat sulit, bukan saja kuota yang harus tersedia lebih banyak namun mata yang harus kuat menantap layar juga.

4. Penguasaan Materi

Pemberian soal secara online dan langsung dikerjakan dan dikumpulkan seketika itu juga menjadikan siswa harus mengerjakannya sendiri, sulit untuk menyalin milik teman, ini tentu sangat bagus, mengukur seberapa paham siswa akan materi yang telah disampaikan. Hasilnya? Ada yang bagus dan tentu saja tidak sedikit yang mendapat nilai dibawah rata-rata. Apa artinya ini? 

Itulah sedikit dari pengelaman saya melihat suami sebagai guru yang mengajar dari rumah, tentu tidak semua wilayah dan sekolah memiliki kendala yang sama, boleh ditambahkan di kolom komentar jika ada hal yang menarik dari kebijakan ini.

Kata orang, Indonesia memiliki seribu masalah dalam pendidikannya, mulai dari tenaga pengajar, fasilitas, orang tua bahkan dari siswanya sendiri.

Tenaga pengajar yang harusnya tak henti belajar agar ilmu yang nantinya disalurkan ke para murid bisa mengikuti perkembangan zaman, yah sebab setiap murid memiliki tantangan sendiri di zamannya, apa jadinya jika tenaga pengajar tak meng-upgrade ilmu mereka?

Fasilitas pendikan seperti sekolah, perpustakaan, alat tulis bahkan sekarang perangkat elektronik harus disediakan untuk menunjang pendidikan. Mau tak mau zaman digital seperti ini harus membuat kita mengikutinya jika tidak mau ditinggal dunia.

Orang tua pun tidak boleh sepenuhnya mempercayakan anak ke sekolah, oh tentu akan sangat sulit bagi para guru untuk mengawasi siswa yang berpuluh kali lipat lebih banyak. Jelas tidak boleh angkat tangan saja, anak-anak masih tanggung jawab orang tua masing-masing sepenuhnya, sekolah hanya membantu.

Nah, siswa juga tidak boleh abai terhadap kewajibannya sebagai pelajar. Rajin mengulang materi dan mengerjakan soal hanya salah satu dari banyak hal yang seharusnya dilakukan. Bertambahnya ilmu pengetahuan adalah tanggung jawab pribadi, mengaplikasikannya dalam kehidupan tentu oleh diri sendiri, guru adalah pembimbing jangan limpahkan semua tanggungjawab masa depan kepada nasib semata, bahaya.

Banyak, banyak sekali pekerjaan rumah tentang pendidikan Indonesia yang harus kita benahi, mari kita mulai untuk tidak berputus asa dan dimulai dari diri sendiri. Yuk ambil peran kita tanpa harus mencela peran orang lain. 

Semangat melakukan perubahan, kita bisa melakukannya bersama. Setuju kan?


Senin, 22 Juni 2020

Sehat Bersama SehatQ.com

Juni 22, 2020 1
Kesehatan merupakan hal penting yang harus diperhatikan, begitu banyak orang yang rela melakukan apa pun untuk menjaga agar tubuhnya tetap sehat. Sebagai orang umum yang tidak berkecimpung di dunia kesehatan, apakah kita bisa benar-benar paham tentang kesehatan tubuh? Alhamdulillah hadir platform kesehatan yaitu www.sehatq.com .

Website ini tentu berisi tentang informasi yang dapat dipertanggungjawabkan oleh para ahli, jadi ga ada tuh ceritanya masih khawatir tentang mitos kehamilan atau bingung ketika hidung anak tersumbat sebab kita juga bisa mencari artikel kesehatan lain seperti cara menghindari fluapa yang mesti diperhatikan oleh ibu hamil, atau tumbuh kembang si kecil dan masih banyak lagi.

Yuk, kita kenalan dengan platform ini, kalau kenal tentu akan semakin banyak manfaat yang bisa kita ambil dong.

sehatQ.com

Membuka halaman awal saja sudah terlihat jelas fitur dan layanan yang memudahkan kita untuk langsung menuju informasi apa yang hendak kita cari tahu lebih lanjut, sekali klik langsung deh kita seolah sedang berbicara dengan ahlinya. Contoh saja, semisal kita ingin mencari tahu tentang info penyakit maka bukan hanya satu namun banyak sekali artikel yang akan membantu kita, waaah keren sekali bukan?

corona

Agar lebih banyak hal yang kita ketahui, berikut ringkasan singkat dari setiap fitur dan layanan dari SehatQ.com :

1. Toko

Di sini kita bisa dengan mudah mencari berbagai kebutuhan sebab sudah dipisahkan sesuai kategori; Obat, Ibu dan Bayi, Perawatan Tubuh, Perawatan Wajah, Kecantikan, Alat Kesehatan, Vitamin, Mineral dan Suplemen, serta Makanan dan Minuman.

toko sehatq.com
Tinggal klik sesuai kategori yang kita butuhkan, maka akan muncul berbagai macam produk, nah silahkan pilih yang cocok deh.

2. Obat

Loh, apa bedanya dengan obat yang bisa kita dapatkan di fitur Toko ? Obat di fitur ini lebih kepada obat yang memerlukan resep dokter untuk menebusnya, bukan obat yang bebas di dapat seperti yang ada di fitur Toko.

3. Artikel

Nah, ga perlu menunggu sakit untuk berkunjung ke website ini sebab ada banyak artikel informatif yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, selalu diperbarui sesuai dengan kondisi saat ini semisal dunia tengah digoncang pandemi covid-19 maka akan ada artikel terbaru tentang bagaimana cara mencegah agar tidak tertular corona saat new normal .

4. Tindakan Medis

Berbagai macam tindakan medis yang dijelaskan dengan singkat dan mudah dipahami ada di sini, jadi jika kalian merasa butuh untuk mencari informasi seperti ini tentu fitur ini sangat membantu sekali bukan.

5. Dokter

Ada banyak dokter berkompeten ada di sini, kita bahkan bisa tahu dimana beliau praktik, jadi tinggal sesuaikan saja dengan lokasi terdekat kita.

6. Rumah Sakit

Eitss.. di fitur ini bukan hanya tersedia rumah sakit saja loh namun juga sejumlah fasilitas kesehatan seperti Klinik Gigi, Klinik Kulit dan Kecantikan, Lab dan juga Puskesmas.

7. Corona

Fitur ini membantu kita untuk tidak khawatir sebab diulas dengan jelas fakta dan mitos seputar corona, juga berita-berita yang terkait. Jadi tidak perlu panik, penuhi saja otak kita dengan informasi yang benar dan bermanfaat.

8. Chat Dokter

shat dokter

Jadi, mau tanya apa hari ini sama Dokter?
Enak banget kan, kita bisa konsultasi sama ahlinya, gratis lagi.

9. Promo

Wah, dengar kata promo langsung semangat nih, hhee. Jadi di SehatQ.com ada promo juga loh untuk tes kesehatan. Asyik banget ya, tinggal cari tahu dimana lokasi terdekat dengan tempat tinggal kamu aja, abis itu dapetin deh promonya, yuhuu.

10. Forum

Di sini kita bisa tanya apa pun, bahkan kalau semisal malu bertanya bisa membaca pertanyaan sebelumnya, waah akan banyak informasi yang di dapat ya pastinya.

Wah ternyata setelah berkenalan banyak sekali hal bermanfaat yang bisa kita dapatkan ya di SehatQ.com, yuk mari tambah wawasan dan mulai peduli dengan kesehatan diri sendiri dan orang sekitar. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya.




Sabtu, 13 Juni 2020

Siapkah New Normal

Juni 13, 2020 9
new normal

Nah jawab, siap ga?

Tentu jawaban dari setiap orang akan berbeda-beda sesuai kondisi, namun sebagai warga negara siap tidak siap ya harus siap apa pun yang pemerintah rencanakan. Jangan bilang kalau kita hanya menerima saja karena tidak bisa apa-apa, eitss, ayolah gengs itu namanya berputus asa, bahaya kalau kena mental, dueeeer.

Bahayanya apa kalau kena mental? jelas akan ada perubahan perilaku dong. Munculnya rasa cemas berlebihan dan bisa berujung pada pemakaian obat penenang bahkan narkotika, naudzubillah.

Lalu harus gimana dong? Yuk mari kita urai perlahan :

1. Cari Informasi

Cemas itu timbul karena kurangnya pengetahuan kita terhadap sesuatu, jadi mari cari tahu apa itu New Normal. Pandemi covid-19 telah banyak mengubah kehidupan kita, berdampak pada banyak pihak dan tidak memandang kalangan/status sosial bahkan ekonomi nasional pun porak-poranda. Bukan tanpa usaha pemerintah dalam menangani virus ini, namun nyatanya lebih dari tiga bulan grafik penderita corona tidak jua menurun

Setelah banyak pertimbangan dan perhitungan, maka pemerintah memutuskan untuk memulai kehidupan kembali dengan berbagai aturan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir selama dua puluh detik, keluar menggunakan masker tiga lapis, menjaga jarak, dll. Nah itulah yang disebut New Normal.

Yuk terus perbarui wawasan kita tentang pandemi ini agar tahu apa yang harus dilakukan. Namun jika membaca informasi terus menerus justru membuat kita semakin cemas, maka jangan dilanjutkan. Beri jarak namun jangan lantas abai ya.

2. Sumber Keuangan Kedua

Nah, kembali lagi tentang dampak pandemi covid-19 yang telah menghancurkan ekonomi nasional, maka jangan hanya ikut mencibir pemerintah dengan bantuan yang banyak menuai pro dan kontra tersebut. Malu ahh, harusnya kita jadi generasi cerdas yang mampu berkontribusi setidaknya tidak menambah kerusuhan, setuju? Harus.

Kerasa banget sih, kemampuan literasi bangsa Indonesia mempengaruhi cara pikir dan respons terhadap suatu peristiwa. Mulai sekarang harus disadari bahwa ilmu pengetahuan adalah hal penting untuk membuka banyak kesempatan di depan mata.

Teruntuk kita yang memiliki kesempatan menyalurkan informasi, yuk sebarkan banyak manfaat lewat tulisan agar banyak yang tercerahkan, Insya Allah.

Kebijakan untuk di rumah aja tentu membuat kita harus berpikir keras bagaimana cara melanjutkan hidup jika penghasilan utama menghilang? Sedih, kecewa, bingung itu manusiawi namun hidup tetap harus berlanjut, ada perut yang harus diberi makan.

Mencoba berbagai peruntungan seperti jualan online, freelancer/mencari job sampingan dari rumah, membuka warung kecil-kecilan, dll adalah ikhtiar kita untuk bertahan. Tak apa jika kita merasa lelah dan hampir berputus asa terhadap segala usaha, namun harus ada batas waktunya setelah itu bangkit dan mencoba lagi, jangan lupa berdoa dan gantungkan segala harapan kepada Allah Ta'ala, yakinlah Dia tak akan menyia-nyiakan hamba ciptaan-Nya.

Pandemi ini mengajarkan kita banyak hal, belajar adalah satu-satunya yang dapat membuat roda kehidupan terus bergerak sehingga tak akan membuat kita terjatuh.

Bersyukurlah, bersama kita saling menguatkan, jika dada terasa sesak tumpahkan segala keluh kesah di atas sajadah, boleh juga tuliskan dan bagikan agar banyak orang yang merasa tenang dengan semangat yang kita sebarkan.

Tulisan ini saya cukupkan, teriring doa semoga Allah Ta'ala menguatkan dan meluluskan kita dalam menghadapi ujian ini :)


Rabu, 10 Juni 2020

About Me

Juni 10, 2020 0
memo muslimah


🍒Muslimah

💻Lifestyle Blogger

📖Book Reviewer

📍Pengumpul Quotes

🚈KRD Lovers

🏨Bandung (JaBar) - Klaten (JaTeng)


Minggu, 10 Mei 2020

Pendahuluan Sedikit Tentang Buku Mahkota Pengantin

Mei 10, 2020 4

Cung yang mau masuk surga 😀😀😀

Ternyata eh ternyata pernikahan merupakan jalan tol menuju surga loh. Kok bisa? Ada banyak hadist shahih yang menjelaskannya, diantaranya :

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan puasa ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya (dalam ketaatan), maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki." (HR. Ibnu Hibban dalam shahihnya)

Amalan wajib saja, tidak dengan sunnahnya loh. 😄

Ada lagi teruntuk pemuda calon suami dan ayah nih :

"Satu dinar yang kau infakkan di jalan Allah, satu dinar yang kau infakkan pada hamba sahaya, satu dinar yang kau sedekahkan kepada seorang miskin, satu dinar yang kau infakkan kepada keluargamu. Yang paling besar pahalanya adalah yang kau infakkan kepada keluargamu." (HR. Muslim)

Masya Allah... Jadi semangat kerjanya kan para suami 😉

Satu lagi deh biar puas 😆
Tiada yang sia-sia loh ngobrolnya suami dan istri, ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :

"Segala sesuatu yang di dalamnya tidak terdapat dzikrullah, maka itu adalah senda gurau, kelalaian, permainan  empat perkara : laki-laki mencumbui istrinya, laki-laki melatih kudanya, berjalannya di antara dua tujuan, dan laki-laki mengajarkan renang. " (Shahih, HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan selainnya)

Pernikahan adalah ibadah terpanjang dan terlama, oleh sebab itu tentu ada seni dalam menjalankannya. Bosen? Manusiawi. Capek? Pasti. Yuk lah, kita pegangan pada panduan yang syar'i.

Eitss, teruntuk yang masih menanti pendamping di sisi, jangan berkecil hati, tetap semangat mengkaji untuk bekal menyambut hari yang dinanti 😍

Peringatan!
Saya bukan jualan buku ya 😅
Jadi buku ini saya dapatkan dari teman-teman sebagai hadiah pernikahan, membacanya menyadarkan saya bahwa pernikahan memang bukan hal yang mudah dilalui tanpa ada iman dan ilmu di dalamnya.

Mau ikut baca tapi ga punya bukunya? Tenang saja, kajian buku ini bisa diikuti online lewat youtube channel milik ustadz Khalid Basalamah, penjelasannya perlahan dan Insya Allah mudah dipahami.

Yuk lah semangat belajar agar kita mampu menjaga keutuhan rumah tangga kita, Insya Allah.

Sabtu, 02 Mei 2020

Belajar Ngeblog Dari Senior

Mei 02, 2020 6

Komunitas One Day One Post membuka jalanku mengenal dunia blog, terima kasih kepada Bang Syaiha selaku pendiri yang telah bekerja keras menghadirkan komunitas ini secara cuma-cuma, semoga Allah berikan balasan berupa kemudahan dalam setiap urusan, aamiin.. juga kepada para pengurus yang bersedia menjaga komunitas ini tetap eksis sampai sekarang, Allah berikan balasan kebaikan untuk kalian, Insya Allah.

Di periode kepemimpinan Kak Sakifah, muncullah ide baru tentang pengembangan blog lebih jauh lagi, dengan program ini diharapkan para odopers bisa mengembangkan diri terhadap blog yang sudah susah payah diisi walau sudah lolos menjadi member tetap. Yah, kegelisahan bahwa banyak odopers yang membiarkan blog mereka bersarang, padahal ada banyak hal bermanfaat jika ditekuni, dari terapi kesehatan dengan menulis, berbagi ilmu yang dikuasai kepada sesama sampai menghasilkan pundi rupiah. Luar biasa memang, namun tentu saja butuh keinginan untuk mewujudkannya, itulah mengapa ODOP memberikan wadah berupa ODOP Blogger Squad, kita bisa saling menyemangati dalam proses mengisi dan menghias blog, seruuu banget kan.

Dahsyatnya lagi, ternyata aku menemukan banyak guru senior di dunia blogging, salah satunya Bu Renita. Pasti, ketika membaca tulisan ini beliau akan segera menyanggahnya, ya kan Bu, ngaku hayooo... hhhaa. Bagiku, siapapun yang lebih canggih dan keren adalah senior, dimana darinya aku bisa mengambil banyak pelajaran.

Beliau bergabung di batch 7 sedang aku sudah lebih dulu masuk, namun ketika melihat blog beliau, langsung minder, malu sendiri, hhaa, coba perhatikan, mulai posting artikel pada bulan Oktober 2018, itu berarti baru satu setengah tahun namun tampilannya sudah begitu rapi.

Navigation Bar nya lengkap, memudahkan pengunjung melihat garis besar dari blog beliau. Dimunculkannya postingan terbaru agar menarik minat pengunjung untuk membacanya. Hebatnya lagi setiap tulisan sudah memiliki kategori, tak ada tulisan tanpa kategori. Tak perlu bingung, kategorinya pun sudah tertulis rapi, tinggal pilih saja mau baca yang mana.

Salutnya lagi kategorinya ga main-main, semua menarik, seperti pendalaman agama, bahasa inggris, juga ada contoh tulisan yang diikutkan lomba loh. Baik hati banget ya mau berbagi contoh tulisan untuk lomba, rajin lagi ikut lomba, berdasar kategori sudah ada 28 tulisan yang diikutsertakan, gimana ga hebat coba.

Komunitas yang diikuti pun bukan sembarangan, komunitas yang terkenal secara nasional dan sering mengadakan event, pantes banget semangat beliau terjaga.

Banyak... banyak banget hal yang harus aku pelajari dari beliau, kerapihan blog mendapatkan ancungan jempol yang harus aku contoh, bukankah tampilan mencerminkan pemiliknya? Kemudian pemilihan kategori yang secara pribadi menarik hatiku, rasanya kok aku sulit ya untuk fokus, hhee. Pengen banget baca semuanya, mencuri ilmu dari senior yang rajin dan tak malas dalam menulis, berbeda dengan aku yang hanya semangat kalau diiming-imingi rupiah, wkwkwk, duh.

Oh ya, keberanian dalam mengikuti lomba juga menjadikan aku salut dengan beliau, aku sendiri belum cukup berani untuk mencoba, padahal jika tidak mencoba bagaimana bisa meningkatkan kapasitas diri, duh.

Makasih ya Bu, bahkan tanpa bertatap muka sudah memberikan begitu banyak pelajaran berharga, lebih jauh lagi bahkan dengan contoh nyata.

Kalian tentu akan sangat setuju dengan pendapatku ini, kalau tidak percaya kunjungi saja blog beliau dan silahkan mengambil manfaat darinya, renitaoktavia.com .

Tulisan ini hanya sedikit mengambarkan betapa dari beliau banyak hal yang aku pelajari, menjadikan diri malu dan menggenapkan hati untuk lebih baik lagi dalam memelihara blog. Terima kasih sekali lagi, mau kan Bu renita ngajarin saya? (ngarep)


Camilan Lengkap Dari Mayora

Mei 02, 2020 0
mayora

Satu lagi dari mayora...

Slogan legendaris yang membekas banget, iya kan? Hebatnya, slogan yang didengungkan sekitar tahun 1980-an itu tidak pernah berubah loh. Jadi sedari aku kecil sampai udah menikah masih inget banget setiap iklan mayora di televisi, hhee.

Mayora adalah perusahan yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman, dan semuanya enak banget, hhaa. Siapa coba yang ga suka beng-beng, astor, sama malkist? makanan coklat yang semua orang doyan, terlebih harganya terjangkau. Jajanan yang gampang banget ditemukan di warung-warung dekat rumah. Bukan cuma anak-anak aja loh, bahkan orang tua suka menjadikan biskuit roma sebagai persediaan camilan di rumah atau dibawa ketika menjenguk orang sakit. Waw.

Pernah sih mikir kenapa mayora bisa seterkenal sekarang, jawabannya ya selain produknya yang murah dengan beragam jenis ternyata kualitasnya ga murahan, hebat banget deh bisa menjangkau semua kalangan. Mudah didapat terlebih bisa dibeli satuan, ga memberatkan orangtua semisal anaknya pengen jajan kan.

Produk mayora emang banyak banget, jadi semisal ga suka coklat ya pilih varian rasa yang lain, ga cuma makanan ringan aja, minuman juga banyak pilihannya, bukan cuma andalan keluarga tapi teman setia anak kos juga, hhee. Juara deh, berasa bahagia ada mayora di sini. 

Coba cek list di bawah ini, jangan-jangan kalian baru tahu lagi kalau ternyata camilan ini adalah produk mayora, hhee.

1. Biskuit 
    * Danisa
    * Slai O Lai
    * Zuperr Keju
    * Coffe Joy
    * Better
    * Royal Choice
    * Roma Sari Gandum
    * Roma Kelapa
    * Roma Marie Susu
    * Roma Malkist Full Range
    * Roma Wafer
    * Roma Filled Cookies

2. Kembang Gula
    * Kopiko
    * Kis/Fres Mint
    * Kis Chewy
    * Tamarin

3. Wafer
    * Astor
    * Astor Skinny Roll
    * Beng Beng Regular

4. Cokelat
   * Choki Choki

5. Kopi
  * Torabika Duo
  * Torabika 3In1
  * Torabika Tora Susu
  * Torabika Tora Moka
  * Torabika Creamy Latte

6. Makanan Kesehatan
  * Energen
  * Energen Oat Milk
  * Prima Cereal

Gimana gimana, ada yang baru denger? atau sudah menikmati tapi ga tahu kalau itu produk mayora? Hhee. Kalau aku sendiri jarang beli kopi sama makanan kesehatan, tapi paling sering beli biskuit sama wafer. Kalau kalian sering beli yang mana?

Terima kasih mayora sudah hadir dan menyediakan camilan bergizi untuk Indonesia.



Sabtu, 25 April 2020

Bersyukur Ramadhan Di Tengah Pandemi

April 25, 2020 21

Selamat menjalankan ibadah puasa ya untuk semua umat muslim, kesempatan kembali bertemu dengan bulan ramadhan tentu menjadi anugerah tak terhingga mengingat banyaknya rahmat dan kemulian di bulan ini, semoga kita bisa memaksimalkannya dan tidak membiarkannya berlalu begitu saja.

Alhamdulillah tahun ini kita diberi kesempatan oleh Allah Ta'ala untuk menjalankan puasa ramadhan di tengah pandemi korona atau covid-19, eitttsss apa pun keadaannya jangan lupa bersyukur sebab segalanya tentu sudah menjadi ketetapan-Nya. Kok bersyukur sih? Iya, kita ini umat akhir zaman tak perlu bingung menghadapi setiap peristiwa, semuanya sudah dicontohkan oleh sebaik-baik suri tauladan, Rasulullah SAW.

Ketika beliau mendapatkan sesuatu yang tidak disukai, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan,

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

‘[Alhamdulillah ala kulli hal] Segala puji hanya milik Allah atas setiap keadaan’.” (HR. Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini hasan)

Inilah tingkatan tertinggi dalam menghadapi musibah yaitu seseorang malah mensyukuri musibah
yang menimpa dirinya karena musibah dapat menghapuskan dosa, maka orang semacam ini bersyukur kepada Allah karena dia telah mendapatkan tambahan kebaikan.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلاَ وَصَبٍ وَلاَ هَمٍّ وَلاَ حُزْنٍ وَلاَ أَذًى وَلاَ غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا ، إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

Tidaklah rasa capek, rasa sakit (yang terus menerus), kekhawatian, rasa sedih, bahaya, kesusahan menimpa seorang muslim sampai duri yang menusuknya kecuali Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan musibah tersebut.” (HR. Bukhari no. 5641)

Pandemi ini berdampak kepada semua orang, tak hanya di dalam negeri bahkan sebagian besar negara di bumi. Pemerintah masih terus berupaya mencari obat untuk menekan angka kematian akibat covid-19, mari kita doakan agar para ahli dimudahkan dalam berikhtiar dengan penuh keyakinan bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ

“Semua penyakit ada obatnya. Jika cocok antara penyakit dan obatnya, maka akan sembuh dengan izin Allah.” [HR. Muslim]

Dalam riwayat yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَل لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah Ta’ala menurukan suatu penyakit, kecuali Allah Ta’ala juga menurunkan obatnya.” [HR. Bukhari]

Sementara menunggu obat ditemukan maka pemerintah mengeluarkan anjuran untuk di rumah saja, menekan keinginan diri untuk tidak keluar rumah jika tidak mendesak, seperti membeli bahan makanan bahkan memerintahkan para pelaku usaha untuk menutup sementara bisnis mereka dan meliburkan para pekerja. Sayangnya tidak semua warga negara siap menghadapi kondisi seperti ini, selain tenaga medis sebagai pejuang garda depan menghadapi pandemi ini masih banyak saudara kita yang harus keluar rumah untuk mencari sesuap nasi. Tentu kita doakan agar mereka selalu dalam lindungan Allah ta'ala dan mendapatkan kemudahan karena tetap berjuang demi kelangsungan hidup keluarga.

Lalu, untuk kita yang diberi kemampuan untuk di rumah aja, sudahkah bersyukur dengan keadaan ini? tak masalah jika sesekali keluar keluhan bosan, itu manusiawi namun tidak baik jika berlarut-larut. Ada banyak hal yang perlu kita syukuri loh dan tanda kita bersyukur itu ada tiga :

Rabu, 15 April 2020

Cara Mudah Menghubungi Customer Care Provider

April 15, 2020 0
smartfren

Provider ternama seperti Smartfren memang sudah terkenal sebagai operator jasa pelayanan dalam dunia komunikasi yang selalu mengedepankan pelayanan kepada para penggunanya. Pelayanan yang diberikan pun tidak hanya cepat saja. akan tetapi juga bisa memenuhi segala kebutuhan para pelanggannya. Salah satu pelayanan yang diberikan oleh Smartfren yaitu menghadirkan customer care Smartfren.

Dengan pelayanan yang baik dan memuaskan tersebut, menjadikan para penggunanya merasa dimanjakan. Terlebih lagi pada saat pengguna mengalami permasalahan pada produk Smartfren yang digunakan, maka tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari solusinya, karena bisa secara langsung menghubungi pihak customer service Smartfren.

Untuk pelayanan contact center customer service tersebut dapat dihubungi kapanpun dan dimanapun, karena sistemnya 24 jam dalam sehari. Dengan pelayanan inilah para pengguna Smartfren tidak perlu khawatir dan bingung ketika mengalami beberapa permasalahan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pada saat Anda ingin mengajukan komplain atau keluhan seputar produk Smartfren yang Anda gunakan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menghubungi Smartfren melalui call center service melalui telepon. Berikut ini daftar nomor yang bisa dihubungi ketika ingin mengajukan komplain ke call center service Smartfren:

·      888 : Untuk nomor ini gunakan untuk pelanggan yang menggunakan kartu prabayar. Apabila telepon sudah terhubung kepada pihak custamer servis, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp300.
·       021 50100000 - melalui PSTN.
·       08811223344 - dapat digunakan apabila melalui nomor ponsel yang lain.
·       021 31900303 – Fax.

Pada saat ingin mengutarakan keluh kesah maupun komplain kepada Smartfren, Anda tidak perlu melalui telepon saja. Masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu melalui email maupun surat elektronik. Untuk email yang bisa dihubungi yaitu customercare@smartfren.com. Jika sekiranya Anda masih belum puas apabila mengutarakan keluh kesah melalui telepon atau email maka Anda bisa datang langsung ke galeri Smartfren.

Dengan datang ke galeri Smartfren ini, maka pengguna Smartfren akan mendapatkan pencerahan secara langsung dari pihak petugas Smartfren. Dengan adanya Facebook ini lah maka akan memudahkan pengguna untuk menanyakan segala hal yang berhubungan dengan provider Smartfren. Termasuk mengenai poin Smartfren.

Rabu, 08 April 2020

Gejala Demam Berdarah, Dari Ringan Hingga Parah

April 08, 2020 0
demam berdarah
sumber : wowkeren.com
            Demam berdarah merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Indonesia sebagai negara tropis juga menjadi negara yang terjangkit penyakit ini. Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Pada demam berdarah yang parah yang juga disebut demam berdarah dengue, bisa menyebabkan perdarahan hebat, penurunan tekanan darah (syok) dan kematian secara tiba-tiba.

        Setiap tahun, terjadi jutaan kasus infeksi dengue terjadi di seluruh dunia. Demam berdarah paling umum di Asia Tenggara dan kepulauan Pasifik barat, namun, demam berdarah telah meningkat dengan cepat di Amerika Latin dan Karibia. Para peneliti sedang mencari vaksin demam berdarah. Pencegahan terbaik untuk saat ini adalah mengurangi habitat nyamuk di daerah-daerah di mana demam berdarah sering terjadi.
Sebagian besar orang terutama anak-anak dan remaja, mungkin tidak mengalami tanda-tanda atau gejala demam berdarah ringan. Saat gejalanya muncul, mereka biasanya terjadi dari empat sampai tujuh hari setelah terinfeksi oleh nyamuk. Sehingga, mengetahui gejala demam berdarah pada bayi, atau anak – anak sangatlah penting.
Beberapa gejala demam berdarah berikut bisa muncul setelah beberapa hari terinfeksi virus - dengue :
- Demam tinggi
- Sakit kepala
- Nyeri pada otot, tulang, dan sendi
- Mual dan Muntah
- Rasa Nyeri di belakang mata
- Kelenjar bengkak
- Ruam yang berwarna kemerah merahan
Sebagian besar penderita demam berdarah akan pulih dalam waktu seminggu atau lebih. Pada beberapa kasus, gejalanya semakin memburuk dan dapat mengancam jiwa. Gejala demam berdarah yang semakin parah ini seperti pembuluh darah menjadi rusak dan bocor. Dan jumlah sel pembentuk gumpalan (trombosit) dalam aliran darah menjadi turun. Kondisi ini bisa menyebabkan demam berdarah menjadi lebih parah yang dikenal dengan nama demam berdarah dengue, demam berdarah berat atau sindrom syok dengue.
Tanda dan gejala demam berdarah dengue (DBD) yang mengancam jiwa termasuk :
- Nyeri di bagian perut yang parah
- Pendarahan dari gusi atau hidung Anda
- Darah dalam urin, feses
- Berdarah di bawah kulit, seperti memar
- Pernapasan sulit atau cepat
- Kulit dingin atau lembab (syok)
- Kelelahan
- Mudah marah atau gelisah
Pemerintah terus melakukan kampanye dan upaya untuk menghentikan gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Bagaimanapun, nyamuk – nyamuk inilah yang membawa virus dengue dan yang akan mengendalikan penyakit secara efektif. Sehingga, kesadaran dari masyarakat sangatlah penting untuk memberantas wabah ini.
Apabila Anda mengalami nyeri otot, ruam, sakit kepala ekstrim, dan demam berulang, maka Anda mungkin mengalami demam berdarah. Ruam kemerah - merahan pertama kali akan terlihat di tungkai bawah dan selanjutnya di bagian dada. Pada beberapa kasus, ruam muncul di seluruh tubuh korban.
Gejala demam berdarah lainnya termasuk mual, muntah, sakit perut, dan diare. Demam berdarah akan berlangsung lama setidaknya selama tujuh hari dan mungkin mencapai masa kritis sebelum berakhir. Pada saat masa kritis, demam akan turun secara perlahan, padahal inilah kondisi dimana penderita menjalani masa kritis dari demam berdarah.
Mencegah lebih baik daripada mengobati
Seperti yang kita ketahui, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Menghilangkan sarang nyamuk tidak hanya akan membantu menyingkirkan nyamuk demam berdarah tetapi juga yang malaria. Meskipun sebagian besar pemerintah sangat berhati-hati terhadap warganya terhadap demam berdarah, Anda harus tetap menjaga diri sendiri dan keluarga dari wabah yang bisa menyebabkan kematian ini.

Minggu, 29 Maret 2020

Karakteristik Muslimah (Penyayang)

Maret 29, 2020 1
Di antara karakter muslimah adalah memiliki sifat penyayang, karena dia mengetahui bahwa kasih sayang yang diberikannya kepada orang-orang yang berada di sekelilingnya merupakan faktor yang menyebabkan dirinya mendapatkan rahmat kasih sayang dari Allah SWT, seperti yang dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW berikut ini,

”Sayangilah makhluk yang ada di bumi, maka yang ada di langit akan menyayangimu.” (HR Imam Thabarani)

“Barangsiapa yang tidak menyayangi orang lain, maka Allah tidak akan menyayanginya.” (HR Imam Thabarani)

Rasulullah SAW merupakan salah satu teladan dalam hal kasih sayang yang murni, bahkan apabila mendengar tangisan bayi saat beliau mengimami shalat, maka beliau memendekkan shalatnya sebagai penghormatan rasa kasih sayang ibunya yang ikut shalat.

“Sesungguhnya aku hendak mengerjakan shalat dan berniat memanjangkan bacaan, lalu aku mendengar tangisan anak kecil, maka aku pendekkan shalatku itu karena aku tahu betapa gelisahnya perasaan ibunya akan tangisan anaknya itu.”  (HR Bukhari dan Muslim)

Wilayah rahmat kasih sayang Rasulullah SAW telah meluas ke seluruh jiwa kaum Muslimin dan Muslimat, di mana beliau tidak membatasi kasih sayang hanya pada manusia saja, tetapi juga mencakup kasih sayang terhadap bnatang.

“Ketika seorang laki-laki merasakan haus dalam menempuh perjalanan, tiba-tiba dia mendapatkan sebuah sumur. Kemudian dia menuruni sumur itu dan minum, setelah itu dia keluar darinya, ternyata ada anjing yang menjulur-julurkan lidahnya karena kehausan. Lalu orang itu berkata, ‘Anjing ini merasa kehausan seperti yang saya rasakan.’ Maka dia pun segera turun sumur kembali dan mengisi terompahnya dengan air, kemudian menyodorkannya ke mulut anjing itu sampai merasa kenyang. Maka Allah bersyukur kepadanya dan memberikan ampunan kepadanya. Selanjutnya para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah kita mendapatkan pahala atas kasih sayang yang kita berikan kepada binatang?’ Beliau menjawab, ‘pada setiap hati yang basah terdapat pahala.’ “ (HR. Bukhari dan Muslim)

  Antonim dari penyayang adalah tidak perduli, menelantarkan, membiarkan. Jelas ini bukan karakter yang Rasulullah SAW ajarkan kepada umatnya. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam bukunya yang berjudul Al-Adabul-mufrad  pada suatu ketika Rasulullah SAW singgah di suatu tempat, ada seekor burung yang hinggap di atas kepalanya, seakan-akan burung itu akan melaporkan tentang perbuatan aniaya yang dilakukan oleh seseorang dengan cara mengambil telurnya. Lalu Rasulullah SAW bertanya, “Siapakah di antara kalian yang mengambil telur burung ini?” Maka ada seseorang menjawab. “Wahai Rasulullah, aku yang telah mengambl telurnya.” Akhirnya beliau bersabda, “Kembalikan telur itu sebagai kasih sayang kepadanya.”

Dari Ibnu Umar,bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,
“Ada seorang wanita yang disiksa karena mengurung seekor kucing sampai mati karena kelaparan, karenanya dia masuk neraka.” Dikatakan kepadanya, “Engkau tidak memberinya makan dan minum pada saat mengurungnya, tidak juga melepaskannya sehingga kucing itu bisa makan beberapa binatang bumi.”

Adapula kisah tentang seseorang yang batal diangkat menjadi pimpinan sebab tidak pernah mencium anaknya.

Pada saat Umar Bin Khaththab ra hendak mengangkat seseorang menjadi pemimpin bagi kaum Muslimin, beliau mendengar ucapan Aqra’ yang mengatakan, “Sesungguhnya dia tidak pernah mencium anaknya.” Lalu Umar pun membatalkan pengangkatannya itu seraya bertutur, “Jika dirimu tidak menyayangi anak-anakmu, lalu bagaimana mungkin kamu akan menyayangi orang lain? Demi Allah, aku tidak akan pernah mengangkatmu menjadi pemimpin, lalu beliau merobek buku pengangkatan yang sudah dipersiapkan.”

Begitu besar berkah dari rahmat kasih sayang itu. Betapa indahnya sifat itu bila senantiasa menjadi perhiasan yang menghiasi manusia. Cukuplah kemuliaan, ketinggian dan kehormatan bahwa dari sifat rahmat kasing sayang itu Allah, Rabbil-Izzati telah mengambil untuk Nama-Nya, Ar Rahman dan Ar-Rahim.

Sabtu, 21 Maret 2020

Pengertian Wakaf

Maret 21, 2020 24

Sore ini aku berkesempatan untuk mengunjungi rumah kawan lama setelah sekian waktu tak bertemu, banyak yang berubah ternyata. Jalan-jalan yang banyak dihiasi bunga-bunga di sisi kanan dan kiri, gapura baru masuk desa dan juga...

"Eh, masjid baru ya?" Tanyaku kala melewati sebuah masjid besar dengan warna cat yang terlihat masih mengkilap.

"Iya, baru selesai tiga bulan lalu," jawab kawanku.

"Hebat euy di tengah desa letaknya." Agak aneh sebenarnya, seingatku dulu disini tanah kosong yang tidak terawat, milik desa kah?

"Itu tanah wakaf dari pak Haji," balasnya menyadari kebingunganku.

Aku manggut-manggut, barakallah pak Haji, mabrur hajinya, Insya Allah.

"Wakaf itu apa, Teh?"

Minggu, 15 Maret 2020

Kajian Mahkota Pengantin

Maret 15, 2020 3

Identitas Buku

Judul : Mahkota Pengantin (Bingkisan Istimewa untuk Suami Istri)
Penulis : Majdi bin Manshur bin Sayyid asy-Syuri
Penerjemah : Ahmad Syaikhu
Diterjemahkan oleh Penerbit : Pustaka at-Tazkia
Jumlah Halaman : xiv + 354 hal
Tahun : 24-2019; 25-2019
Tempat Terbit : Jakarta

Pernikahan adalah salah satu syariat Allah Ta'ala yang paling mulia. Pernikahan menjadi jalan yang fitrah dilalui oleh manusia untuk menyalurkan keperluan biologisnya dan melanjutkan keturunan. Pernikahan pun menjadi sarana yang dihalalkan untuk berbagi cinta dan kasih sayang antara laki-laki dan perempuan.

Walau begitu, sendi-sendi pernikahan tak bisa tegak hanya sekadar dengan cinta,

Sabtu, 14 Maret 2020

Memanjakan Suami dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Maret 14, 2020 25

Berbeda dengan kebanyakan wanita yang menghabiskan waktu lama saat mandi, saya justru sesegera mungkin menyelesaikannya. Meski begitu jelas bukan mandi asal-asalan yang penting kena air dan segar saja hlo ya, sebab sebagai wanita yang sudah bersuami tentu harus memperhatikan masalah tubuh, termasuk aroma yang ditimbulkannya. Ini menjadi begitu penting sebab dengan kita bisa menjadi sebaik-baik istri.

Eh, kok bisa? Woo ya tentu saja bisa dong bu ibu... yuklah kita berdiskusi.

Menurut hadist Rasulullah SAW sebaik-baik wanita/istri adalah apabila engkau memandangnya, dia membuatmu merasa senang.

Wajar banget kalau laki-laki itu menilai fisik terlebih dahulu, begitu yang sudah saya buktikan ketika bertanya kenapa memilih saya menjadi istrinya, karena cantik, hhee. Tapi kriteria cantik itu kan relatif ya bu ibu, berbeda setiap orang menilainya. Laki-laki juga begitu sensitif terhadap bau badan kita loh, pernah punya pengalaman ga? Pernah suatu kali suami nanya apa saya sariawan, kok bau mulut? Eh, padahal saya ga ngrasa bau loh, hhaa. Sejak saat itu saya selalu berusaha tampil wangi di depan suami.

Ada nasehat pernikahan bahwa suami harus dipenuhi kebutuhan mata, perut dan kemaluannya di dalam rumah agar beliau tidak mudah tergoda di luar, waaah ini peringatan keras banget buat ibu-ibu, hhaa. Yuk lah kita bangun benteng pertahanan keluarga kita. Semangat, jangan kasih kesempatan yang lain buat ngerebut, ups.

Menjadi istri yang cantik tentu hak suami, memang siapa lagi yang harus kita puaskan dengan kecantikan kita kan ya? Nah, maka dari itu membuat suami lengket pun harus dengan cara yang manis pula. Parfum menjadi jalan pintas untuk membuat tubuh harum, namun sayangnya saya tidak diijinkan suami untuk menggunakannya, tenang... serunya sekarang vitalis yang sudah terkenal dengan produk parfumnya yang terkemuka di Indonesia meluncurkan produk terbarunya yaitu Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash.

Iya, ini sabun mandi dengan sensasi parfum, waw banget kan? Tercapai sih bikin suami muji keharumannya, bahkan beliau ikutan pakai, hhii. Sekarang jadilah kami berdua mandi parfum dan wangi bareng-bareng dengan vitalis body wash. Suami jadi nempel mulu soalnya wanginya tahan lama, makasih ya vitalis. Waktu mandi saya agak tambah lama juga, soalnya berasa me time sama busa-busanya yang lembut banget di kulit, wanginya menuhin kamar mandi, seger banget.

Eh maaf kelupaan, bu ibu di rumah juga bisa nyobain loh. Jadi vitalis body wash ini punya tiga variant dengan extra yang berbeda ditiap variant-nya :

1. White Glow memberikan manfaat Skin Brightening untuk kulit terlihat lebih cerah,  terasa halus, dan lembut. Parfum yang digunakan untuk variant ini mempunyai top note  dengan aroma fruity dari paduan manisnya Cherry & Raspberry, disusul dengan wangi Marshmallow & Gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus dengan kombinasi Woody & Suede yang glamour dan long lasting.

Selasa, 10 Maret 2020

Waspada Deman Berdarah Dengue saat Musim Hujan

Maret 10, 2020 23

Membersamai tumbuh kembang si kecil adalah proses tak terlupakan bagi setiap orang tua, melihat buah hati selalu ceria tentu menjadi sebuah harapan, bahkan jika mampu ingin rasanya menggantikan posisi kala si kecil sakit. Tak ada yang tega melihatnya murung dan tak mau bermain seperti biasa.

Bingung dan khawatir ketika si kecil sakit terlebih ia belum mampu menjelaskan apa yang tubuhnya rasa, hanya menangis dan merengek yang bisa ditunjukkan sebagai ungkapan atas ketidaknyamannya.

Kamis, 05 Maret 2020

Tempat Bulan Madu Terbaik di Bali

Maret 05, 2020 0


Ketika merencanakan bulan madu kalian, itu pastilah merupakan perjalanan terbesar yang pernah kalian lakukan bersama orang paling kalian cintai di dunia, sulit untuk tidak merasakan tekanan untuk membuatnya benar-benar sempurna! Tetapi penting untuk diingat bahwa sementara hampir semua yang berhubungan dengan perencanaan pernikahan bisa menjadi sangat menegangkan, termasuk rencana bulan madu.

Bulan madu adalah kesempatan kalian untuk bersantai & bersenang-senang setelah berbulan-bulan merencanakan pernikahan kalian dan menikmati kebersamaan satu sama lain. Bulan madu adalah perjalanan seumur hidup, dan harus menjadi yang termudah, menyenangkan dan harus terbebas dari stres!

Salah satu tempat yang sangat populer dijadikan tempat untuk berbulan madu yaitu adalah bali. Bali merupakan pulau di Indonesia yang memiliki keindahan yang tak tertandingi. Bentang alamnya mewah, dengan hutan rimbun yang dipenuhi oleh air terjun yang menakjubkan. Ada juga gunung berapi, sawah, dan pantai yang menghilang ke lautan biru yang lembut. Selain keindahan alam, resor kelas dunia di Bali, vila pantai, spa yang indah, dan perpaduan pengalaman romantis yang eklektik menjadikannya pilihan yang tak tertandingi bagi pengantin baru. Alasan kenapa kalian harus menjadikan bali sebagai tempat untuk kalian bulan madu, karena bali merupakan tempat dimana ada banyak vila, hotel resort yang memang menyediakan honeymoon package. Bukan hanya itu saja, karena disini kalian tidak akan pernah kehilangan dan kehabisan ide-ide romantic yang akan kalian lakukan dengan pasangan. Disini kami akan membahas beberapa hotel yang bisa kalian jadikan penginapan untuk honeymoon

1.  Radisson Blu Bali Uluwatu

Alasan kalian harus menjadikan hotel ini sebagai tempat untuk bulan madu karena Radisson Blu Bali Uluwatu adalah hotel yang memiliki pemandangan laut di puncak Uluwatu, dengan cabana di tepi kolam renang yang nyaman dan pengaturan makan malam romantis untuk dua orang. Apakah kalian ingin menikmati kebahagiaan "Just Married" di bawah sinar matahari, atau manjakan diri kalian berdua dalam dengan spa bersama pasangan, disini kalian akan mendapatkan pengalaman masa tinggal yang sangat mewah.

Hal-hal romantis untuk dilakukan: Nikmati kencan bersama pasangan di bawah bintang-bintang di salah satu dari enam tempat terbuka yang dihiasi, Atau bersenang-senang dengan pasangan kalian di Spa ESC yang menakjubkan.

Paket bulan madu: Paket Romantis di Radisson Blu Bali Uluwatu menyediakan makan malam romantis, teh sore untuk dua orang, pijat spa berpasangan, dekorasi kamar dan yang lainnya

2.  Vicery bali

Alasan harus berbulan madu di sini karena vicery Bali adalah tempat peristirahatan pecinta luhur yang terbungkus dalam ketenangan dan keindahan alam Ubud. Detail Bali yang mewah, pemandangan hutan yang menakjubkan, dan kalian bisa menikmati indahnya alam bali bersama pasangan disini sambil berendam di kolam renang sendiri, bersantai di cabana outdoor atau bersantap di Aperitif atau Cascades yang merupakan restoran mewah di resor.

Hal-hal romantis untuk dilakukan: Manjakan diri dalam beberapa perawatan spa yang membuat rileks, mengendarai sepeda di sekitar sawah bersama pasangan, mencoba kelas memasak, atau makan di restoran yang luar biasa

Paket bulan madu: Viceroy Bali's Romance Package termasuk makan malam pasangan dengan penerangan lilin, perawatan spa, pemandian kelopak bunga, dan koktail harian di Cascades

Itulah 2 hotel yang bisa menjadi list kalian saat membicarakan tempat untuk berbulan madu di bali. Untuk melakukan booking hotel di bali, kalian bisa melalu situs blibli.com

 Selamat berbulan madu ya duhai pengantin baru.