Mitos Seputar Kehamilan


Menyandang status baru sebagai istri tentu sangat membahagiakan, sempurnanya separuh agama menjadi hadiah luar biasa bagi kaum muslimin yang meyakini kebenaran hadist Nabi Muhammad SAW. Belum lagi janji-janji manis dari Allah SWT tentang rezeki, ketenangan hati juga ketentraman jiwa bagi pasangan suami istri, sungguh Dia lah sebaik-baik yang menepati janji.

Selain itu, siap menjadi istri tentu siap
menjadi seorang ibu, malaikat tak bersayap yang diamanahi untuk membimbing putra-putri menjadi generasi penerus. Akan banyak pengalaman menakjubkan ke depannya, namun tak perlu khawatir karena kita diberi akal untuk berfikir dan waktu untuk menuntut ilmu.

Nah, menjalani proses kehamilan adalah hal yang paling ditunggu calon ibu, seakan kembali menjadi ratu yang berlimpah kasih sayang dari suami dan juga keluarga besar. Sayangnya, perhatian mereka yang luar biasa terkadang justru membuat panik calon ibu. Tak perlu menolak segala nasehat mereka yang nantinya akan melukai hati, kita bisa mengimbangi dengan berburu informasi seputar pantangan ibu hamil atau penjelasan medis dan ilmiah tentang kehamilan dengan konsultasi ke dokter.

Ternyata memang banyak hal yang belum tentu benar namun sudah tersebar luas di masyarakat kita, berikut beberapa mitos yang sering kita jumpai seputar kehamilan;

1. Buah Nanas dapat menggugurkan kandungan,
nanas justru memiliki kandungan prostaglandin yang bermanfaat mencegah tumbuhnya sel kanker serta radang pada anggota tubuh untuk mencegah terjadinya infeksi.

2. Buah Durian bahaya untuk janin.
Beberapa orang memiliki rasa sensitif ketika mencium aroma durian yang bisa menimbulkan rasa mual. Jika ibu hamil mual dan muntah dalam jumlah yang besar tentu mengurangi asupan nutrisi untuk janin.

3. Mau rambut bayi lebat, minum air kelapa.
Menurut ilmu kedokteran lebatnya rambut bayi merupakan keturunan genetik dan tidak ada hubungannya dengan makanan tertentu.

4. Menghilangkan mual dengan mangga muda.
Sifat mangga muda yang asam justru akan menyebabkan iritasi lambung. Rasa mual bisa dihilangkan dengan mengonsumsi biskuit kaya serat, buah segar atau sayuran yang dikukus.

5. Air es bikin gemuk
Air es tidak menggemukkan, tetapi jika ibu hamil sering minum minuman ringan, sirup dan mengkonsumsi minuman dengan kandungan sakarin tinggi, maka kandungan gula sintesis tersebutlah yang menghasilkan kalori yang menyebabkan asupan harian berlebih sehingga ibu menjadi gemuk.

Segala yang berlebihan tentu tidak baik, namun jangan sampai membatasi asupan nutrisi tanpa ada bimbingan dari dokter ya moms. Tumbuh kembang janin harus mendapat perhatian lebih agar nanti lahir bayi yang sehat dan memudahkan persalinan kelak.

Selain mitos di atas ada juga hal-hal berbau ghaib, seperti;

1. Tidak boleh memotong rambut ketika hamil
2. Dilarang melilitkan kain di leher (ini maksudnya pake syal atau gimana ya?😐)
3. Baca surat Yusuf agar anaknya ganteng atau surat Maryam agar putrinya cantik

Masih banyak lagi lainnya, ibu hamil tak perlu buru-buru panik, segala yang tidak berdasar pada tuntunan Allah dan RasulNya apalagi tidak bisa dibuktikan secara ilmiah oleh kedokteran maka itu mitos. Lebih baik kita terus berdoa, meminta perlindungan dari segala keburukan juga jangan lupa konsultasikan kehamilan kepada dokter kandungan secara berkala. Mempersiapkan segalanya sebagai usaha menyambut buah hati tercinta.

Teruntuk ibu hamil dimanapun berada, tetap semangat menggali informasi ya, sehat selalu moms, semoga lancar hingga persalinan dan dianugerahi anak yang sholeh dan sholehah, aamiin.

-------

Artikel ini ditulis untuk menambah wawasan, selamat membaca semoga bermanfaat.

Sumber gambar : pinterest

18 comments:

  1. Banyak sekali mitos seputar kehamilan yang belum tentu benar ya. Dulu waktu hamil, aku juga kadang terpengaruh dengan mitos2 tsb, kalau sekarang diingat-ingat sih lucu jadinya hehe.

    ReplyDelete
  2. Wah keren nih penjelasan yang memakai nalar dan ilmu pengetahuan sehingga masuk di akal. Mitos seputar kehamilan memang bikin takut, takut kenapa-kenapa sama bayi nya

    ReplyDelete
  3. Iya, kita tdk perlu terlalu percaya dgn mitos itu.
    Tawakkal dan berserah diri selalu pada Allah ta'ala.
    itu kunci kehamilan yang lancar

    ReplyDelete
  4. Waktu saya hamil anak pertama, pernah bertanya ke dsog tentang makanan yang dilarang. Dokternya cuma bilang, selama saya gak ada alergi makanan tertentu, makan apa aja boleh asalkan gak berlebihan.

    ReplyDelete
  5. Aku dulu cuma dipesen dokter nggak boleh makan durian & es teh. Mungkin es teh tu bukan karena karena esnya kali ya, lebih karena gulanya. Tapi karena takut salah salah atau disalahin, ya udah nggak minum es teh aja :)

    ReplyDelete
  6. Semua mitos kehamilan yang disebutkan diatas emang dipercaya sebgaian masyarakat kita mbak.Aku gk terllau percaya sama mitos begitu mbak

    ReplyDelete
  7. Kebanyakan ibu hamil senang mangga muda untuk menghilangkan rasa mual. Pertamanya memang seger sih, tapi setelahnya jadi sakit lambungnya. Karena sifatnya asam sih ya...

    ReplyDelete
  8. Kadang orang tua kita yang masih mempercayai mitos-mitos ini ya mbak. Makan nanas tidak boleh, makan durian tidak boleh, minum es juga tidak boleh. Kalau kita menentang kadang ibu kita yang mati2an melarang sampai berantem....ingat jaman saya hamil dulu hehehe..... terimakasih informasinya ya mbak.

    ReplyDelete
  9. iya sih banyak banget mitos seputar orang yang lagi hamil sampai-sampai banyak banget yang harus dihindari akhirnya. btw, air kelapa kalo nggak salah bukan untuk rambut tebal tapi biar kulitnya bersih katanya.

    ReplyDelete
  10. Iya masih bahyak banget mitos yang beredar , yang paling kebceng yaitu harus pakai peniti dan bangle di baju bayi atau baju pas di perut bumil biar ga digangguin syetan. Kalau saya waktu hamil ya karena cuek jadi ga diterapin sih hehe.

    ReplyDelete
  11. Walaupun dianggap mitos, saat mual lalu saya mengkonsumsi mangga dan buah lainnya malah bisa masuk ke perut sementara makanan lainnya malah balik lagi muntah lagi.

    ReplyDelete
  12. Mitos mitos ini pernah saya jalankan saat kehamilan anak pertamaku dulu.. karena belum banyak pengetahuan seputar kehamilan, jadi aku ikutin deh hehe.. Alhamdulillah saat ini sudah banyak informasi tentang kehamilan yang bersumber dari para ahli, jadi mitos mitos kehamilan sudah sedikit demi sedikit berkurang

    ReplyDelete
  13. Banyak lagi nih mitos seputar kehamilan. Apalagi kalau kita tinggal di desa. Kalau aku tetap berusaha menanggapinya dg santun. Kadang komenan para tetua itu suka ngegas

    ReplyDelete
  14. Emang sih banyak mitos seputar kehamilan. Banyak yang enggak bener dan tidak terbukti, yaaa namanya juga mitos. Buat seru-seruan aja kalik yaaa... Kita nanggepinnya santuy aja kalau ada yang ngasih mitos ga jelas tersebut.

    ReplyDelete
  15. Banyak banget ya mitos-mitos seputar kehamilan. Saya waktu hamil anak pertama rajin banget minum air kelapa tapi pas anaknya lahir malah rambutnya tipis.

    ReplyDelete
  16. Aku juga masih suka banyak mendengar aneka mitos seputar kehamilan.. ada - ada aja kadang ya mba

    ReplyDelete
  17. Saya sedang hamil nih, dan memang banyak banget mitos dan tradisi dari keluarga yg sy dengar gak boleh inilah, gak boleh itulah tp aq msh berpikir rasional, baiknya aja yg diambil

    ReplyDelete
  18. Pernah banget ngerasain minum itu harus dingin. Kalo gak dingin rasanya masih ngos-ngosan hauuuss banget.
    Ini terjadi pas hamil sudah masuk 8 bulan niih...Engaaapnya, mashaAllah~

    ReplyDelete

Yuk sampaikan dengan santun :D