apa

Kelemahanku Adalah Kekuatanku (Habibie Afsyah)


Membaca biografi bisa menjadi motivasi, bahwa semua orang hebat melewati perjalanan yang tak mudah juga berliku.

Buku yang ditulis oleh Habibie Afsyah ini menceritakan kisah hidupnya sebagai pengidap penyakit muscular dystrophy. Kelemahan dan kelumpuhan fisik toh nyatanya tak harus berujung pada pelumpuhan diri.

Membaca buku ini seakan menampar saya dengan fisik sempurna tiada kurang suatu apa.

Noh lihat Habibie yang pakai kursi roda sejak usia empat tahun aja semangat belajar. Memutuskan untuk membuang malu dan terus berkarya, kegagalan satu tidak menghentikannya, mencoba lagi, gagal lagi, terus mencoba hingga ia dilihat dunia karena preatasinya.

Gaya bahasa ringan memudahkan pembaca untuk memahami  isi buku, menangkap pesan yang tertuang gamblang di dalam setiap rangkaian kata. Seratus halaman dapat dilahap sekali duduk sebab ceritanya mengalir dan menggunakan kata-kata yang sederhana.

#Digesting
#ReadingChallengeODOP

Peringatan Untuk Orang Jawa


Orang jawa adalah orang yang tinggal di jawa, hhaa. Maaf bercanda, orang jawa adalah mereka yang berasal dari provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kenapa orang jakarta disebut orang betawi dan orang garut disebut urang sunda? Padahal kan ya mereka berasal dan tinggal di pulau jawa juga. Provinsi Jawa Barat memang tidak disebut orang jawa mungkin karena bahasa yang mereka pakai adalah bahasa betawi, bahasa sunda bukan bahasa jawa.

Nah, ada hubungannya dengan acara Ragam Indonesia yang tadi pagi disiarkan oleh Trans 7 (alhamdulilillah masih ada acara tv yang mendidik 😄😄). Sambil nyetrika baju kerja telinga saya cermat mendengarkan apa yang disampaikan, kalau mata jelas harus berbagi tugas.

Kali ini selama setengah jam khusus membahas kota khatulistiwa, hayo tebak di mana?

Yap. Pontianak.

Dari wisata air di Sungai Kapuas, tari tradisional pasca panen, hingga suku asli Kalimantan yaitu Suku Dayak dengan sumpit ajaibnya. Kenapa ajaib, karena sumpit yang panjangnya sekitar 1,5 meter itu digunakan untuk berburu. Sumpit itu sebelumnya telah diolesi racun sebuah tanaman yang bisa membuat hewan buruan mati dalam hitungan menit saja, hiiiii.... sereeem. Sumpit menjadi senjata andalan yang ditakuti oleh penjajah, makannya dulu siapa yang tinggal di pedalaman hutan terbebas dari penjajah.

Pembuatan sumpit sekarang lebih mudah karena menggunakan bor, dulu butuh waktu berminggu-minggu loh sebab mengandalkan derasnya air terjun untuk membolongi sumpit, wuidddiiihhh.

Pokoknya mengenal budaya indonesia yang beragam ini keren banget deh.

Yang membuat saya menyinggung orang jawa diatas karena acara Ragam Indonesia tadi pagi disampaikan dengan bahasa ngoko alus.

Hayolohhh... buat kita-kita yang ngaku orang jawa dan masih pake mikir saat tadi liat Ragam Indonesia berarti alarm bahaya tuh. Ini  ngoko loh, ga heran kalau pemirsa stasiun tivi nasional yang menyiarkan acara dengan bahasa kromo inggil sepi peminat, hhoo.

You know lah kids jaman now ngomong sama temen sebaya yang sama-sama dari kampung aja pake bahasa indonesia. Pelajaran bahasa jawa di sekolah juga cuma satu jam dalam sepekan.

Yukk mari... kita yang sadar punya kewajiban untuk melestarikan budaya daerah biar Indonesia tercinta ini tetap beragam.

-----------
Uraian di atas ditujukan untuk penulis semata, bagi yang terlanjur membaca dan tidak berkenan mohon jangan dilaporkan.


Romansa di Pabrik Injeksi



Aku sudah tak perduli lagi apa kata orang. Terserah mereka mau bilang kalau aku kurang kerjaan (padahal ini jelas di tempat kerja). Aku alay sok artis (alhamdulillah kalau jadi artis beneran, bisa ajak kamu keliling nusantara). Sok cari perhatian (memang iya).

Satu yang kupedulikan, ada orang yang diam-diam berada di balik setiap tingkah polahku, ada orang yang diam-diam tersenyum malu akan kekonyolanku, ada orang yang menjadi alasan aku dengan segala kreativitas tanpa batas ini.

Sungguh, melihatmu membekapkan kedua tangan untuk menutup mulut adalah sebuah keindahan. Melihat sisi anggun yang terjaga dalam setiap perilaku.

Aku tak perduli yang lain. Terserah mereka mau berkata apa. Aku hanya perduli kamu.

Yah... begitulah, apa yang tertuang dalam kata-kata tak semudah terucapkan mesti begitu ingin.

Kamu, paham kan Dek?



----------
Keterangan foto : diambil dari akun resmi tokoh utama 😄😄

#KisahMereka
#Injection
#Cieeee

Resensi Buku "Keajaiban Ikhlas"



Ikhlas adalah sesuatu yang harus dipelajari bahkan tak akan pernah berhenti untuk dipelajari sebab sebagai manusia selalu terselip sedikit riya. Riya berbahaya, kenapa? Riya termasuk syirik yang tidak tampak dan syirik adalah dosa besar yang tidak diampuni oleh Allah SWT.

Dengan hadirnya buku ini kita bisa belajar untuk mengenal "ikhlas" lalu menerapkannya dalam kehidupan sehingga menjadi pribadi yang terus memperbaiki diri dari hari ke hari.

Ikhlas menyimpan banyak keajaiban yang merupakan pondasi awal tercapainya kesuksesan dan kebahagiaan seorang hamba Allah.

Buku setebal 143 halaman yang ditulis oleh Muhammad Gatot Aryo ini berisi tentang Pengertian ikhlas dalam Al-qur'an, Hadist dan menurut Ulama.Ikhlas dan bagiannya, Manfaat-manfaat ikhlas juga terdapat Aplikasi Pengendalian Ruhani Keikhlasan dan banyak lainnya.

Buku ini sangat bermanfaat dan saya sangat merekomendasikannya. Jadi tunggu apalagi? Yuk dibaca.

Mengungkap Rahasia Allah SWT dalam DNA Manusia




Dalam seminar nasional yang diadakan pada hari Minggu, tanggal 1 Oktober 2017 di Universitas Muhammadiyah Surakarta DR. drTauhid Nur Azhar, M.Kes menjadi pemateri pertama. Selain sebagai dokter beliau juga seorang trainer dan penulis buku. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan tentang bukti kebesaran Allah SWT ditilik dari ilmu kedokteran, yaitu DNA. DNA adalah bahan penyusun gen yang membawa informasi penurunan sifat yang terletak dalam inti sel yang membentuk kromosom.
Allah menjadikan makhluknya berpasang-pasangan agar menghasilkan keseimbangan sebab manusia menerima setengah pasang kromosom dari ayah dan setengah pasang kromosom dari ibu, sehingga individu membawa sifat yang diturunkan dari orang tuanya.
Menurut Kazuo Murakami (2017), ada beberapa hal yang dapat mengubah gen :
1. Saling berbagi informasi/kerjasama
2. Niat yang mulia
3. Hidup dengan rasa terima kasih
4. Berpikir positif
Setiap orang memiliki keunggulan dan kekurangan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Karakter tercipta dari kebiasaan yang diulang-ulang, untuk itu sangat dianjurkan untuk memperhatikan apa yang kita pikirkan karena akan menjadi kata-kata yang kemudian menjadi perbuatan hingga kita terbiasa.
Perilaku adalah perbuatan atau tindakan seseorang yang dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut :
1. Keturunan
2. Sikap
3. Norma Sosial
4. Makanan. Nutrien yang terkandung dalam bahan makanan merupakan variabel penting dalam ekspresi gen (defisiensi dari nutrient esensial dapat menganggu metabolisme dan struktur DNA, Kaput J Et Al, 2004)
Nah... Islam telah mengajarkan untuk hanya memakan makanan yang halal juga baik untuk tubuh. Yuk jaga segala yang masuk dalam tubuh kita.
Dalam materi berbentuk pdf ini dijelaskan pula secara singkat tentang Komposisi Perkembangan Otak, Manfaat Riset Biopsikologi Bagi Kesejahteraan Manusia, 7 Divisi Utama dari Biopsikologi. Hanya 68 halaman dengan gambar-gambar penunjang.


Ada yang mau? Saya Kasih :)


Musikalisasi Puisi

" … Adapun penjual minyak wangi, bisa jadi ia akan memberimu minyak wangi, atau kamu akan membeli darinya atau kamu akan mendapat bau harum darinya. … “
 
Potongan hadist di atas berarti bahwa teman/lingkungan akan sangat mempengaruhi. Begitupun saat saya berteman dengan mahasiswa Pendidikan dan Sastra Bahasa Indonesia. Kami dipertemukan dalam sebuah komunitas menulis, One Day One Post, lalu akhirnya saling memberi masukan dan saran tentang hasil karya masing-masing. Tidak usah bertanya siapa yang lebih ahli pada kasus ini, hhaaa.
 
Jauh kemampuan dengannya, karya sastra yang saya tahu hanya sebatas cerpen datar tanpa konflik menggigit apalagi diksi yang memikat, sedang ia sudah menemukan jenis tulisan yang sesuai. Bukan niat membandingkan tapi memang begitu kenyataannya, hhaa.
 
Karya sastra yang ia perkenalkan adalah puisi. Larik-larik pendek yang berima. Puisi lebih rumit lagi.
Ada konvensi yang manyatakan bahwa kalau ada karangan yang oleh pengarangnya disebut puisi, kita pegang saja apa yang dikatakannya. (Bilang Begini Maksudnya Begitu, hal 8).
Berulang ia mengingatkan,”Karya yang sudah ditulis itu hak pembaca dalam mengapresiasikannya, jadi ya ga usah ngotot kalau beda pandangan.”
Hhaa... tapi berbeda dengan puisi, banyak penafsiran itu semakin bagus.
Tak ada penyangkalan atas indahnya puisi, kemampuan memadatkan kalimat menjadi sajak-sajak perlu pemahaman tinggi. Tapi ternyata, puisi masih bisa lebih memikat loh.
Puisi yang dibaca dalam hati tentu akan sangat berbeda ketika dibaca lantang. Kemungkinan besar makna yang terkandung dalam puisi baru akan ditangkap sepenuhnya katika dilisankan. Oleh karenanya dalam usaha kita untuk meningkatkan apresiasi, melisankan puisi sangat dianjurkan. Setidaknya, setelah membaca atau mendengar puisi kita akan lebih menyadari bahwa bunyi merupakan salah satu daya pikat puisi, di samping merupakan faktor yang menentukan dalam menyusu makna. Pentingnya bunyi dalam puisi menyebabkan banyak pihak kemudian menggubahnya menjadi nyanyian yang disebut dengan musikalisasi puisi. (Bilang Begini Maksudnya Begitu, hal 24).
Nah … Sempurna sudah keindahan puisi.
Coba klik Mengintip Bidadari, ini adalah puisi karangannya. Baca dulu perlahan. Ia telah menggubahnya menjadi nyanyian sebagai contoh dari musikalisasi puisi.
Terima kasih Aa Nychken, sudah mau mengajarkan banyak hal.
Oh ya, ada yang mau mendengar lagunya? (Nanti saya minta ijin dulu tapi, harusnya sih kalau odop-ers boleh, kan kita satu keluarga :D).


1. Bilang Begini Maksudnya Begitu oleh Sapardi Djoko Damono

Sewa Alat Kelistrikan Sewatama Tempatnya

WikiKomponen.com Hampir semua pekerjaan dikerjakan dengan menggunakan alat yang berhubungan dengan kelistrikan sehingga jika listr...