Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Pada Anak

Posting Komentar
Perkembangan motorik anak

Salah satu tolak ukur pertumbuhan si kecil adalah perkembangan motoriknya, untuk itu perlu distimulasi sedari dini sesuai dengan tahap usianya.

Apa itu Kemampuan Motorik?

Kemampuan motorik terdiri dari motorik kasar dan motorik halus, keduanya sangat penting. Lalu apa bedanya?

Motorik kasar adalah kemampuan menggunakan otot-otot besar yang membutuhkan keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh, kemampuan ini dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri, seperti merangkak, berjalan, melompat atau berlari.

Motorik halus yaitu kemampuan menggunakan otot-otot kecil yang memerlukan koordinasi mata-tangan, seperti mewarnai dengan rapi dan tidak keluar garis.

Tahap golden age atau masa emas tumbuh kembang si kecil adalah usia 3-5 tahun, karena di saat ini lah si kecil mengalami puncak perkembangan anak usia dini yang sangat pesat di otak dan selnya. Ini juga merupakan salah satu tahapan perkembangan motorik anak yang paling penting.

Berikut adalah tanda-tanda jika perkembangan motorik kasar si kecil berkembang dengan baik :

1. Berdiri dan Melompat dengan Satu Kaki

2. Menangkap Bola Besar dengan Kedua Tangan

3. Mengendarai Sepeda Roda Tiga

Adapun tanda-tanda jika si kecil mengalami perkembangan motorik halus yang baik, yaitu :

1. Belajar Memegang pensil dengan Baik

2. Menggunakan Satu Tangan Saat Beraktivitas

3. Menumpuk Balok Mainan Hingga Enam Tingkat

Bunda bisa bantu loh agar si kecil bisa melakukan hal-hal di atas, tentu dengan memberikan stimulus sedari dini salah satunya lewat permainan sederhana di rumah. Ajak si kecil mengenal, menyentuh dan menggunakan benda-benda di sekitarnya dengan cara yang menyenangkan. Oh iya Bund, tak apa ya jika rumah berantakan, jangan sampai memarahi anak yang justru nanti akan meninggalkan trauma bagi jiwa kecilnya.

Pentingnya Melatih Motorik Si Kecil Sejak Dini

Tahu ga Bund, ternyata aktivitas motorik yang si kecil lakukan akan mempengaruhi kecerdasannya di masa mendatang loh. Selain itu ada banyak lagi manfaat melatih motorik si kecil sejak dini, apa saja?

1. Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Saat Bunda mengajak si kecil bermain maka saat itulah si kecil belajar untuk fokus pada apa yang ada dihadapannya, melakukan koordinasi antara tangan, mata dan indra pendengaran sesuai dengan arahan yang Bunda berikan. Komunikasi dan interaksi inilah yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif si kecil.

2. Melatih Kemandirian

Mempersiapkan si kecil untuk mandiri bisa Bunda mulai dengan membiarkannya makan dengan sendok sendiri, tak apa makanan akan bercecer kemana-mana, ini hanya awal saja, seiring berjalan waktu si kecil akan belajar bertanggung jawab terhadap makanan yang ada dihadapannya. Sabar ya Bund, tetap dampingi si kecil agar ia aman ketika melakukan aktivitas ini.

3. Melatih Kepercayaan Diri dan Kemampuan Sosial

Dampingi si kecil ketika bermain bersama dengan temannya, ajarkan untuk saling berbagi mainan dan berinteraksi dengan baik, ini akan memupuk rasa percaya diri dan kemampuan sosialnya.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang si kecil dapatkan jika Bunda melatih motoriknya sedari dini. Masa tumbuh kembang si kecil sangat sebentar maka penting untuk mengoptimalkannya, semangat ya Bunda terus mencari informasi seputar si kecil agar kita bisa memberikan hal baik yang mendukung masa depannya. 

Susu dancow untuk dewasa bisa membantu Bunda memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan selanjutnya agar si kecil siap menjalankan aktivitasnya ketika memasuki usia sekolah.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam semangat untuk seluruh Bunda di Indonesia.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email