Tips Diet Sukses Bagi Penderita Asam Lambung

Posting Komentar

Memiliki berat badan ideal tentu dambaan setiap orang, selain alasan penampilan... Alasan kesehatan juga menjadi faktor seseorang memutuskan untuk melakukan diet. Apakah kamu juga sedang menjalaninya?

Penderita asam lambung memiliki kekhawatiran tersendiri sebab diet identik dengan mengurangi asupan makanan. Lalu apa saja kunci diet sukses yang bisa mewujudkan impian tubuh idealmu? Yuk kita kulik berdasarkan saran dari dr. Saddam Ismail. Tips ini bisa banget dilakuin walau kamu menderita asam lambung loh.

8 Tips Diet Sukses

Berikut adalah delapan tips yang harus dipahami agar diet yang sedang kamu jalani dapat sukses dan mendapatkan hasil sesuai keinginan meskipun kamu memiliki penyakit asam lambung. Ingat yaa, diet bukan sekadar menurunkan berat badan namun juga ada faktor kesehatan yang harus diperhatikan. Jangan sampai proses diet justru membuatmu sakit.

1. Mengetahui Berat Badan Ideal

Umumnya banyak orang masih menggunakan cara lama untuk mengetahui berat badan ideal, seperti tinggi badan dikurangi 110. Nah, cara ini tidak efektif dan tidak seharusnya dipakai lagi.

Cara yang baku untuk mengukur berat badan ideal adalah dengan menggunakan IMT (Indeks Massa Tubuh).

Perlu diingat bahwa IMT tidak akurat untuk mengukur berat badan ibu hamil, binaragawan/atlet. Contoh kasus jika IMT nya berlebih belum tentu mereka kelebihan lemak namun bisa jadi karena ototnya yang besar (karena proses latihan) juga pertumbuhan janin dalam kandungan.

Cara perhitungan IMT adalah berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) x tinggi badan (m).

Contoh :
Tinggi Badan : 180 cm
Berat Badan : 75 kg

75 : (1,80 x 1,80) = 75 : 3,24 = 23,14

Nah, hasil dari perhitungan tadi bisa dicocokkan ke dalam tabel dibawah ini.

Jadi, gimana nih? Berat badanmu sudah ideal atau belum?

2. Kebutuhan Kalori Harian Tubuh

Asupan kalori yang masuk ke tubuh sangat mempengaruhi keberhasilan diet, jika berlebih atau bahkan kurang justru bisa berdampak tidak baik. Tubuh akan merasa stress dan diet yang dijalankan pun tidak maksimal.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda karena beberapa faktor, seperti: jenis kelamin, usia, berat badan dan tinggi badan saat ini, juga level aktifitas yang dilakukan.

Untuk menghitungnya kamu bisa menggunakan kalkulator kalori yang aplikasinya banyak tersedia online.

Hasil dari perhitungan kebutuhan kalori akan menampilkan BMR atau kebutuhan kalori minimal yang dibutuhkan tubuh  agar organ tubuh bisa berfungsi. Jika kita mengonsumsi kalori dibawah hasil BMR maka akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti pusing, mual, keringat dingin, dll.

Kemudian terdapat pula total kebutuhan kalori setiap hari yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Kalori masuk yang disarankan agar berat badan turun  adalah hasil tersebut dikurangi maksimal 500.

3. Memilih Olahraga

Rutin melakukan olahraga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik, dan juga saat olahraga kalori yang terbakar bisa lebih banyak.

Pilihan olahraga yang cepat menurunkan berat badan adalah olahraga kardio yang dilakukan di pagi hari sebelum melakukan aktifitas atau berangkat kerja, misalnya lari pagi atau berlari di treadmill.

Sebelum olahraga juga disarankan hanya mengonsumsi buah-buahan sekadarnya seperti satu buah pisang/apel.

4. Kombinasi dengan Diet Air Putih

Air putih itu sangat baik untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah minum dua gelas air putih 30 menit sebelum makan. Lakukan setiap hari.

5. Memilih Buah yang Efektif

Buah sangat bagus untuk diet karena kandungan kalorinya rendah. Saran buah untuk diet seperti :
a. Grape Fruit, dikonsumsi sebelum makan. Kandungan air yang banyak pada buah ini membantu kita merasa kenyang.
b. Pisang, mengandung serat yang sangat tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama.
c. Apel, terdapat kandungan pektin yang memperlambat pencernaan sehingga rasa kenyang lebih lama.
d. Alpukat, dikonsumsi siang hari karena mengandung tinggi kalori dan lemak baik.
e. Jeruk, buah rendah kalori yang tinggi serat juga mengandung banyak air.
f. Pir, baik dikonsumsi siang hari.
g. Blueberry tinggi antioksidan yang bisa membuat awet muda.

Cara mengonsumsi buah paling baik adalah dikunyah, bukan dalam bentuk jus dengan tambahan toping yang tinggi gula.

6. Tentukan Target Diet

Jangan membandingkan hasil diet sendiri dengan oranglain karena banyak faktor yang membedakan, selain itu jangan pula terlalu terburu-buru mengatakan diet gagal hanya karena waktu yang sebentar.

Waktu ideal untuk menurunkan berat badan adalah 3 bulan.

7. Atur Pola Makan

Merubah pola makan sebelum dan saat diet dilakukan secara bertahap, agar tubuh juga beradaptasi dan hasilnya pun akan bertahan lebih lama.

8. Rajin Melihat Informasi Seputar Diet

Menambah wawasan seputar diet bisa juga membantu agar diet sukses. Pastikan untuk mengambil informasi dari sumber yang benar agar diet yang dijalani tetap dijalur yang sehat.

Delapan tips di atas dapat dilakukan secara bertahap, jangan terlalu terburu-buru untuk mendapatkan hasilnya segera.

Nah, setelah mengetahui tentang ilmu diet sekarang saatnya untuk eksekusi. Siapkan mental karena diet adalah proses panjang yang butuh disiplin.

Iyaaa, menjalani diet memang tak semudah diucapkan, untuk itu kamu perlu dukungan agar dietmu terasa lebih mudah. Kabar gembira nih ada nutriflakes yang akan temani kamu untuk dapatkan berat badan ideal.

Kenalan Yuk Sama Nutriflakes

Sereal berbahan utama pati umbi garut ini mengandung karbohidrat dan nutrisi yang diperlukan tubuh, bisa memberikan efek kenyang, sehingga cocok dijadikan pengganti menu makan harian.

Bahan-bahan yang digunakan alami dan sudar terdaftar BPOM, jadi aman yaa.

1. Umbi Garut

Kandungan zat pati sebagai sumber karbohidrat bisa membuat kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh.

2. Psyllium Husk

Psyllium husk merupakan serat larut yang diambil langsung dari sekam bijinya.
Mengandung 66% serat larut dan 34% serat tidak larut alami untuk menyerap air dan membentuk Gel. Gel inilah yang berfungsi untuk mengikat lemak, gula darah, kolesterol di dalam perut dan kemudian mengangkutnya ke usus besar, lalu dikeluarkan melalui BAB.

3. Susu Etawa

Selain mengandung vitamin A dan B yang tinggi, susu etawa juga mengandung zinc, besi, magnesium dan asam lemak rantai pendek. Selain itu kandungan basa juga bisa menetralkan kadar asam dalam lambung, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah resiko serangan jantung dan stroke.

4. Daun Kelor

Kandungan nutrisi dan antioksidan daun kelor bermanfaat membantu meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, membantu mengatasi kanker, mengatasi infeksi bakteri, dan mencegah anemia.

5. Gula Aren

Memiliki beberapa kandungan Vitamin B kompleks seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), dan asam nikotinat (B3). Bahan ini juga memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi dan antimikroba sehingga dapat mencegah infeksi.

Waaahh, melihat kandungan Nutriflakes jadi makin semangat nih dietnya. Rasa enak dan kekentalan yang pas bikin kamu menikmati proses mendapatkan berat badan yang ideal.

Semangat yaaa untuk seluruh pejuang diet, semoga 8 tips diet di atas bisa membantu kamu memperoleh penampilan yang diidamkan dengan cara sehat dan hasil yang maksimal.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar