Ini Loh Syarat Donor Darah

Posting Komentar

 Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, inilah yang menjadi dasar kenapa aku hobi sekali donor darah. Ada kebahagiaan tak terlukiskan ketika melihat kantong penuh dengan darah kita, dan ya oleh-oleh dari PMI juga, hhaa lumayan kan dapet camilan.

Dulu sekali, masih ingat betul, bulan desember tahun 2010 aku terkena demam berdarah yang mengharuskan untuk tranfusi trombosit tapi karena sulit didapat akhirnya ditambah dengan tranfusi darah. Sungguh, entah darah orang baik mana yang sampai saat ini mengalir dalam tubuhku semoga kebaikan selalu tercurah kepada pendonor. Menjadi penerima donor menggugah nurani untuk melakukan kebaikan ini, ternyata banyak sekali yang membutuhkan dan tak jarang PMI kehabisan stok.

Keberhasilan pertama donor justru membuatku candu, mitos tentang kenaikan badan tak terbukti benar bahkan membuat badan lebih sehat dan bugar. Tapi etapi, akhirnya aku ditolak donor oleh PMI, sakiiiiit. Alasannya karena hemoglobinku tidak memenuhi syarat. Hemoglobin cuma salah satu syarat saja loh, berikut ini syarat yang harus dipenuhi pendonor sebelum melakukan pengambilan darah.

Syarat Donor Darah

apa-saja-syarat-donor-darah
Dikutip dari web resmi PMI inilah syarat untuk menjadi pendonor :
1. Sehat jasmani dan rohani
2. Usia 17-65 tahun
3. Minimal berat badan 45kg
4. Tekanan darah :
    - sistole 100 - 170
    - diastole 70 - 100
5. Kadar hemoglobin 12,5 mg/dL  sampai dengan 17,0 mg/dL
6. Interval donor minimal 12 minggu/ 3 bulan (maksimal 5 kali dalam 1 tahun)

Nah, aku sudah memenuhi kelima syarat di atas, kurang satupun ga boleh. Kadar hemoglobinku rendah, cuma 10mg/dL . Ga mau sakit hati lagi akhirnya cari-cari dong apa sih yang bisa naikin hemoglobin, taraaa...

Cara Meningkatkan Hemoglobin

Hemoglobin (Hb) adalah komponen dalam sel darah merah untuk menghantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Hb optimal berkisar 12-13 mg/dL tergantung dari jenis kelamin dan usia. Sebelum meningkatkan Hb, kita cari tahu dulu kenapa kok bisa rendah, penyebabnya yaitu :
1. Kekurangan zat besi
2. Kekurangan Vit B12, Vit C
3. kekurangan asam folat

Gejala yang dirasakan ketika Hb kita rendah ialah :
1. Pusing
2. Mudah lelah
3. Tidak bersemangat
4. Pucat
5. Denyut jantung lemah (jika memberat)

Cara meningkatkan Hb :
1. Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan asam folat juga kaya akan zat besi. Bayam bisa menjadi salah satu rekomendasi nih soalnya merupakan sumber nabati dari zat besi, buah beet dan apel juga masuk rekomendasi.
2. Mengkonsumsi sumber hewani yang kaya akan zat besi seperti hati ayam dan daging merah, pastikan untuk diolah terlebih dahulu.
3. Mengkonsumsi gandum yang kaya akan zat besi dan kacang-kacangan yang kaya akan asam folat dan vitamin B12. Tomat yang mengandung vitamin c dapat membantu penyerapan zat besi.

Wah, kayaknya saran di atas enak semua ya, hhe. Eittss, ada lagi nih tips tambahan bias Hb bisa meningkat :
1. Istirahat cukup untuk meningkatkan metabolisme tubuh supaya penyerapan nutrisi dan mineral berjalan optimal.
2. Kurangi konsumsi alkohol, rokok dan teh karena bisa mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Bener banget sih ini, adik aku aja sampe diet teh dan akhirnya lolos pas dicek Hb nya, yeee bahagia pokoknya bisa donor darah itu. Apalagi sekarang sering banget dapet broadcast dari teman-teman yang meminta bantuan donor darah/plasma darah untuk saudaranya yang positif covid-19. Tiap hari ada aja permintaan jadi khawatir mereka dapet ga ya, tersedia ga ya di PMI.

Alhamdulillah seneng banget pas tahu kalau ternyata Smartfren Community menggandeng Blood4LifeID ngadain program untuk meningkatkan jangkauan pencarian donor dan ketersediaan darah/plasma darah di Indonesia. Tahu dong ya Smartfren Community punya banyak anggota di lebih dari 100 kota di Indonesia, kebayang ga sih berapa banyak kantong darah/plasma darah yang bisa didapat, semoga ini membantu dalam penanganan covid-19.
Baiknya lagi nih, Smartfren akan memberikan dukungan tambahan berupa kartu perdana GOKIL MAX serta paket data kepada seluruh relawan Blood4Life Indonesia, wah ini ngebantu banget buat saling berkoordinasi ya.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan bahwa Gerakan sosial Smartfren Community dengan Blood for Life Indonesia ini merupakan bagian dari semangat kokreasi untuk sama-sama mewujudkan indonesia yang lebih baik. Dengan bergerak bersama-sama seperti ini, kami yakin akan bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Menurut Valencia M. Randa, Founder Blood4LifeID, dukungan dari Smartfren sangat membantu pergerakan Blood4Life yang selama ini kebanyakan dilakukan secara online melalui media sosial juga website. 

smartfren-gokil-max-blood4life-lakukan-aksi-donor-darah

Wow, gokil banget, kerjasama yang epic untuk Indonesia. Kalau kamu gimana nih, udah donor? pastikan dulu untuk memenuhi semua persyaratannya ya. 

Semangat berbagi semangat memberi arti.


Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar