Langkah-langkah yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Genset

Posting Komentar

 Genset atau alat yang memiliki kepanjangan “Generator Set” ialah alat pembuat listrik yang umumnya digunakan di wilayah pedalaman yang belum terjangkau oleh PLN. Tetapi, karena fungsi asal genset yg sangat krusial dimana genset sendiri tidak hanya digunakan menjadi sumber listrik alat penerangan, namun dijadikan menjadi sumber energi listrik yang bisa digunakan untuk banyak macam keperluan dan juga kegiatan yang membutuhkan sumber daya listrik buat sebuah rumah, perusahaan, toko, mall serta sebagainya. Maka, tidak heran jika mesin ini menjadi mesin wajib yang harus dimiliki sebuah perusahaan, karena waktu listrik padam, maka aktivitas akan terganggu, seperti proses kegiatan produksi, proses jual beli, proses perkantoran dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda sedang membutuhkan genset, maka Anda wajib  tahu hal-hal krusial seperti apa yang harus diperhatikan dalam menentukan genset yang sinkron dengan kebutuhan salah satunya dengan menggunakan Test Load Genset melalui Layanan sewatama sehingga Anda dapat memperoleh genset yang berkualitas. Berikut ini merupakan beberapa tips krusial cara menentukan genset yang baik yang dibutuhkan sehingga memudahkan Anda dalam membeli genset yang pas dan berkualitas.

Mencari Genset Sesuai dengan Kebutuhan Daya Listrik yang Digunakan.

Hal pertama yang harus kita perhatikan ketika akan membeli genset adalah pastikan kita sudah mengetahui berapa besar daya listrik yang kita gunakan. Karena jangan sampai kita membeli genset yang memiliki daya listrik yang lebih rendah dari jumlah daya listrik yang kita gunakan. Idealnya daya listrik genset harus lebih besar 30% dari total daya listrik kebutuhan kita. Mengapa harus ada daya listrik yang lebih besar? Pertama, menghindari jika terjadi kesalahan perhitungan pemakaian daya listrik kita yang bisa mengakibatkan genset tidak berfungsi dengan maksimal. Yang kedua, untuk persiapan jika nantinya kita menambah penggunaan alat listrik yang berefek terhadap peningkatan daya listrik yang kita gunakan.

Hitung Kebutuhan Daya Listrik

Setelah tips pertama telah kita lakukan, tips kedua pastikan bahwa dasar hitungan daya listrik bukanlah yang tertera persis seperti yang terpasang di rumah Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kita harus mempersiapkan apabila kedepannya terjadi hal-hal darurat yang berkaitan dengan kebutuhan mesin.

Pilih Bahan Bakar yang Sesuai

Demi mempermudah pengoperasian genset Anda nantinya, usahakan dalam membeli genset baru, Anda perhatikan bahan bakar yang akan Anda gunakan. Tentu saja yang diharapkan adalah bahan bakar yang mudah ditemukan dan sangat terjangkau.

Saat ini, ada beberapa tipe genset yang menggunakan bahan bakar yang berbeda-beda. Ada genset yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, dan gas. Nah, seandainya genset Anda adalah genset yang bisa menggunakan bahan bakar yang mudah tentu itu lebih baik karena akan mempermudah kinerja Anda dalam mengoperasikan genset.

Penulis sangat menyarankan sebelum anda membeli genset sebaiknya melakukan Test Load Genset melalui Layanan sewatama tidak hanya tips sebelum membeli, layanan ini juga bisa digunakan untuk anda yang berminat ingin menyewa genset di PT Sewatama.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email