Cara Memutihkan Gigi Kuning

Posting Komentar

penyebab-gigi-kuning

Cara memutihkan gigi kuning ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan loh, sebelum itu yuk cari tahu lebih dulu penyebabnya. Warna gigi alami manusia adalah putih hingga putih kekuningan namun ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya berubah warna, apa saja?

Penyebab Gigi Kuning

1. Makanan dan Minuman

a. Wine mengandung kromogen dan tanin yang menyebabkan noda pada gigi.

b. Kopi dan Teh karena mengandung kromogen dan asam. Asam dapat mengikis lapisan enamel pada gigi.

c. Minuman berkarbonasi dan berwarna gelap yang bersifat asam ini mudah mengikis lapisan enamel pada gigi yang menyebabkan noda dapat dengan mudah masuk ke lapisan dentin sehingga gigi lebih rapuh(sensitif) dan mudah berubah warna.

d. Buah-buahan berwarna terang seperti blueblerry, blackberry dan buah naga yang jika dikonsumsi berlebihan akan meninggalkan noda yang menempel pada gigi.

e. Permen yang  mengandung pewarna buatan tinggi membuat noda mudah menempel di gigi dan sulit untuk dibersihkan. Cara mudah menandai jika permen tersebut mengandung bahan pewarna buatan tinggi adalah jika meninggalkan warna di lidah setelah kita mengonsumsinya.

2. Tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

a. Tidak rutin menyikat gigi. Saran dari dokter gigi adalah menggosok gigi sebanyak dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

b. Cara menyikat gigi yang tidak benar. Jika waktu menggosok gigi sudah sesuai dengan anjuran dokter namun jika tidak dilakukan dengan cara yang benar maka dapat membuat sisa makanan masih tertinggal di sela-sela gigi.

3. Merokok

Rokok mengandung nikotin yang bisa menimbulkan stain (bercak pada gigi) yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggosok gigi saja.

Nah, itu tadi penyebab gigi kuning, sekarang yuk kita kulik gimana sih cara memutihkan gigi kuning, susah ga ya?

Cara Memutihkan Gigi Kuning

1. Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kromogen, tanin dan bersifat asam juga makanan yang berwarna mencolok.

2. Menggosok gigi dengan benar dan di waktu yang tepat. Jika perlu gunakan benang gigi untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

3. Pembersihan dan pemutihan gigi secara profesional oleh dokter gigi. Tindakan ini diperlukan untuk noda yang sulit dihilangkan hanya dengan menggosok gigi saja.

Serba-serbi Tentang Memutihkan Gigi

Banyak hal tentang memutihkan gigi yang jarang diketahui banyak orang, simak yuk:

a. Warna gigi setiap orang berbeda, karena pengaruh genetik yang diturunkan dari orang tua. Jadi ga bisa tuh kita berharap dapat memutihkan gigi dan membuatnya bersinar kayak bintang iklan kalau warna gigi alami kita tidak seperti itu.

b. Antibiotik yang mengandung tetrasiklin, namun tenang saja karena sekarang antibiotik ini sudah tidak pernah digunakan lagi.

c. Aman memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami seperti lemon. Hindari mengikuti tutorial bebas yang menggunakan bahan-bahan kimia.

Warna gigi memang sangat memengaruhi penampilan ya bahkan bisa membuat kepercayaan diri meningkat, untuk itu jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dan perlahan tinggalkan hal-hal yang merusak gigi kita.

Oh ya, jangan coba-coba untuk melakukan tutorial memutihkan gigi secara instan yang beredar luas di sosial media ya, karena itu tidak dilakukan oleh ahli dan tanpa pengawasan dokter. Berbahaya dong kalau terjadi hal-hal pada gigi kita, mau minta tanggungjawab sama siapa coba?

Semoga bermanfaat, salam sehat.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email