Makanan yang Harus Ibu Hamil Waspadai

Posting Komentar

 

bumil-waspadai-makanan-ini

Seorang ibu yang tengah mengandung pasti sangat memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsinya, bukan tanpa alasan sebab ini akan berpengaruh pula kepada janin dalam rahim. Banyak yang berpendapat semua makanan aman untuk ibu hamil (Bumil), namun ternyata ada loh beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Apa saja?

Makanan yang harus ibu hamil waspadai

1. Bacang
Rasanya yang lezat bisa meningkatkan nafsu makan, tentu ini baik baik Bumil yang biasanya susah untuk menelan makanan. Namun karena makanan ini tinggi kalori dan rendah serat, Bumil harus membatasinya. Selain sulit untuk dicerna, mengonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan kenaikan berat badan.

2. Beras Ketan
Makanan legit ini ternyata bisa menghangatkan perut juga meningkatkan nafsu makan, sayangnya kandungan gula yang tinggi akan sangat berbahaya jika dimakan dalam jumlah yang berlebihan apalagi pada Bumil yang mengidap diabetes.

3. Kwetiau
Sebenarnya tak ada larangan untuk mengonsumsi kwetiau, hanya saja kandungan nutrisi yang sedikit tentu tidak bagus untuk kehamilan. Terlebih lagi makanan ini juga mengandung natrium yang tinggi sehingga bisa menyebabkan hipertensi pada ibu hamil.

4. Mie Instan
Banyaknya kandungan pengawet, garam dan lemak dalam mie instan sangat berbahaya untuk ibu hamil, jadi sebisa mungkin hindari ya Bund.

5. Singkong
Bumil harus benar-benar memastikan bahwa singkong dimasak dengan benar sebelum mengonsumsinya, sebab singkong mentah atau dimasak setengah matang mengandung zat sianida yang bisa menyebabkan keracunan.

6. Ubi Jalar
Nutrisi yang terkandung dalam ubi jalar bisa membantu merangsang pencernaan dan mencegah sembelit. Namun ternyata kandungan vitamin A juga tidak baik jika berlebihan berada di dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan keguguran, kelahiran mati, dan cacat lahir. Batasi konsumsi harian ya Bund.

7. Ubi Ungu
Rasanya yang lezat ternyata juga memiliki banyak manfaat, diantaranya meningkatkan kekebalan tubuh, meringankan sembelit dan mbuat kulit lembut. Meski begitu Bumil tidak boleh berlebihan mengonsumsinya karena  ubi ungu sulit untuk dicerna sehingga bisa menyebabkan perut kembung dan nyeri.

8. Es Krim
Meskipun rasanya nikmat, es krim termasuk salah satu makanan dingin yang dapat memicu kontraksi rahim. Bila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kontraksi saluran pencernaan, sakit perut, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

9. Cabai Hijau
Rasa pedas yang tak terlupakan dari cabai hijau bisa mengunggah selera makan Bumil, namun tahan diri untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya agar Bunda tidak mulas dan lambung tidak nyaman.

10. Daun Singkong
Nutrisi baik yang terkandung dalam daun singkong bisa membantu membentuk sistem antibodi, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan gigi juga memenuhi nutrisi bagi janin. Perlu diingat bahwa jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu peningkatan tekanan darah, kolesterol dan pusing juga asam lambung meningkat.

11. Anggur
Buah anggur baik untuk pencernaan juga dapat memperkuat limpa dan lambung. Namun kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh tidak seimbang terlebih untuk Bumil penderita diabetes Gestasional, jaga konsumsi harian ya Bund.
Selain anggur, buah-buahan di bawah ini juga mengandung gula yang tinggi :
a. Duku/Langsat
b. Durian
c. Kesemek
d. Kismis
e. Leci
f. Mangga
g. Manggis
h. Melon
i. Tebu
j. Prem
k. Semangka

Nah, itulah beberapa makanan yang perlu ibu hamil waspadai. Tidak ada larangan untuk menikmatinya namun tetap harus diingat untuk membatasi konsumsi harian. Ini semua demi ibu dan juga perkembangan janin dalam kandungan.

Selamat menikmati proses kehamilan Bunda, salam hangat dan tetaplah bahagia.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email