Nostalgia 5 Game PC era 90an

Posting Komentar

Di era 90an, game PC menjadi suatu hal mewah untuk dimainkan, tentu saja karena tidak semua rumah memiliki komputer. Penulis sendiri mengenal beberapa game PC di bangku sekolah menengah pertama, dulu guru komputer memperbolehkan murid untuk mengeksplore PC mereka setelah menyelesaikan tugas.

Tawaran ini disambut sorak sorai satu kelas, kami berlomba untuk menyelesaikan tugas secepat mungkin agar bisa memainkan game yang terinstal di PC. Sesekali saling melirik ke PC teman sebelah, mencari tahu game apa yang membuat mereka fokus tak mau diganggu.

Berikut 5 game PC yang membuat penulis ingin memainkannya lagi. Coba cek, mungkin kamu juga ingin bernostalgia 😆😆

1. Tetris, permainan legendaris

Yaaap, game menyusun bangun dengan empat bagian ini menjadi yang paling populer. Cara bermainnya sangat sederhana, menyusun balok-balok agar penuh satu baris horizontal tanpa ada kosong dan dapatkan poin darinya. Ada tujuh bentuk balok yang berbeda, biasa dikenal dengan balok J, L, S, Z, T, I dan O/kotak.

Tantangan dari game tetris ini ada pada acaknya bentuk balok yang turun, namun kita bisa memutarnya agar sesuai dengan area yang kosong pada lantai permainan. Nah kalau area permainan penuh dan menyentuh langit sehingga tak ada lagi ruang untuk balok selanjutnya turun maka permainan selesai alias game over.

Trik untuk mempercepat kenaikan level adalah dengan memenuhi area permainan dengan balok-balok yang tersusun rapi maksimal empat baris tanpa kosong. Biasanya akan ada bonus nilai lebih dibanding hanya memenuhi satu atau dua baris saja. Tentu saja untuk melakukan trik ini sebelumnya kita harus menyusun balok setinggi empat baris dan menyisakan satu ruang kosong yang nantinya akan diisi oleh balok I/long bar. Eitss, tapi hati-hati ya jika tidak jeli justru bisa membuat kita game over lebih cepat.

Saking legendarisnya game ini, sekarang kita dapat memainkannya dengan lebih banyak versi, misalnya :

game-tetris-yang-legendaris

Langsung aja klik Tetris

2. Zuma, kodok pelempar bola

Game PC ini bikin betah berlama-lama di depan komputer, bahkan sampai lupa waktu karena penasaran melulu. Yuhuu, kita hanya perlu mengarahkan bola yang keluar dari mulut kodok pada kumpulan bola-bola yang berjalan menuju lubang. Warna bola yang ditembakkan harus sesuai dengan sasaran agar mendapatkan poin.

Pada level awal bola-bola memang berjalan lambat, ini kesempatan kita untuk mengatur strategi agar bola-bola tersebut tidak masuk kedalam lubang atau akan game over. Oh ya, kodok memiliki dua bola, satu di perut dan satu lagi di mulutnya, bola yang berada di mulut itulah yang akan kita tembakkan, namun jika ternyata warna bola yang berada di perut lebih kita butuhkan bisa diganti agar berubah posisi ke mulut.

Ada bonus bola berupa bom yang akan meledakkan bola-bola yang berjalan, gunakan dengan bijak agar memperlambat laju bola.

Jujur saja penulis masih kesulitan untuk naik level, karenanya sampai sekarang masih terus penasaran dan ingin mencoba lagi berbagai trik. Beragam versi bisa dipilih jika kita bosan dengan yang klasik, inti permainan sama namun tampilan berbeda yang mungkin bisa menyegarkan mood untuk kembali berjuang.

game-zuma-online-terkini

3. Solitaire, sabar menyusun empat tumpukan kartu

Permainan ini bertujuan untuk menyusun empat tumpukan kartu sejenis dalam urutan menaik yaitu dimulai dari kartu As dan berakhir dengan kartu King. Kita hanya perlu memindahkan kartu yang terbuka ke kartu yang sejenis, lalu mencari kembali di tumpukan kartu. Lakukan berulang hingga kartu habis dan permainan selesai.

Walau sederhana namun kadang tetap saja penulis tidak bisa menyelesaikannya. Ada faktor keberuntungan untuk bisa menyelesaikannya. 

Permainan ini hampir diinstal di semua PC sekolah namun dengan jenis yang sama, kini versi lainnya bisa kita temui di PC maupun smartphone.

game-solitaire-online-terkini

Beragam Solitaire yang bisa kamu cobain.

4. Mahjong, ketelitian mata

Rasanya beruntung sekali PC yang terinstal game ini, cara mainnya amat sederhana hanya mencocokkan dua gambar serupa sampai semua gambar habis. Kita tidak sedang bertarung dengan banyak poin namun durasi waktu yang harus lebih singkat dengan lawan main atau dengan permainan sebelumnya, itu baru rekor.

Ada tombol bantuan yang bisa membantu kita untuk mendapatkan gambar yang sesuai namun jika salah urutan bisa-bisa kita buntu sehingga tak ada lagi gambar cocok yang bisa dihilangkan, dan taraaa... game over.

Selalu gemas untuk terus mencoba, candu sekali rasanya jika belum berhasil menghabiskan seluruh gambar. Serunya sekarang ada banyak versi yang lebih segar untuk dimainkan.

game-mahjong-dewasa-anak

5. Pinball, lempar bola

Game PC ini sangat mudah untuk dimainkan, kita hanya perlu melempar bola dan menjaganya agar tidak jatuh ke bawah. Semakin lama bola bertahan di area permainan maka poin akan terus bertambah.

Ternyata permainan ini masih banyak dicari oleh banyak orang loh, sampai ada beberapa versi yang hadir untuk memberika pengalaman baru untuk para gamer.

game-pinball-online-terkini

Nah, itu tadi lima game PC era 90an yang  penulis sangat ingin memainkannya lagi. Kerennya lagi sekarang kita tidak harus menggunakan PC untuk bernostalgia, gadget dalam genggaman bisa melakukannya. Semua permainan ini bisa kita akses online di https://plays.org/ , ada ribuan game lain yang bisa kita coba juga untuk mengisi waktu luang.

Bye... Bye... Gabut.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Selamat bertualang para gamer.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar