Ngeblog Sebagai Pekerjaan Utama

1 komentar

bisakah-ngeblog-menjadi-pekerjaan-utama
Aku udah buat kartu nama tuh, cakep kan ya?

Nah, ini sebagai salah satu bukti keseriusan aku menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama. Tuh, tertulis jelas di bawah nama "Blogger" 😃

Kalau kalian mau tahu alasan aku menulis blog dan menjadi blogger, silahkan baca selengkapnya di alasan menulis blog.

Memang bisa ya Blogger dijadikan pekerjaan utama? Menjanjikan gitu? Oya tentu bisa banget dong. Sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa blogger sebagai salah satu ujung tombak periklanan mereka, bahkan pemerintah pun memercayakan kebijakan yang dikeluarkan kepada blogger untuk diteruskan kepada masyarakat umum.

Kalau begitu semua bisa jadi blogger dong? Yup. Bisa banget. Kamu mau jadi blogger juga?

Menulis di blog memang tidak membutuhkan keahlian khusus, namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan jika kamu ingin bertahan dan menjadikan blog sebagai lahan untuk mencari rezeki, apa saja?

Blogger yang menjadikan aktifitas ngeblog sebagai pekerjaan utama haruslah memiliki hal berikut.

1. Personal Branding

Blog/website yang kita kelola serupa dengan toko yang menampilkan barang/jasa yang kita jual, agar pengunjung ramai kita perlu memberitahu orang-orang tentang toko kita. Caranya?

a. Share Link Artikel ke Media Sosial

Biasanya kita lebih aktif di sosial media, ini bisa menjadi kesempatan untuk memberitahukan teman-teman bahwa kita telah menulis artikel di blog. Ya mungkin tak banyak yang tertarik tapi bisa jadi ada beberapa teman yang membutuhkan informasi sesuai dengan artikel kita. Lebih bermanfaat bukan?

Selebihnya ya setidaknya mereka tahu kalau kita punya blog. Itu saja dulu.

b. Optimalkan Biodata di Media Sosial

Siapa yang nama akun sosial medianya beda-beda, hayo? Waahh, ternyata ini bahaya loh. Pihak terkait bisa kesulitan untuk menghubungi kita jika menelusuri lewat sosial media. Jadi yuk, mulai sekarang buat nama yang sama juga lengkapi biodata dengan jelas agar memudahkan kita bertemu dengan klien.

Perhatikan juga untuk tidak menggunakan nama-nama sulit yang susah dieja, harus jelas. Ini berlaku juga untuk email ya. Terpenting, harus cepat tanggap jika ada penawaran kerja sama. Gercep, ga boleh lelet jawab, keburu disamber ayam, hhaa.

c. Ikut Lomba

Selain mengukur kemampuan diri dan berharap pada hadiahnya, mengikuti lomba bisa menjadi salah satu cara kita memperkenalkan blog loh. Jika sering pasti panitia akan hapal, ya walau ga menang yang penting terkenal, hhii.

Jangan minder, toh yang belum beruntung bukan cuma kita aja. Ada ratusan bahkan ribuan orang di luar sana. Santuy saja. 

2. Konsisten

Punya blog tapi ga pernah diisi? Sama aja toko kamu kosong, ini akan menimbulkan pertanyaan pada calon pelanggan. Ini toko masih jualan ga ya? Kok banyak rumput liar, sarang laba-laba, tembok penuh lumut, tidak terawat macam rumah hantu saja.

Memang berat banget kalau udah ngobrolin konsisten, ada aja alasan buat nanti-nanti, hhaa. Ini bahaya buat yang menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama. Bisa ditinggal calon pelanggan nih, wahh alamat puasa ga makan, hhoo.

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk tetap mempertahankan konsistensi ngeblog.

a. Ikut Komunitas

Wah, ga diragukan lagi ya kalau lingkungan yang memiliki visi dan misi sama akan menumbuhkan semangat dalam diri. Banyak komunitas blogger yang bisa kamu ikuti, tinggal pilih saja yang sesuai dengan kepribadian kamu. 

Biasanya komunitas akan membuat kegiatan yang memicu kita untuk terus berkarya. Terkadang ada juga informasi mengenai job dari komunitas tersebut. So, jangan menyendiri, rugi.

b. Upgrade Ilmu

Jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu. Dunia digital berkembang pesat begitu pula dengan alogaritma google yang terus berubah. Banyak lagi hal lain yang perlu untuk dipelajari agar tak tertinggal.

Bahaya banget nih kalau kita merasa cukup dan ga mau belajar. Ya mungkin sekarang masih banyak job yang mampir, tapi siapa yang bisa menjamin ke depannya? Ayolah, jangan jadi blogger sombong.

Gimana? Udah siap menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama? 

Harap perhatikan hal-hal di atas ya. Mungkin masih banyak kekurangan, silahkan teman-teman yang ingin menambahkan bisa komentar di bawah, kita berdiskusi tentang dunia blog yang tak ada habisnya ini.

Selamat membaca, semoga bermanfaat.







Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

1 komentar

  1. Kartu namanya bagus.. Jadi inget, kalau memang bertujuan untuk memonetisasi blog, memang butuh lebih dari sekedar kemampuan menulis. Maklum, berarti sudah memasuki dunia bisnis dan pasti kebutuhannya lebih besar lagi.

    Dan, kartu nama itu memang salah satu yang penting. Itu langkah awal dan pembuka untuk memperkenalkan diri ke dunia. Tidak bisa kalau niatnya mendatangkan uang tidak memperkenalkan diri.

    Poin yang lainnya, bener banget karena perlu banyak sekali usaha, termasuk branding (profesional dan personal), agar calon pemberi job tertarik menggunakan jasa kita.

    Kalau saya sendiri sih, lebih suka memilih jalan memakai Adsense saja sebagai sarana. Maklum orangnya males ribet..

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email