apa

Jangan Lupain Proses

Setiap harinya ada saja kabar baik dari teman tentang kesuksesan mereka, lolos lomba menulis tingkat nasional, bisnis yang laris, nilai ujian memuaskan, diterima kerja di perusahaan idaman dan banyak hal lainnya. Senang? Tentu saja.

Keberhasilan sebenarnya terlalu sempit jika melulu soal yang saya sebutkan di atas, masih banyak hal yang bisa dikategorikan sebagai sebuah keberhasilan,misal : Menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, lolos segala rangkaian tes untuk dapat donor darah, disiplin menjalankan jadwal yang telah di susun, dan hal-hal kecil yang untuk mencapainya juga butuh perjuangan.

Ada yang perlu digaris bawahi tentang keberhasilan, iya, perjuangan atau bisa juga disebut proses. Banyak yang lupa bahwa proses yang kita jalani untuk mencapai apa yang kita impikan adalah hal yang perlu kita takhlukan setelah rasa malas untuk mulai melangkah berhasil diselesaikan.

Contohnya gini,
menaikkan berat badan. Saya punya teman yang berputus asa karena dia merasa usahanya untuk menaikkan berat badan tidak membuahkan hasil, padahal belum ada satu bulan dia minum jamu penambah nafsu makan.  Menyerah ketika berproses. Lalu, ada juga yang menyerah sebab bosan jika setiap malam harus rutin mengoleskan baby oil agar telapak kakinya mulus kembali dari pecah-pecah. Nah lo, kaki mulus yang akhirnya pecah-pecah kan ga sebulan dua bulan hingga akhirnya pecah-pecah? Pastilah berbulan-bulan, kita aja yang ga sadar karena tak kasat mata awalnya, jadi ga fair dong kalau mau balik seperti semula hanya dalam hitungan hari?

Yah, ini sebenarnya saya banget, hhoo. Baiklah, menasehati diri sendiri kadang memang harus sering dilakukan agar tak mudah putus asa jika hasil yang dicapai belum sesuai harapan. Sebenarnya tulisan ini tercipta sebab ada target yang hendak saya lampaui, dan karena butuh semangat lebih maka dari itu sejak awal harus yakin bahwa proses yang dijalani pasti ga semudah khayalan.

Selamat pagi kawan, tetap semangat :)

No comments:

Post a Comment

Yuk sampaikan dengan santun :D

Raya

Bagiku Indonesia tak ubahnya jalan raya Banyak kendaraan dengan warna, bentuk serta corak yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama Ba...