Alasan Kontrak Rumah

Posting Komentar
memilih-rumah-kontrakan

Mengontrak rumah adalah pengalaman baru yang membuat petualangan hidup berumah tangga menjadi lebih berwarna, ternyata bukan hanya menikah loh, ada banyak alasan kenapa seseorang memutuskan untuk mengontrak rumah. Penasaran?

Alasan Mengontrak Rumah

1. Menikah

Kebanyakan pasangan yang baru menikah memutuskan untuk tinggal terpisah dengan keluarga mereka beberapa baru memilih pindah ketika sudah memiliki buah hati, alasan utamanya tentu saja ingin belajar mandiri, tidak lagi bergantung dengan orang tua. Namun tidak semua orang memiliki rumah pribadi yang siap untuk ditempati, inilah alasan kenapa mereka memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah.

Menghindari konflik dengan orang tua, mencari kenyamanan juga mengenal pasangan lebih baik lagi tentu akan sangat sulit jika ada campur tangan dari pihak keluarga. Memulai hidup hanya berdua ternyata seru loh, setiap waktu yang dilalui meninggalkan kenangan yang kelak akan menjadi cerita tak terlupakan dikemudian hari.

Gimana nih dengan kamu dan pasangan?

2. Bekerja atau Menuntut Ilmu

Merantau ke luar kota untuk bekerja atau menuntut ilmu menjadi alasan kedua terbanyak kenapa seseorang memutuskan untuk mengontrak rumah. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan solusi ini diantaranya mengurangi jarak tempuh sehingga tidak banyak waktu terbuang percuma di jalan.

Mendapatkan waktu istirahat yang cukup tentu sangat memengaruhi kinerja seseorang, bukan?

3. Memulai Sebuah Usaha

Memutuskan untuk membuka sebuah usaha tentu membutuhkan tempat, jika rumah pribadi dirasa kurang memadai maka mengontrak sebuah rumah bisa menjadi pertimbangan terlebih harga terjangkau dibandingkan dengan sewa ruko. Selain menjadi tempat usaha bisa juga merangkap sebagai tempat tinggal.

4. Tempat Tinggal Sementara

Beberapa kasus seperti renovasi rumah juga menjadi alasan seseorang untuk mengontrak rumah, jadi tujuannya hanya untuk sementara saja sampai rumah pribadi siap untuk ditinggali kembali. Bisa juga ketika hendak memiliki hajat, keluarga jauh yang datang dan hendak menginap sedangkan rumah pribadi tidak cukup menampung maka mengontrak rumah adalah solusi yang tepat.

Selain keempat alasan di atas apalagi nih yang membuat seseorang memutuskan untuk mengontrak rumah?

Mencari rumah yang sesuai ternyata tidak mudah loh, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan matang-matang agar nantinya tidak ada penyesalan di belakang. Nah, mungkin tips di bawah ini bisa membantu kamu sebelum memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengontrak Rumah

1. Lokasi

Jika tujuan kamu mengontrak rumah karena bekerja atau menuntut ilmu maka pastikan untuk memilih rumah yang terjangkau, ini memiliki banyak manfaat loh, diantaranya :

 a. Mengurangi jarak tempuh, selain menghemat biaya transportasi kamu juga tidak perlu membuang banyak waktu di jalan.

 b. Waktu istirahat lebih banyak, saat jarak tempuh tidak menghabiskan waktu maka kamu akan segera dapat bersantai di rumah kontrakan dengan nyaman. Memulihkan tenaga juga  pikiran dari penatnya aktifitas seharian.

2. Harga

Hal yang tak kalah penting adalah harga rumah kontrakan yang harus sesuai dengan anggaran, jangan sampai pengeluaran membengkak hanya untuk membayar tagihan kontrakan ya, wah bisa-bisa gagal nabung nih atau justru malah tombok.

Rumah kontrakan biasanya dibayar setiap bulan namun ada juga yang meminta untuk dibayar tahunan. Ini juga bisa menjadi pertimbangan sesuai dengan kemampuan kamu. 

3. Lingkungan Sekitar

Coba kamu pikirkan deh, hal apa yang membuat kamu nyaman jika tinggal di sebuah rumah :

 a. Dekat dengan supermarket, kebutuhan bulanan mungkin bisa dibeli sekali waktu saat gajihan namun bagaimana jika ada keperluan mendesak? pasti sangat terbantu sekali dengan adanya supermarket yang letaknya tak jauh dari rumah kita.

 b. Tetangga yang nyaman, manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri terlebih jika di perantauan kita sendirian. Ada waktu tertentu dimana tetangga menjadi saudara yang akan menjadi penolong pertama ketika kita butuh bantuan. Ya benar sih susah untuk melihat sifat tetangga di awal, jadi coba kamu yang mulai untuk beramah-tamah dahulu ya. Ga ada ruginya kok, percaya deh.

 c. Langganan banjir atau kerusuhan juga bisa loh jadi pertimbangan, kamu harus benar-benar perhatikan letak rumah kontrakan apakah dekat sungai yang bisa meluap ketika hujan deras turun berhari-hari dan menyebabkan banjir hingga terendam atau daerah yang mudah tersulut konflik.

4. Kondisi Rumah Kontrakan

Jangan hanya tergiur dengan harga murah, kamu harus pastikan dulu bahwa kondisi rumah yang akan ditinggali benar-benar baik. Tidak ada salahnya untuk datang mengecek sendiri sebelum memutuskan untuk membayar. Biasanya tahun pembuatan bisa menjadi acuan untuk menentukan kondisi rumah atau bisa juga nih ceklist daftar di bawah ini :

 a. Genteng, pastikan tidak ada kebocoran saat hujan turun ya. Ga nyaman dong klo lagi asyik istirahat eh ada tetesan air, duh alamat harus ngepel.

 b. Ketersediaan air bersih yang akan sangat menunjang hidup kamu. Jika menggunakan PDAM pastikan agar tidak sering mati.

 c. Tempat pembuangan sampah. Beberapa tempat ada petugas yang akan membantumu membuang sampah, namun jika tidak ada pastikan ada tempat khusus agar kamu tidak kebingungan dengan sampah-sampahmu.

 5. Fasilitas

Kamar mandi dalam, jumlah kamar tidur, garasi dan lain-lain tentu menjadi pertimbangan ketika kamu harus mengontrak sebuah rumah. Sesuaikan dengan kebutuhan sebab biasanya kelengkapan fasilitas akan berbanding lurus dengan harga kontrakan.

Gimana, sudah ada pandangan tentang kontrakan rumah bulanan atau tahunan yang akan kamu pilih? Semoga artikel ini membantu ya.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email