Menjadikan Gaya Hidup Sehat Sebagai Pilihan

Posting Komentar
Arti gaya hidup sehat
Kesehatan merupakan investasi penting untuk masa depan, banyak orang yang lalai dan akhirnya menyesal ketika tubuh sudah dihinggapi penyakit. Bekerja keras mengumpulkan uang masih menjadi alasan pembenaran, padahal uang tak mampu membeli kesehatan terlebih jika penyakit yang diderita sudah kritis. 

Arti gaya hidup itu sendiri adalah perilaku yang dilakukan berulang-ulang oleh seseorang, misal begadang, hobi makan fast food, jarang olahraga, istirahat teratur, dll. Gaya hidup sembarangan memicu timbulnya penyakit di masa depan, untuk itu saatnya menyadari bahwa gaya hidup sehat adalah pilihan tepat untuk hidup yang lebih baik.

Menerapkan gaya hidup sehat memiliki banyak keuntungan, diantaranya :

1. Sebagai Metode Penanganan Stress
Stres adalah reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi ancaman, tekanan atau suatu perubahan. Selain itu stres dapat juga terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah atau bersemangat.
Pada umumnya stres akan reda dengan cepat namun perlu diwaspadai ketika berlangsung cukup lama atau sering berulang karena dapat menganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh.
Gaya hidup sehat bisa menjadi salah satu metode penanganan stres, Anda dapat mulai berolahraga secara teratur, membatasi kafein, tidur yang cukup,menerapkan pola makan dengan gizi seimbang, dan melakukan kegiatan yang menyenangkan hati. 

2. Terhindar dari Berbagai Penyakit
Gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh juga pencegahan jangka panjang terhadap berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, osteoporosis dan banyak penyakit lainnya. Selain itu gaya hidup sehat seringkali dianjurkan oleh para dokter selama proses penyembuhan suatu penyakit.

3. Panjang Umur
Terhindar dari penyakit berbahaya tentu membuat hidup lebih berkualitas dan harapan untuk hidup lebih lama bukan hanya impian. Jadi, untuk Anda yang ingin panjang umur juga melewati masa tua dengan sehat patut sekali untuk menjadikan gaya hidup sehat sebagai pilihan.

4. Contoh untuk Keluarga Tercinta
Menerapkan gaya hidup sehat memang berat, untuk itu perlu dukungan besar dari keluarga dan orang-orang terdekat. Jika Anda sudah memulai maka akan lebih mudah bagi anggota keluarga lain untuk menirunya. 

5. Menjaga Berat Tubuh Ideal
Membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga olahraga yang teratur tentu akan membuat tubuh Anda terjaga. Tidak perlu lagi mengikuti program diet yang menyiksa untuk mendapatkan berat tubuh ideal.

Semua manfaat di atas dapat Anda nikmati jika menerapkan gaya hidup sehat sekarang juga. Berikut penjelasan cara menjalani gaya hidup sehat :

1. Menjaga Pola Makan
Mulai saat ini coba kurangi makanan cepat saji yang banyak mengandung pengawet dan penguat rasa juga makanan tinggi lemak, tinggi gula dan juga makanan yang digoreng. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Jangan lupa minum air dengan kandungan mineral.

2. Rutin Berolahraga
Sediakan waktu untuk melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit per hari. Tidak harus ke gym atau pusat kebugaran, Anda bisa melakukan senam di dalam rumah atau jalan-jalan santai sore hari.

3. Menjaga Kebersihan
Jangan malas untuk mencuci tangan dan mandi dua kali sehari. Kebersihan juga harus diterapkan tidak hanya pada tubuh dan benda yang kita gunakan namun juga kebersihan lingkungan kita.

4. Istirahat Cukup
Hilangkan kebiasaan begadang hingga dini hari karena akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Tidurlah minimal 6-8 jam setiap malam.

Bagaimana, sudah siap menerapkan gaya hidup sehat mulai sekarang? Tidak akan ada ruginya untuk sekarang dan masa depan Anda justru membuat hidup lebih berkualitas.

Salam sehat.
Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email