Ilmu Dari Blogger Squad ODOP

Posting Komentar
Belajar blog dasar
Belajar bersama di ODOP Blogger Squad menambah ilmu dan wawasan baru, rendah hatinya para senior dalam membagi ilmu memang ga tanggung-tanggung juga lama jam terbang mereka yang membuat kita banyak mengenal orang-orang ahli lain yang juga berkecimpung di dunia blogging. Nah, apa saja yang kami pelajari di sini? Berikut saya rangkumkan :

1. Konsisten Blogpost
Setiap minggunya akan ada tugas yang mengharuskan kita menulis artikel dan mempostingnya di blog pribadi. Tentu saja bebas, suka-suka mau nulis apa. Curhat pun dipersilahkan. Ini berjalan di awal program di mulai yaa, belum ada syarat dan ketentuan dari tulisan. Semacam mundur kebelakang lagi, melemaskan jemari. Harusnya sih ga berat, wong syarat lulus ODOP aja harus one day one post. Tapi ternyataaaa, yaaah, disinilah banyak berguguran hampir separuhnya.

2. Menentukan Niche Blog
Sebagai Bloger tentu kita ingin dong mencitrakan diri lewat blog pribadi, nah disini mulai dipaksa untuk menentukan tema apa yang sesuai atau mencerminkan kepribadian kita. Susaaaah ternyata, hhaa. Awalnya pengen parenting eh kehabisan ide nulis pindah ke agama eh kurang baca pengen nulis resep masakan aja, wkwkwk. Akhirnya ya ambil tema favorit banyak umat, gado-gado/lifestyle.

3. Mempunyai TLD
Top Level Domain atau gampangnya ya blog yang berdomain juga diwajibkan untuk naik kelas. Iya, jadi bagi anggota yang ingin bertahan harus merubah blog gratisan mereka blogspot/wordpress/lainnya menjadi blog dengan domain. Kenapa? Nah ini, alasannya kita pelajari di sini dan banyak yang rela bertahan walau harus merogoh kocek untuk membeli domain. Rugi? Insya Allah jika kita tahu ilmunya ga akan rugi.

4. Optimasi Blog
Setelah blog kita memiliki domain maka agar tak sia-sia karena telah mengeluarkan uang dan mempersiapkan dana untuk perpanjangannya tahun depan maka kita belajar cara optimasi blog. Mulai dari menentukan desain blog yang SEO friendly, membuat konten SEO on page, tanam backlink, meningkatkan pengunjung, belajar Google Analitics, dan masih banyak lagi.

5. Monetize Blog
Blog yang telah kita rawat dan yakin bisa ditampilkan maka saatnya menghasilkan pundi-pundi rupiah darinya. Di ODOP Blogger Squad kita saling berbagi info tentang lomba blog, job blog, menjadi content writer dan diarahkan ke grup/web yang membutuhkan jasa Bloger. Waaah, seru ya dapet penghasilan tambahan dari hobi kita, bahkan jika ditekuni bisa menjadi pekerjaan utama loh.

Itu tadi lima hal yang bisa kita dapatkan jika bergabung dengan ODOP Blogger Squad. Ga nyesel deh, bahkan sekarang aja ketika program sudah mau berakhir banyak yang enggan pergi. Yaaah, saat memulai memang berat namun seiring berjalannya waktu dengan proses yang tidak mudah maka manisnya dapat kita cecap.

Alhamdulillah, beruntung saya bisa bergabung dan bertahan sampai ke tahap ini. Luar biasa manfaatnya ya walaupun di awal sempat saya pesimis sih, hhee. Penasaran sama awal terbentuknya ODOP Blogger Squad? cuss yang belum baca langsung aja meluncur ke sejarah lahirnya OBS.

---------------------

Tulisan ini merupakan Bab 2 dari 4 Bab yang harus saya selesaikan sebagai syarat kelulusan dari program ODOP Bloger Squad.

Dengan menulis tugas akhir ini berarti masa pelatihan OBS akan segera berakhir, gimana ya kira-kira cerita para member yang masih tersisa? Kalian pasti gemes pengen gabung deh, nantikan pembukaan BSO batch 2 😃.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email