Cara Menjaga Kebersihan Diri

Posting Komentar

Cara menjaga kebersihan diri seperti apa sih yang bisa kita lakukan agar terhindar dari virus corona?

Cara menjaga kebersihan diri

Pertanyaan ini sering muncul karena pandemi belum juga usai padahal sudah lebih dari delapan bulan sejak pemerintah mengumumkan kasus positif covid-19 yang pertama kali. Rasa takut masih terus menghantui, lalu apa yang bisa kita lakukan?

Berikut beberapa cara menjaga kebersihan diri yang bisa kita terapkan :

1. Lakukan 3M

Protokol kesehatan yang sangat dianjurkan badan kesehatan dunia ini terbukti ampuh untuk mengurangi resiko tertular virus corona, apa saja?

Mencuci Tangan

Tangan merupakan bagian tubuh yang melakukan banyak hal seperti menyentuh, memegang juga memasukkan makanan ke dalam mulut. Penting untuk menjaga kebersihannya agar apa yang kita masukkan ke dalam mulut tidak disertai dengan kuman maupun bakteri. Lakukan sebelum dan sesudah makan, sesudah dari kamar kecil juga sebelum masuk ke rumah setelah berpergian, jangan lupa untuk menggunakan sabun dan menggosok sela-sela jari.

Menjaga Jarak

Sejak pandemi diumumkan, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi kerumunan, hal ini dikarenakan air liur dapat menyebar hingga dua meter. Ail liur merupakan media penyebaran virus corona antara satu dengan yang lainnya. Menjaga jarak merupakan hal efektif yang bisa kita lakukan. Tahan diri untuk tidak keluar rumah jika memang tidak penting, yuk lakukan aktifitas dari dalam rumah.

Memakai Masker

Penularan melalui air liur juga dapat dihindari dengan menggunakan masker setiap kali keluar rumah. Pastikan masker yang digunakan sudah sesuai dengan anjuran pemerintah agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa instansi bahkan melengkapi petugas mereka dengan face shield sehingga menimbulkan keamanan dan kenyamanan saat berinteraksi.

2. Tidak Menyentuh Wajah

Sangat dianjurkan untuk tidak sering menyentuh wajah terlebih dengan tangan yang belum dicuci sebab virus corona dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut dan mata. Hindari memencet jerawat yang justru akan menimbulkan infeksi. Pastikan tidak sembarangan memnyentuh wajah demi keamanan kita sendiri.

3. Rajin Membersihkan Barang

Virus corona dapat menempel dan menetap di permukaan benda selama beberapa jam, hal ini tentu harus menjadi catatan penting bahwa barang-barang yang sering kita pegang dan pergunakan mungkin saja mengandung bahaya. Untuk itu jangan malas membersihkan agar dapat mengurangi kemungkinan tertular.

4. Menerapkan Etika Batuk dan Bersin

Ketika kita batuk dan bersin sebaiknya tutup mulut sengan tisu atau arahkan mulut ke siku bagian dalam, hal ini bertujuan agar droplet (percikan) tidak menyebar ke tempat lain. Dengan menerapkan etika batuk dan bersin seperti ini kita telah mencegah penyebaran virus penyebab covid-19 yang mungkin terkandung dalam droplet kita.

5. Mandi Setelah dari Luar

Setelah pulang dari aktifitas di luar rumah jangan langsung memeluk anak, mandilah terlebih dahulu dan ganti dengan pakaian yang bersih. Penting menjaga keluarga dari paparan virus penyebab covid-19 yang mungkin kita bawa dari luar. 

6. Berobat ke Dokter

Segera periksakan diri ke dokter ketika kamu merasakan sakit di badan, jangan menunda terlalu lama sebab dengan mengetahui gejala lebih dini maka penyembuhan akan semakin cepat dapat dilakukan. 

Menjaga kebersihan diri tentu memiliki banyak manfaat terlebih virus penyebab covid-19 tidak terlihat dan belum ditemukan vaksin juga obatnya. Yuk mari dimulai dari kita sendiri untuk disiplin melakukannya dan memberi contoh untuk orang-orang terdekat. Semoga upaya ini menghindarkan kita dari penularan infeksi covid-19 sehingga pandemi pun dapat segera berlalu.

Salam sehat.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email