apa

Peringatan Untuk Orang Jawa


Orang jawa adalah orang yang tinggal di jawa, hhaa. Maaf bercanda, orang jawa adalah mereka yang berasal dari provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kenapa orang jakarta disebut orang betawi dan orang garut disebut urang sunda? Padahal kan ya mereka berasal dan tinggal di pulau jawa juga. Provinsi Jawa Barat memang tidak disebut orang jawa mungkin karena bahasa yang mereka pakai adalah bahasa betawi, bahasa sunda bukan bahasa jawa.

Nah, ada hubungannya dengan acara Ragam Indonesia yang tadi pagi disiarkan oleh Trans 7 (alhamdulilillah masih ada acara tv yang mendidik 😄😄). Sambil nyetrika baju kerja telinga saya cermat mendengarkan apa yang disampaikan, kalau mata jelas harus berbagi tugas.

Kali ini selama setengah jam khusus membahas kota khatulistiwa, hayo tebak di mana?

Yap. Pontianak.

Dari wisata air di Sungai Kapuas, tari tradisional pasca panen, hingga suku asli Kalimantan yaitu Suku Dayak dengan sumpit ajaibnya. Kenapa ajaib, karena sumpit yang panjangnya sekitar 1,5 meter itu digunakan untuk berburu. Sumpit itu sebelumnya telah diolesi racun sebuah tanaman yang bisa membuat hewan buruan mati dalam hitungan menit saja, hiiiii.... sereeem. Sumpit menjadi senjata andalan yang ditakuti oleh penjajah, makannya dulu siapa yang tinggal di pedalaman hutan terbebas dari penjajah.

Pembuatan sumpit sekarang lebih mudah karena menggunakan bor, dulu butuh waktu berminggu-minggu loh sebab mengandalkan derasnya air terjun untuk membolongi sumpit, wuidddiiihhh.

Pokoknya mengenal budaya indonesia yang beragam ini keren banget deh.

Yang membuat saya menyinggung orang jawa diatas karena acara Ragam Indonesia tadi pagi disampaikan dengan bahasa ngoko alus.

Hayolohhh... buat kita-kita yang ngaku orang jawa dan masih pake mikir saat tadi liat Ragam Indonesia berarti alarm bahaya tuh. Ini  ngoko loh, ga heran kalau pemirsa stasiun tivi nasional yang menyiarkan acara dengan bahasa kromo inggil sepi peminat, hhoo.

You know lah kids jaman now ngomong sama temen sebaya yang sama-sama dari kampung aja pake bahasa indonesia. Pelajaran bahasa jawa di sekolah juga cuma satu jam dalam sepekan.

Yukk mari... kita yang sadar punya kewajiban untuk melestarikan budaya daerah biar Indonesia tercinta ini tetap beragam.

-----------
Uraian di atas ditujukan untuk penulis semata, bagi yang terlanjur membaca dan tidak berkenan mohon jangan dilaporkan.


No comments:

Post a Comment

Yuk sampaikan dengan santun :D

Sewa Alat Kelistrikan Sewatama Tempatnya

WikiKomponen.com Hampir semua pekerjaan dikerjakan dengan menggunakan alat yang berhubungan dengan kelistrikan sehingga jika listr...