Mengungkap Rahasia Allah SWT dalam DNA Manusia




Dalam seminar nasional yang diadakan pada hari Minggu, tanggal 1 Oktober 2017 di Universitas Muhammadiyah Surakarta DR. drTauhid Nur Azhar, M.Kes menjadi pemateri pertama. Selain sebagai dokter beliau juga seorang trainer dan penulis buku. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan tentang bukti kebesaran Allah SWT ditilik dari ilmu kedokteran, yaitu DNA. DNA adalah bahan penyusun gen yang membawa informasi penurunan sifat yang terletak dalam inti sel yang membentuk kromosom.
Allah menjadikan makhluknya berpasang-pasangan agar menghasilkan keseimbangan sebab manusia menerima setengah pasang kromosom dari ayah dan setengah pasang kromosom dari ibu, sehingga individu membawa sifat yang diturunkan dari orang tuanya.
Menurut Kazuo Murakami (2017), ada beberapa hal yang dapat mengubah gen :
1. Saling berbagi informasi/kerjasama
2. Niat yang mulia
3. Hidup dengan rasa terima kasih
4. Berpikir positif
Setiap orang memiliki keunggulan dan kekurangan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Karakter tercipta dari kebiasaan yang diulang-ulang, untuk itu sangat dianjurkan untuk memperhatikan apa yang kita pikirkan karena akan menjadi kata-kata yang kemudian menjadi perbuatan hingga kita terbiasa.
Perilaku adalah perbuatan atau tindakan seseorang yang dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut :
1. Keturunan
2. Sikap
3. Norma Sosial
4. Makanan. Nutrien yang terkandung dalam bahan makanan merupakan variabel penting dalam ekspresi gen (defisiensi dari nutrient esensial dapat menganggu metabolisme dan struktur DNA, Kaput J Et Al, 2004)
Nah... Islam telah mengajarkan untuk hanya memakan makanan yang halal juga baik untuk tubuh. Yuk jaga segala yang masuk dalam tubuh kita.
Dalam materi berbentuk pdf ini dijelaskan pula secara singkat tentang Komposisi Perkembangan Otak, Manfaat Riset Biopsikologi Bagi Kesejahteraan Manusia, 7 Divisi Utama dari Biopsikologi. Hanya 68 halaman dengan gambar-gambar penunjang.


Ada yang mau? Saya Kasih :)


No comments:

Post a Comment

Yuk sampaikan dengan santun :D