Oktober, Bulan Refleksi Para Blogger

Posting Komentar

Pada tanggal 27 Oktober 2007 ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional oleh Menteri Komunikasi dan Informarika RI, Muhammad Nuh. Tahun-tahun berikutnya pesta Hari Blogger Nasional selalu menjadi refleksi tersendiri untuk para blogger, tentu saja tidak mudah, banyak yang tumbang, menyerah dan membiarkan blog kosong atau tetap teguh hingga menjadi handal. Ada loh yang bisa hidup dari blog, iyaa blog sekarang sangat bisa diandalkan.

hari-blogger-nasional-oktober

Nah, kalau aku sendiri sih ngerasain banget gimana susahnya konsisten mengisi blog pribadi, ya walaupun selalu dengan bangga mem-branding diri sebagai blogger.

Menurut Bapak Blogger Indonesia, Enda Nasution, hanya orang-orang yang memiliki kemampuan dan kepercayaan diri lebih untuk menulis lah yang akan bertahan menjadi blogger. Eh, gimana nih maksudnya "memiliki kemampuan dan kepercayaan diri lebih untuk menulis?"

Jadi begini, blog adalah media untuk menempatkan apa yang dipikirkan dengan tulisan yang lebih rapi dan terstruktur. Jelas ini harus memiliki kemampuan khusus dan ga semua orang bisa. 

Kita... iya kita, berbanggalah menjadi blogger sebab kitalah orang-orang yang memiliki kemampuan khusus itu, hhee.

Maret 2021 aku dipercayai menjadi seorang ibu, dan yah... membersamai newborn tentu saja menguras waktu dan tenaga terlebih aku dan suami tidak tinggal dengan orangtua maupun mertua. Akhirnya memutuskan untuk fokus pada bayi kecil kami dan membatasi diri mengisi blog pribadi, tapi tetep tawaran job yang datang jelas diterima, hihihi.

Terbatasnya waktu luang menjadikan diri tak optimal mengikuti aktifitas grup blogger hingga sentilan dari senior menyadarkanku, "Hati-hati bahaya laten bagi blogger yang tidak mau upgrade ilmu."

Bahaya Laten Blogger

Selama masih ada orang-orang yang menggunakan mesin pencari google maka selama itu pula blogger akan dibutuhkan. Banyak informasi yang dicari dan masih bisa digali, konten yang bermanfaat akan terus menjadi rujukan, nah masalahnya adalah kita sedang bersanding dengan teknologi.

Sebelum berbicara tentang teknologi, sadari dulu bahwa kemampuan menulis perlu dikembangkan. Content is a King. Udahlah ga zaman click bait, yang ada blog kita bakal ditinggalin saking judeknya pembaca, bahaya dong klo mereka udah titen, "wah blog ini judul sama isinya ga nyambung, udah skip aja", waduh.

Sesuaikan gaya bahasa dengan target pembaca, perbanyak asupan informasi berkualitas agar tulisan kita pun berkelas.

Nih yang rada ngeri-ngeri sedap juga, teknologi yang terus berkembang tentu perlu dipelajari, kalau abai ya siap-siap aja tertinggal. Boleh aja sih ga mendalami logaritma google tapi setidaknya paham dong gimana caranya biar tulisan kita keindex google. Kan ga seru udah nulis panjang plus buat infografis yang warna-warni eh ga muncul di google, gagal deh menebar manfaat kepada lebih banyak orang.

Ada yang berkelit, ahh buat apa belajar toh sekarang jobnya ngalir terus.

Hhee, iya itu suara ego aku sendiri, wkwkwkwk.

Siapa yang bisa jamin? pasti client juga maunya blogger yang berkualitas dong ya. Siap-siap aja tersingkir kalau masih keukeuh ga mau upgrade diri.

Refleksi Blogger di Bulan Oktober

Nah, akhirnya terketuklah pintu hatiku. Sekarang bayi kecil udah tujuh bulan, mulai teratur jadwal tidurnya jadi lebih mudah bagi waktu untuk memulai apa yang tertinggl.

Di Hari Blogger Nasional ini aku sadar diri bahwa jika ingin tetap berada dan eksis menjadi blogger maka sudah seharusnya kembali mengumpulkan semangat untuk bangkit. Mulai mengoptimalkan diri, rajin buat artikel lagi, cari peluang di banyak tempat, belajar dari banyak senior, dan aktif di grup komunitas.

Baru juga niat nih ya, eh Allah kasih hadiah loh. Iya, jadi di bulan ini ada banyak client  yang tertarik dengan blog aku, duh kan malu ya klo blognya jarang posting. Terus dua hari lalu terima job dari luar negeri dengan bayaran dollar, wuhuuu, alhamdulillah, ga nyangka banget.

Semua ini semakin buat aku semangat, salah satu bentuk syukur kan mengoptimalkan anggota badan untuk melakukan hal yang bermanfaat, berarti harus rajin posting. Doakan daku istiqomah ya teamn-teman.

Kendala Blogger

Sejujurnya wajar sih setiap aktifitas ada halangan dan rintangan yang harus dihadapi, nah salah satu kendala yang paling buat aku jengkel itu klo lagi semangatnya buat nulis eh sinyal timbul tenggelam, hufftt ngancurin mood banget dah.

Kalau ga pas hujan eh buka chrome aja loading, heemmmm berasa pengen ambil selimut terus tiduuur. Dah lah mbuh, hhhaa.

Nah, buat temen-temen yang mengalami kendala yang sama coba deh pake Smartfren, di aku bagus sinyalnya alhamdulillah bisa buat blogging. Jadi klo kalian udah punya kartu Smartfren jangan lupa download aplikasi MySmartfren di Play Store atau App Store, aplikasi itu gunanya buat mudahin kita kalau semisal mau beli pulsa atau memperpanjang paket data.

SmartPoin Mystery Box

program-mystery-box-oktoberhadiah
Berita baiknya, di aplikasi MySF ini setiap kita melakukan transaksi pembelian paket apa saja bisa dapet SmartPoin loh. Nah SmartPoin yang terkumpul bisa kita tukarkan dengan beragam hadiah, sok kamu mau apa?

Tenaaang, masih ada waktu sampai 31 Oktober 2021, bisa nih manfaatin waktu buat terus nambah SmartPoin, selain melakukan transaksi cara lain untuk ngumpulin SmartPOin juga bisa dengan bermain game Scratch2Win dan berlangganan POWER UP.

Tunggu apa lagi, yuk kumpulin SmartPoinnya dan tukarkan dengan hadiah impianmu.

Gimana, bahagia kan aku kasih tahu informasi menarik ini? nanti klo dapat hadiah bisa kali bagi dua, hhaa, bercanda kok. Makasih ya udah mau dengerin sedikit cerita aku tentang refleksi blogger di bulan Oktober, semoga bisa menularkan semangat buat temen-temen. Salam untuk semua blogger hebat di dunia.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar