Hindari Flu dengan Cara Berikut

Posting Komentar
kompasiana.com
Apakah Anda sering mengalami flu atau hidung tersumbat? Atau seberapa sering Anda menjumpai orang disekitar Anda menderita flu atau hidung tersumbat? Rasanya tentu sering ya mengingat penyakit ini merupakan penyakit yang umum diderita oleh banyak orang.

Mudahnya penyakit flu menjangkit orang-orang disekitar kita disebabkan oleh penyebaran virus flu yang begitu cepatnya. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan kita hingga akhirnya virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Meski sudah ada obat untuk menangani penyakit tersebut seperti Corticosteroid Nasal Spray goapotik namun pencegahan jelas lebih baik daripada mengobati.

Untuk mencegah flu, beberapa cara berikut bisa Anda coba;

1. Hindari minum antibiotic
Saat sakit dan berkunjung ke dokter, biasanya kita akan mendapatkan serangkaian obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Tapi, tidak hanya obat saja, biasanya akan diselipkan juga antibiotic untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit. Hal inilah yang perlu diwaspadai mengingat antibiotic bisa berdampak baik bagi tubuh namun juga bisa memberikan efek yang kurang baik.

Konsumsi antibiotic bukan berarti bisa menghentikan penyebaran virus di tubuh kita. Sebab, antibiotic bekerja dengan membunuh bakteri di dalam tubuh kita. Ketika serangan virus influenza datang, maka antibiotic tidak bekerja untuk melawannya. Disisi lain, mengonsumsi antibiotic terlalu sering juga akan membuat bakteri dalam tubuh kebal hingga akhirnya antibiotic tersebut kehilangan fungsinya dikemudian hari.

2. Perbanyak konsumsi makanan
Tubuh manusia selalu membutuhkan asupan nutrisi setiap harinya. Asupan nutrisi bekerja untuk memenuhi kebutuhan gizi seseorang agar tetap bisa beraktivitas secara normal dan menjaga kesehatan tubuh. Termasuk dalam hal mencegah terjadinya penyakit flu agar tidak menyerang tubuh kita.

Memperbanyak konsumsi makanan bisa membantu tubuh agar lebih kebal terhadap berbagai penyakit. Tapi, jangan asal sembarangan makan karena makanan yang bergizilah yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mengonsumsi makanan yang bergizi bisa berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Agar terhindar dari penyakit flu, maka mengonsumsi lebih banyak makanan bisa menjadi cara yang bijak agar tubuh kita bisa lebih kuat.

Pencegahan penyakit flu dengan melakukan dua hal diatas bisa secara efektif mengatasi penyakit yang paling umum diderita tersebut. Tapi, jangan lupa juga untuk berjaga-jaga dengan mempersiapkan obat vometa tablet untuk perut kembung jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Semoga bermanfaat
Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar