5 Cara Mendeteksi Kanker Payudara, Nomor 1 Mudah Banget


Sebagai wanita, Anda wajib waspada terhadap penyakit kanker payudara, karena ia diam-diam bisa mengancam nyawa. Kebanyakan orang berobat ketika kankernya sudah stadium lanjut, sehingga mengecilkan harapan hidup. Masih takut untuk melakukan pemeriksaan pada buah dada? Ini beberapa cara mendeteksi kanker payudara.

Inilah Cara Mendeteksi Kanker Payudara, Periksa Sebelum Terlambat



1. Sadari (Periksa Payudara Sendiri)
Anda tidak harus diperiksa dokter untuk mendeteksi adanya sel kanker payudara. Pemeriksaan juga bisa dilakukan di rumah, dengan teknik sadari alias periksa payudara sendiri. Dalam kondisi tidak memakai baju dan bra, rabalah payudara dengan tangan. Periksa dengan gerakan melingkar, apakah ada benjolan di sana? Jangan lupa juga untuk mengecek daerah bawah ketiak, karena kelenjar payudara mengarah ke sana. Lihat juga bayangan di cermin, untuk memastikan bahwa tidak ada keanehan di payudara.

Sadari juga bisa dilakukan sambil berbaring, malah pemeriksaannya lebih gampang. Caranya hampir sama dengan pemeriksaan sambil duduk atau di depan cermin. Gunakan 3 jari untuk menelusuri setiap inchi dari payudara. Jangan terburu-buru, periksa dengan teliti dan tenang. Jika tidak ada yang aneh, maka Anda bisa bernapas dengan lega.

2. Cara Mendeteksi Kanker Payudara Dengan Pemeriksaan Di Klinik
Jika Anda masih belum puas dengan pemeriksaan sendiri, maka pergilah ke klinik yang memiliki praktik dokter spesialis agar bisa diperiksa. Dokter atau perawat akan melihat payudara Anda dan melihat apakah warnanya aneh (kemerahan) atau normal. Setelah itu, kulit payudara juga diperiksa dan buah dada Anda juga akan diteliti dengan rabaan seperti saat melakukan sadari di rumah.

3. Mammografi
Bagi wanita yang sudah berusia 40 tahun atau lebih, maka cara mendeteksi kanker payudara juga bisa melalui mammografi. Pemeriksaan ini ampuh untuk mendeteksi apakah ada sel kanker payudara yang ada di tubuh atau tidak. Saat mammografi, maka akan menggunakan sinar X untuk melihat hasilnya. Mammografi ampuh untuk mengetahui adanya benjolan kanker yang tidak dapat diraba lewat sadari, karena ukurannya yang masih terlalu kecil.

4. USG Payudara
Pemeriksaan dengan gelombang suara ultra sono grafi atau USG tidak hanya bisa dilakukan pada kandungan, tapi juga payudara. Carilah Rumah Sakit besar yang bisa melakukan USG pada buah dada, jika Anda merasakan ada sesuatu yang salah pada payudara. Setelah USG akan ada cetakan kertas yang memperlihatkan kondisi bagian dalam pada buah dada. Jadi ketika ada sel kanker, dokter akan cepat-cepat memberi solusi, harus dilakukan kemoterapi atau segera dioperasi.

5. Biopsi
Biopsi adalah cara mendeteksi kanker payudarayang dilakukan di dalam laboratorium. Caranya, sebagian kecil jaringan pada buah dada akan disayat, lalu diteliti di bawah lensa mikroskop. Laboran akan melihat apakah ada sel kanker yang mencurigakan lalu hasilnya akan dibaca oleh dokter spesialis.

Jangan takut saat akan melakukan biopsi karena bekas sayatan akan tersembunyi di balik jahitan dokter yang rapi. Lebih baik Anda mengetahui sejak dini apakah di buah dada ada sel kanker yang ganas, atau keadaannya sehat-sehat saja. Dokter akan merekomendasikan klinik yang terpercaya yang bisa melakukan observasi biopsi dengan teliti.

Ada beberapa cara mendeteksi kanker payudara  di antaranya dengan pemeriksaan di rumah maupun di Rumah Sakit atau klinik. Buah dada bisa diteliti keadaannya dengan mammografi, USG, atau biopsi. Jika Anda sudah berusia di atas 40 tahun, maka usahakan untuk melakukan mammografi setidaknya sekali setahun, karena lebih beresiko terkena kanker payudara. Dari beberapa cara deteksi kanker di atas, mana yang sudah Anda lakukan?

Berikut penjelasan mengenai cara mendeteksi kanker payudara, untuk info lebih lanjut coba kunjungi https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/ agar pemahaman kalian tentang kanker payudara pertambah.


Selamat membaca, semoga artikel ini bermanfaat yah.

No comments:

Post a Comment

Yuk sampaikan dengan santun :D