Nutrisi adalah Modal Penting Tumbuh Kembang Anak

9 komentar

Semenjak menjadi ibu aku suka parno sendiri nih, banyak ketakutan yang menyangkut tumbuh kembang Klausa. Apalagi masuk usia MPAsi bobotnya seret, sebulan ini malah ga naik. Duh, panik dong, gimana ya ini, aku kudu piye mak?

Alhamdulillah kemarin Kamis, 14 Oktober 2021 dikasih kesempatan untuk belajar banyak dalam acara Peluncuran Pediasure Formula Baru: Dukung Pertumbuhan Nyata Anak Indonesia. Paparan dari dr, Cut Nurul Hafifah, SpA (K) sebagai Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik menjawab semua kegundahanku. Materinya bermanfaat banget nih, untuk itu aku coba rangkum ya agar ibu-ibu di luar sana ga merasa bingung lagi dan tidak salah langkah dalam membersamai tumbuh kembang si kecil.

launching-pediasure-formula-baru

Nutrisi adalah Modal Penting Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh Kembang anak dimulai sejak ia masih dalam rahim, makanan yang ibu makan akan berpengaruh terhadap janin karena itu penting sekali untuk memperhatikan asupan gizi selama kehamilan berlangsung. Setelah ia lahir, nutrisi dari Asi dan MPAsi juga tidak boleh diabaikan. Bahaya mengancam jika nutrisi yang dibutuhkan janin dan anak tidak tercukupi.

Perkembangan otak akan terhambat dan jika berkelanjutan akan mempengaruhi kemampuan kognitif, pendidikan dan kebudayaannya. Ketika si kecil sudah masuk sekolah maka ia akan sulit beradaptasi dengan pelajaran sehingga pendidikannya rendah dan di masa depan bisa saja penghasilannya pun rendah akibat kemampuannya yang terbatas.

Efek yang lain kekurangan nutrisi akan sangat menghambat pertumbuhan otot & tulang, berat badan & tinggi badan juga komposisi tubuh yang nantinya bisa mempengaruhi kekebalan tubuh, gerak dan kemampuan kerjanya. Bukti kegagalan ini bisa mengakibatkan infeksi dan stunting.

Selain itu penyakit berbahaya seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, hipertensi/stroke, kanker, demensia, dll mengancam si kecil di masa depan.

Nutrisi Seimbang pada MPAsi

Nah, sewaktu mendengarkan materi ini aku dengerinnya khitmad banget, ga mau ketinggalan informasi penting soalnya pas banget nih sama usia Klausa yang baru aja masuk icip-icip MPAsi.

MPAsi diberikan ketika anak berusia 6 bulan, kenapa? Karena Asi sudah tidak mencukupi lagi kebutuhan nutrisi bayi. 

Lalu apa saja isi mangkok MPAsi?

1. Karbohidrat, contohnya beras, ubi, kentang, singkong

2. Protein Hewani, seperti daging sapi, ayam, ikan dan juga telur

3. Lemak baik yaitu minyak dari ayam dan santan yang diperas sendiri

4. Sayur dan Buah

Oh ya, Asi tetap diberikan ya sampai anak usia dua tahun atau lebih. Selain itu ada nih beberapa catatan penting yang harus digaris bawahi :

1. Protein hewani lebih disarankan karena lebih mudah dicerna oleh tubuh dibanding dengan protein nabati.

2. Mengonsumsi telur 1 butir tiap hari selama enam bulan menurunkan stunting pada anak usia 6-9 bulan sebanyak 47%

Undernutrition atau kekurangan nutrisi dapat mengancam tumbuh kembang si kecil, Abbott memahami kekhawatiran para orangtua dan berkomitmen untuk membantu dengan terus berinovasi meluncurkan produk-produk terbaik salah satunya Pediasure Baru dengan kandungan Arginin dan Vitamin K2.

Pediasure New Formula Dukung Visible Growth dan Pertumbuhan Optimal Anak

Permasalahan tumbuh kembang anak tak bisa dianggap sepele karena merekalah nantinya yang akan memimpin bangsa ini. Kesadaran ini membuat Abbott berusaha menyediakan berbagai sumber informasi dan penunjang tak hanya untuk orangtua saja namun juga bagi guru dan penyedia jasa kesehatan, diantaranya:

1. GrowthPedia, merupakan alat pengukur tinggi badan yang dilengkapi dengan saran nutrisi online sehingga orangtua bisa mengidentifikasi resiko masalah tumbuh kembang anak dan mendorong intervensi nutrisi sejak dini.

2. Rangkaian webinar yang bisa diikuti oleh umum dan bertujuan untuk mengedukasi lebih dari 10 ribu orangtua dan guru sekolah. Selain itu ad juga penyediaan alat ukur dan informasi untuk membantu anak-anak mencapai potensi pertumbuhan mereka.

3. Pelatihan online bagi tanaga kesehatan agar dapat mengenali tanda-tanda malnutrisi dan melakukan tindakan intervensi melalui nutri dan pemantauan yang cukup dan teratur.

Komitmen Abbott untuk senantiasa berusaha mengoptimalkan pertumbuhan anak diwujudkan melalui PediaSure New Formula dengan Arginin dan Vitamin K2  merupakan dua nutrisi yang terbukti secara klinis untuk lebih jauh mendukung pertumbuhan tulang yang lebih panjang dan kuat. Selain itu juga diperkaya dengan triple protein complex, tinggi kalsium dan 14 vitamin & 9 mineral, AA dan DHA.

Kandungan PediaSure New Formula ternyata lebih lengkap ya dari sebelumnya, ini bisa menjadi pilihan ketika si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda kekurangan gizi. Tak ada kompromi untuk tumbuh kembang anak, yuk Ayah Bunda berikan yang terbaik untuk buah hati.

pediasure-dengan-arginin-dan-vit-k

Hampers Menarik dari Pediasure

Kaget banget dong waktu ada Kang Paket bawa bingkisan dari Pediasure, waaahhh cantik sekali packagingnya. Isinya banyak lagi, ada susu pediasure, painting kit sama papan rencana makan si kecil.

Uhhh, sweet banget dah. Ga sabar nunggu Klausa besar biar bisa main cet, hhee.

Terus belajar agar kelak tak menjadi orangtua yang menyesal. Semoga bermafaat ya. Salam semangat.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

9 komentar

  1. waahh, emang ngurus anak itu hafus punya dasar ilmunya. jgn mempertaruhkan masa depan anak.

    BalasHapus
  2. Nah iya. Pediasure ini bisa bantu tumbuh kembang optimal bayi ya mba. Saya sendiri dapat info dari teman kalau pediasure ini bagus

    BalasHapus
  3. Anakku udah setahun lebih. Makannya semangat.... Alhamdulillah...

    BalasHapus
  4. Susunya adekku dlu pediasure hihii, mantep emang

    BalasHapus
  5. wah anakku sekarang pakai ini, hihi.. emang lebih padat nutrisinya ya

    BalasHapus
  6. Bisa buat perbaikan gizi orang dewasa ngga Ci?

    BalasHapus
  7. Anakku yang pertama juga kuberikan PediaSure ini krn sempat aku perhatikan dia susah makan, apalagi ketika pas adiknya lahir. Walau begitu aku masih terus berusaha mendampinginya makan bdan memilihkan makanan kesukaannya.

    BalasHapus
  8. Dulu aku juga sempat salah kaprah dengan MPASI 4 bintang lah, padahal menu lengkap yang benar dan protein hewani yang paling utama. Sejak itu, sekarang aku selalu concern sama protein hewani.

    BalasHapus

Posting Komentar