Jadi Mamah

Libur telah tiba... libur telah tiba... hatiku gembira... yeay...

Sejujurnya yang membuat bahagia adalah ketika hari libur dan ga punya janji yang harus ditepati. Me time. Bener-bener me time. Iya serius di rumah sendiri.

Maka iseng aku mencoba untuk jadi mamah. Maksudnya melakukan apa yang biasa mamah lakukan.

Bangun usai subuh biasanya mamah mulai ngecek kesiapan untuk sarapan. Masak nasi terutama, kan waktunya paling lama tuh. Eh, ini dua tempat rice cooker kotor. Kalau udah gitu mamah bakal masak di kompor. Tapi aku males, hhaa.

Sarapan pagi ini pakai roti tawar dikasih susu coklat sama parutan keju, ga usah dibakar keburu adik sama bapak pergi. Bukan gaya sok sarapan sehat sih apalagi ala bule jujur aja yah namanya perut indonesia kalau belum kesentuh nasi ya belum kenyang, hhii.

Udah rumah hening, mamah mulai cuci baju, tenang bapakku yang diam-diam cinta sama mamah udah sediain mesin cuci, ciyee ga ngucek-ngucek lagi deh. Karena pake mesin jadi bisa ditinggal buat ngerjain yang lain. Kalau mamah biasa nyapu aku balik ke gadget, wkwkwk.

Mamah itu kalau nyapu lamaaaa... aku hitungan detik aja kelar. Bedanya apa? Yang tampak dan sering dilewati saja yang kusapu, hhii.

Eh entah mesin cucinya yang magic atau gadgetku yang ajaib, tetiba udah selesai aja nyucinya. Yah merasa terpanggil buat njemurin, mungkin masih pagi biar nanti siangan kering.

Cuci baju ke dua, tenang bukan pemakaian baju yang boros, kemarin ga ada orang di rumah jadi ga ada yang nyuci baju.

Aku mulai sadar, ini kalau dikit-dikit pegang gadget yang ada sampe sore ga beres kerjaan. Maka aku selimuti benda tersayang itu tak lupa mengubahnya agar tak berisik. Damai.

Sembari mesin cuci baju bekerja aku menyelesaikan cucian piring yang menggunung, iyuh, hhaa. Udah dibilangin kemarin ga ada orang di rumah pake protes lagi, wkwkwk.

Cucian piring selesai hampir bersamaan dengan tanda mesin cuci baju juga usai. Njemurin lagi.

Beres. Beres. Dua pekerjaan paling berat, yuhuuu.

Mau masak nasi, eh berasnya abis. Mau ke warung belum mandi, duh kan ga cantik tapi laper. Galau deh.

Hhaa... aku tetep mandi dulu dong sebelum keluar rumah meski cuma lima langkah.

Taraaa.... percaya deh, waktu yang berlalu dengan mengesampingkan gadget terasa lebih bermanfaat. Lalu tetiba saya seperti kesindir omongan sendiri, hhaa.

Nasi kelar. Lauknya apa? Tinggal goreng aja apa yang ada. Untuk hari ini libur dulu makan sayurnya yah. Sehari doang. Ga papa mah makan goreng-gorengan, hhii.

Nyatanya nasi mateng toh ga segera aku makan... ada kasur menggoda dan gadget yang membuai mata untuk dibersamai.

Kesimpulan tulisan ini adalah.... ada sesuatu yang menciptakan kekuatan dimana setiap ibu rumah tangga mampu melakukan pekerjaan yang tiada habisnya dan berulang setiap hari.

Mamah, cepet pulang, Ani laper.

Lalu selintas teringat seorang guru berujar, "Anak muda jangan sombong kamu, jangan mentang-mentang ngaji, nasehatin orang tua pakai dalil. Apa kamu lupa, baju yang yah mungkin kamu beli pakai uangmu, apa juga kau cuci sendiri? Kau setrika sendiri? Hidangan yang kau santap usai lelah mengaji apa kau masak sendiri? Lalu ketika Allah berikan luang untuk menuntut ilmu dien, kau lupa dan melampaui batas."

Banyak yang terlewat dari rutinitas mamah sebenarnya. Bagaimana beliau rajin menyirami agar tanaman cabenya tidak kering, membalik baju agar warnanya tak pudar sebelah, mengaduk nasi yang masak agar tak kering, dan aku menyerah untuk menyebutkannya satu persatu.

Cepet pulang ya Mah... itu ayam sama kucing ga dateng kalau mamah ga di rumah 😊

Sekian. Saya mau bobok siang.



Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar