Menerapkan Gaya Hidup Sehat Sedari Dini

8 komentar

Buah hati adalah anugerah terbesar yang Allah Ta'ala berikan kepada saya, karenanya semenjak memiliki Klausa sebisa mungkin saya memberikan yang terbaik. Salah satu hal terpenting adalah asupan nutrisi sehari-hari. Nutrisi sangat memengaruhi tumbuh kembang anak, terutama pada seribu hari pertama kehidupannya.

Perkembangan ilmu gizi membuat Kementrian Kesehatan RI mengganti pedoman makan yaitu mengubah slogan 4 sehat 5 sempurna menjadi "Isi Piringku". Kampanye "Isi Piringku" berisi empat pesan pokok yakni pola makan gizi seimbang, minum air putih yang cukup, aktivitas fisik minimal 30 menit per hari dan mengukur tinggi juga berat badan yang sesuai untuk mengetahui kondisi tubuh.

"Isi Piringku" terdiri dari makanan pokok/karbohidrat, lauk pauk (protein hewani dan protein nabati), Sayuran dan buah. Pada anak usia dibawah dua tahun "Isi Piringku" ditambah dengan lemak, sebab 50% kalorinya berasal dari lemak dan merupakan bahan baku pembentukan otak. Santan peras dan minyak dari brutu ayam adalah rekomendasi lemak baik untuk bantu tumbuh kembang si kecil.

Jadiiii... makan ga asal perut kenyang loh ya.

Nah, sebagai ibu baru saat menghadapi MPASI yang penuh drama memang bikin pusing kepala. Setiap hari putar otak agar si kecil mau makan sehingga nutrisinya tercukupi. Tak jarang makanan utama ditolak namun camilan tandas tak bersisa, akhirnya saya mencoba menu baru sebagai camilan yang kaya gizi.

Camilan Sehat Agar Anak Tumbuh Hebat

Umumnya camilan hanya terdiri dari satu atau dua dari komposisi "Isi Piringku", kali ini saya akan memodifikasi semua komposisi "Isi Piringku" menjadi camilan sehat, tentu saja ini sejalan dengan harapan agar si kecil tumbuh menjadi anak kuat dan hebat sebab nutrinya tercukupi.

Bahannya apa saja?

camilan sehat padat nutrisi

Sumber karbohidrat tak cuma nasi loh, ada kentang dan juga jagung. Kali ini saya akan memilih kentang, salah satu makanan favorit Klausa sejak awal MPASI hingga kini usianya sudah 16 bulan. Kemudian telur ayam untuk protein hewani, wortel untuk sayuran dan santan untuk lemak baiknya.

Selanjutnya untuk menggugah rasa penasaran Klausa, saya akan membuat camilan dengan bentuk yang tidak biasa, yaitu dibungkus dengan daun pisang dan juga ada tambahan mie di dalamnya. Mie juga merupakan makanan kesukaan Klausa, lucu setiap kali melihat dia menjumput helai demi helai mie dengan tangan kecilnya. 

Taraaa.... inilah bentuk camilan sehat "lontong mie sayur" siap santap. Ibu-ibu di rumah juga bisa loh mencobanya, semoga keluarga suka yaa.

camilan sehat
Bahan-bahan :
1. Mie instan lemonilo 1 bungkus
2. Kentang 1 buah
3. Wortel 1 buah
4. Telur 1 buah
5. Santan 100ml
6. Air 300ml
Bumbu Halus :
1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Garam
Cara Membuat :
1. Rebus mie setengah matang, tiriskan.
2. Tumis bumbu halus, kemudian campurkan kentang dan wortel yang sudah dipotong-potong kecil.
3. Tambahkan air, tunggu hingga empuk.
4. Masukkan santan, mie dan bumbu mie. Aduk-aduk hingga santan habis. Dinginkan.
5. Setelah dingin, celupkan pada telur yang sudah dikocok lepas. Masukkan ke dalam daun pisang.
6. Kukus selama 30 menit.
7. Sajikan hangat-hangat.

Memilih Bahan Makanan Sehat

mie instan lemonilo

Camilan sehat dibuat dengan bahan-bahan yang sehat pula, karenanya untuk mie saya memilih lemonilo yang merupakan produk makanan sehat bebas 3P , yaitu :

1. Terbuat dari bahan alami. Pewarna mie terbuat dari ekstrak bayam untuk warna hijau dan ekstrak kunyit untuk warna kuning.

2. Bebas 3P. Mie instan yang dibuat tanpa pengawet, penguat rasa dan pewarna buatan. Bahkan telah melewati penelitian mendalam untuk tidak memasukkan 100+ bahan kimia lainnya ke dalam produk.

3. Dipanggang. Alih-alih melewati proses penggorengan, lemonilo memilih untuk memanggang produknya sebagai proses pengeringan.

Ada beberapa varian mie instan dari lemonilo, selain mie goreng yang menjadi kesukaan keluarga, ada juga mie goreng pedas Korea, mie kuah ayam bawang dan mie kuah kari ayam. Tinggal pilih mana yang cocok di lidah.

Tidak hanya Klausa, saya dan suami pun suka sekali dengan mie instan. Lemonilo menjadi pilihan sebagai usaha untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Nah, camilan sehat untuk Klausa beres. Sekarang saatnya membuat camilan pedas untuk saya dan suami, biasanya lebih simpel dan tidak banyak aksesori. Mie goreng hati ayam dengan irisan cabai menjadi camilan andalan, biasanya ditambah dengan bakso/sosis dan sayuran hijau. Rasanya yang pedas sangat memanjakan lidah terlebih mengenyangkan perut membuat resep mie goreng spesial ini menjadi camilan favorit keluarga.

Ada banyak sekali olahan mie yang beredar di internet, jika ingin mencoba menu baru saya sering recook dari sumber terpercaya agar rasanya tidak zonk. Salah satu resep mie goreng yang patut dicoba bisa kalian lihat di web lemonilo.

Semoga artikel ini membuat kita semua sadar akan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat sedari dini, agar kelak kita dan keluarga bisa tumbuh dan menua bersama dalam keadaan sehat dan kuat untuk selalu menebar manfaat.

Heemmm, menulis tentang camilan membuat perut saya keroncongan. Sudah dulu ya, saya mau masak mie lemonilo goreng dengan irisan dua cabai rawit. Salam kenyang.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

8 komentar

  1. Aduhduh, ikutan ngiler sama resep mie goreng spesialnya. Pasti rasa cabenya meledak di mulut... heeemmm, ngeces.

    BalasHapus
  2. sarapan mie goreng lemonilo bisa nih setelah jalan pagi, hihi ... menunya simple dan sehat.

    BalasHapus
  3. Aku baca ini malem-malem, pas banget lagi nggak ada stock mie huhu. Akupun kalau masalah mie pakai Lemonilo buat anak2. Tapi belum pernah dibuat cemilan sih. Menarik nih inspirasinya ^^

    BalasHapus
  4. Wah, senangnya ternyata mie bisa dikreasikan jadi macam-macam ya mba. Pengen deh bikin juga buat bekal anakku

    BalasHapus
  5. jadi pengen nyobain deh dibikin kreasi gitu :) akupun stock mie udah lemonilo aja di rumah hihi

    BalasHapus
  6. Mi lemonilo bisa dikreasikan ya hmmm bari tahu. Hmm kalau makan mi sandingannya lontong emang paling nikmat tiada tara deh mbak apalagi pakai toping telor ceplok dan sedikir taburan bon cabe aduh ngiler

    BalasHapus
  7. aku termasuk yang agak strik dengan makanan instan tapi sejak tahu lemonilo aku rekomendasikan jga ke yang lain. anakku maish perlu di test buat makan mie warna ijo hehehe belum biasa sih emang

    BalasHapus
  8. Aduh belum sekalipun nyoba lemonilo makin penasaran setelah baca ini. Otw mampir alfamart buat beli nanti hihi

    BalasHapus

Posting Komentar