Rumah Impian Keluarga


Rumah tak sekadar berarti tempat tinggal, lebih dari itu… ada harapan besar yang di bangun oleh setiap anggota di dalamnya, awal dari sebuah mimpi di hari depan juga tempat kembali ternyaman yang tidak tergantikan. Saking pentingnya arti rumah, setiap keluarga memiliki rumah impiannya sendiri, bahkan ada yang rela membangun agar sesuai dengan kehendak hati.

Sama dengan aku dan suami, kami memiliki rumah impian yang kini sedang diperjuangkan. Membeli rumah jadi menjadi pilihan untuk kami yang memiliki tipe tak mau repot dan suka terima jadi, hhee. Walau begitu ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk tanda tangan kontrak jual beli, mau tahu?

Tipe Rumah Idaman Keluarga ala Setiawan’s Family

Panjang lebar diskusi kami dalam memutuskan untuk membeli rumah akhirnya mencapai titik temu, setelah menggabungkan keinginan pribadi dan pasangan, inilah keputusan akhirnya.

1. Tipe Minimalis

Banyak keuntungan memiliki rumah tipe minimalis diantaranya mudah dibersihkan, tidak banyak furniture yang diperlukan dan paling penting adalah anggota keluarga lebih mudah bertatap muka.  

2. Halaman Luas

Walau rumah tipe minimalis tapi kami ingin memiliki halaman yang luas, seru sepertinya melihat anak-anak aman bermain di sekitar rumah di antara rindangnya pepohonan. Nantinya akan ada tempat berkumpul di luar ruangan, semacam saung atau sekadar bangku kayu dengan meja bundar untuk menyegarkan mata dan juga pikiran.

3. Air Mancur Sebagai Desain Interior

Mendengar suara gemericik air diyakini dapat membuat hati dan pikiran tenang, dan ya sebagai tempat kembali setelah penatnya rutinitas di luar ruamh rasanya akan sangat cocok ya.

4. Memiliki Garasi 

Saya dan suami termasuk yang suka jengkel dengan mobil yang diparkir memakan badan jalan, oleh  karena itu memiliki garasi masuk dalam daftar yang harus ada di rumah impian kami. Jika tidak ada garasi harus ada lahan parkir yang cukup, misalkan halaman. Selain merasa lebih aman terhadap keadaan kendaraan pribadi juga tidak akan menganggu orang lain.

Nah, cuma empat saja tapi susaaah sekali menemukannya, hhee. Sembari terus menabung, kami tak henti mencari, yaa memang sulit tapi setidaknya mendekati agar tak banyak hal yang harus dibuat sendiri.

Sempat memutuskan untuk mencari perumahan, namun ternyata jaraknya terlalu jauh dengan tempat kerja, hhii. Oh ya, ngomong-ngomong tentang perumahan ada sedikit tips nih untuk kamu agar tak salah pilih, semoga membantu ya.

Tips Membeli Unit di Perumahan

1. Pastikan ada izinnya agar tidak ada masalah dikemudian hari. Ada banyak kasus seperti ini yang akhirnya justru merugikan pembeli. Selain itu jika menggunakan sistem kredit, pastikan angsuran dibayarkan ke rekening PT bukan perorangan, dan yaa minta bukti pembayaran.

2. Keadaan Alam Sekitar

Apakah perumahan tersebut rawan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus atau yang lainnya? Pastikan dulu demi kenyamanan keluarga.

3. Fasilitas, Lokasi dan Akses 

Kemudahan akses menuju perumahan patus dipertimbangkan, adanya transportasi umum atau terjangkau ojek online dapat memudahkan kegiatan kita sehari-hari.

Lokasi juga menjadi hal penting yang tidak bisa diabaikan, dekat dengan pusat perbelanjaan, stasiun atau terminal, rumah sakit, sekolah atau dekat dengan mesin ATM, taman terbuka, dll akan sangat menguntungkan kita sebagai penghuninya.

4. Kebutuhan Keluarga

Ga lucu dong kalau membeli rumah eh ternyata kamarnya kurang sehingga ada anggota keluarga yang tidak kebagian, hhee. Diskusiakn dengan matang apa saja kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi sebelum memutuskan membeli rumah baru.

5. Harga

Tentu saja ini yang terpenting, sesuaikan harga yang ditawarkan dengan kemampuan kita, pastikan tidak membebani sehingga tidak ada tunggakan di hari kemudian. Dan yaa pastikan dengan harga tersebut apakah kita juga mendapatkan material bangunan yang awet dan tahan lama?


Jangan tergiur harga murah tanpa memperhatikan aspek lainnya, rumah impian bukan sekadar untuk saat ini tapi juga esok dan bahkan bisa menjadi warisan untuk anak cucu kelak. Jangan buru-buru membeli rumah, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan visi misi keluarga.

Oh ya, aku punya rekomendasi untuk kalian yang ingin membeli rumah di daerah Tangerang. Ada tiga tipe di Cendana Homes yang bisa kalian pilih sesuai dengan kriteria rumah idaman keluarga. Cove Villa, Cove Residence dan Cove Sanctuary dengan harga mulai 700 jutaan.

Sedikit bocoran nih biar makin tertarik, kalau kalian punya rumah di Cendana Homes ada banyak fasilitas yang bisa kalian nikmati. Mau shopping  cuss Cuma 8 menit ke Maxx Box, Supermall Karawaci, Citywalk Elvee, Benton Junction atau mau makan santai di restauran Cuma 10 menit aja. Selain itu dekat dengan rumah sakit Siloam Hospital Lippo Village, Bandara Sukarno Hatta, Gerbang tol karawaci 1, juga sekolah Pelita Harapan, Sekolah Dian Harapan dan Universitas Pelita Harapan.

Yuppp, silahkan direnungkan dengan matang dan semoga saya dan kalian segera terwujud memiliki rumah impian keluarga, aamiin. Salam semangat untuk kita semua.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar