Cara Mengatasi Ketombe

Posting Komentar
Apa ketombe hidup

Ketombe menjadi masalah serius yang sangat menganggu penampilan. Beberapa orang bahkan sampai tidak percaya diri dan sulit untuk mendapatkan pasangan. Rasa gatal yang ditimbulkan seringkali membuat diri malu untuk menggaruknya padahal rasanya sungguh tak tertahan. Sudah banyak cara dilakukan namun ketombe hanya hilang sebentar dan kembali lagi. Jangan dulu berputus asa, mari kita cari tahu lebih lanjut.

Apa ketombe hidup? Apa penyebab ketombe dan bagaimana cara mengatasinya? Semua pertanyaan itu akan kita bahas satu persatu.

Apa itu Ketombe

Ketombe adalah kulit mati pada kepala yang terkelupas dan menyangkut di rambut. Kulit mati ini bukan masalah karena secara berkala kulit pada kepala mengalami regenerasi dimana kulit mati akan terkelupas dan memberikan ruang untuk kulit baru tumbuh.

Penyebab Ketombe Membandel

Orang-orang yang mengalami hal-hal di bawah ini akan mengalami ketombe yang lebih sering dan lebih parah dibanding dengan orang-orang yang lainnya, kamu termasuk?

1. Kekurangan Nutrisi

2. Hormon Tidak Seimbang

3. Stress

4. Pola Makan yang Tidak Baik (makanan yang menyebabkan suhu tubuh meningkat, contoh : makanan yang mengandung tinggi minyak dan lemak, berlebih mengonsumsi kafein, gula dan alkohol)

5. Udara yang Sangat Kering

Setelah mengetahui penyebab munculnya ketombe membandel saatnya mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan ketombe.

Cara Mengatasi Ketombe

1. Mengatur Pola Makan

Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi makanan yang mengandung tinggi minyak dan lemak, juga minuman dengan tinggi kafein, gula serta alkohol. Anda juga bisa mengurangi makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Lakukan perlahan dan ganti dengan makanan sehat yang mampu memberikan nutrisi pada kulit, seperti : sayuran hijau, buah segar, kacang-kacangan, biji-bijian.

Minum air putih yang cukup juga sangat membantu melembabkan kulit Anda. 

2. Mengoleskan Getah Lidah Buaya

Aplikasikan getah lidah buaya ke seluruh permukaan kulit kepala dan lakukan pemijatan ringan selama lima belas menit. Lanjutkan dengan penggunaan sampo kemudian keringkan. Jika Anda kesulitan menemukan tanaman lidah buaya maka boleh menggunakan ekstrak lidah buaya yang sudah banyak dijual.

3. Rutin Keramas

Menjaga kebersihan kepala sangat penting untuk mengurangi minyak berlebih dan membuang kotoran serta kulit mati yang menempel pada rambut, salah satunya dengan melakukan keramas secara rutin.

4. Ganti Sampo

Jika melakukan keramas secara rutin belum mengurangi ketombe Anda, maka coba ganti sampo dengan sampo anti-ketombe yang mengandung bahan-bahan seperti zinc pyrithione guna membantu menutrisi kulit kepala.

5. Berjemur di Pagi Hari

Sinar ultraviolet dapat membantu mengurangi kelembapan dan minyak berlebih pada kulit kepala, hindari berjemur di siang hari yang justru dapat merusak rambut dan membuatnya berwarna merah.

6. Mengelola Stress

Jika kita tahu bahwa stress dapat memicu munculnya ketombe maka solusinya tentu saja mengelola stress Anda. Bersyukur dengan keadaan adalah hal terbaik yang bisa menekan stress. Berterima kasih kepada Tuhan atas segala kenikmatan yang telah Dia berikan dan memaafkan diri sendiri agar hati lebih tenang. Lakukan meditasi yang dapat membuat emosi Anda lebih stabil.

Dengan mengetahui apa itu ketombe, penyebab juga cara mengatasinya semoga dapat membantu Anda sembuh dari ketombe yang membandel. Cobalah beberapa tips di atas, jangan menyerah dan tetap bahagia, semoga artikel ini membantu dan salam sehat.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email