Ayam - Hewan yang pandai Balas Budi



BAB I
Ayam petelur komersil ditetaskan menggunakan mesin, setelah menetas pun akan dirawat dengan peralatan mesin sehingga tidak ada lagi perlindungan dari induk ayam seperti ayam-ayam yang biasa dipelihara bebas di rumah. Untuk itu semua maka kita harus benar-benar mempersiapkan segalanya dengan baik dan benar. Sesuai dengan kondisi jika ayam berada dalam perlindungan induk.
Masa paling rawan adalah hari-hari awal setelah ayam menetas, kondisi di luar cangkang sangat berbeda dan tidak bias diprediksi. Ayam petelur minimal harus bertahan 80 minggu dengan tingkat produktivitas diatas 90% pada puncak produksi di umur 24 minggu – 41 minggu. Untuk mencapai itu perlu persiapan sejak awal pertumbuhan. Intinya berat badan harus mencapai standard agar system reproduksi ayam siap saat ayam akan mulai bertelur di umur 17/18 minggu.
Itu berarti persiapan dilakukan selama 17 minggu, selama waktu tersebut dibagi menjadi 3 tahap perawatan, yaitu :
1.    Persiapan kandang sebelum kedatangan ayam
2.    Pemeliharaan saat ayam datang hingga umur 5 minggu
3.    Perawatan ayam di umur 5 minggu sampai umur 13 minggu (pullet)

Berikut kita akan membahas 3 tahap perawatan lebih mendalam :
A.    Pada tahap pertama, persiapan kandang  sebelum ayam datang.
Kandang harus dipastikan benar akan kebersihannya. DOC atau ayam umur satu hari sangat rentan terhadap virus dan bakteri. Oleh sebab itu berikut tahapan pembersihan kandang :
-      Kandang yang telah dikosongkan yang berati juga bahwa ayam telah naik ke kandang dengan tingkat lebih tinggi harus segera dipersihkan. Kotoran yang menempel pada lantai harus di ambili dengan lantai benar-benar bersih kembali.
-      Lakukan penyemprotan menggunakan formalin untuk membunuh virus dan bakteri yang ditinggalkan.
-      Tutup kandang jika tidak akan digunakan.
-      Ketika jadwal kedatangan ayam sudah dipastikan maka kandang tidak serta merta dapat langsung dipakai.
-      Proses persiapan kandang dimulai kembali dari awal. Membersihkan lantai dari kotoran-kotoran, menggamping lantai, memasang segala peralatan.
-      Setelah semua dipasang tahap terakhir adalah menyemprot kandang dengan desinfektan, rizotin dan formalin.
-      Diamkan dulu minimal 1 hari hingga dua hari, baru kandang siap untuk digunakan.
-      Perhatikan pula kebersihan lingkungan sekitar kandang.
B.           Tahap kedua , perawatan setelah ayam datang.
DOC biasanya memiliki berat badan standard 30 gram saat datang. Karena sangat kecil dan rapuh maka sangat dianjurkan untuk memperhatikan hal-hal saat penerimaan ayam, seperti :
1.    Sesegera mungkin memindahkan ayam dari dalam box ke dalam kandang, pemindahan dilakukan dengan hati-hati dan lembut.
2.    Pakan dan air harus tersedia dan mudah dijangkau oleh ayam.
3.    Control suhu setelah pemindahan ayam selesai.
4.    Cek kembali suhu setelah satu jam, ada beberapa indikasi yang dapat kita lihat tentang ketepatan suhu bagi ayam.
• jika ayam menyebar dan bergerak bebas itu berarti suhu dan ventilasi sesuai.
• Jika ayam saling berkumpul pada satu titik maka suhu ruangan terlalu dingin, sebaliknya
• Suhu ruangan terlalu panas saat ayam mengepakkan sayapnya dan melentangkan tubuh di atas lantai
-      Perlu diperhatikan pula, bahwa pakan yang akan dikonsumsi ayam haruslah memenuhi segala nutrisi untuk pertumbuhan.
-      Air yang diminum selama 14 hari pertama haruslah air yang sudah dimasak.
-      Karena terlepas dari perlindunan induk maka si ayam akan bergantung sepenuhnya pada manusia.
-      Untuk menjaga daya tahan tubuh, biasanya pemilik telah menyiapkan jadwal pelaksanaan vaksinisasi yang telah dianjurkan oleh pabrik. Pelaksaan vaksin akan dilaksanakan hingga ayam berumur 20 minggu. Yang perlu ditekankan adalah vaksin harus dilaksanakan tepat waktu, sebab jadwal ini telah melalui serangkaian penelitian untuk dapat menunjang kelangsungan hidup ayam kedepannya. Seringkali menjadi kendala adalah vaksin dilarang dilakukan jika ayam sedang sakit.
-      Meskipun sudah menjalankan serangkaian perawatan sesuai prosedur kita kadang kebobolan dengan virus maupun bakteri yang menyerang ayam. Pengobatan ayam sakit paling cepat dilakukan selama 3 hari, jika dirasa belum sembuh maka akan dilanjutkan selama 5 hari atau 7 hari. Setelah pengobatan ayam harus diberi vitamin terlebih dahulu sebelum di vaksinkan.
-      Itu berarti jika satu jadwal vaksin mundur akibat ayam yang sakit aka nada beberapa jadwal vaksin yang terpaksa mundur. Biasanya pemilik akan memadatkan jarak vaksin berikutnya agar dapat mengjar keterlambatan vaksin.
-      Pengalaman pernah memberitahukan tentang akibat keterlambatan vaksin selama 25 jam. Waktu itu adalah jadwal vaksin IBDM untuk menangkal penyakit gumboro.
-      Dan hal yang tidak diinginkan terjadi. Sebanyak 1 angkatan yaitu 7000 ekor ayam terserang penyakit gumboro. Terutama untuk ayam yang berat badannya tidak mencapai standard.
-      Gejala awal penyakit ini akan membuat ayam lemas sehingga tidak ada kekuatan untuk makan dan minum. Tinggal menunggu beberapa jam hingga ayam mati. Sangat cepat penyakit gumboro membunuh ayam. Keterlambatan vaksin bukan satu-satunya yang menyebabkan ayam terjangkit virus ini. Kebersihan lingkungan juga memiliki andil besar.
-      Sekali lagi. Kebersihan merupakan factor terpenting untuk kesehatan ayam.
-      Lebih menyakitkan lagi jika ayam terkena IB. ayam ini memiliki kelenturan sempurna hingga kepala mampu menyentuh tanah. Jika operator kandang menemukan ayam tersebut maka harus dengan segera dibunuh lalu dibakar. Penularan penyakit IB sangat cepat, dan ayam yang terjangkit tidak bias untuk disembuhkan, jalan satu-satunya harus dimusnahkan.
-      Selama proses vaksin operator juga diharapkan melakukannya dengan benar. Lembut dan tidak terburu-buru.
-      Pada kasus vaksin suntik dada, jika petugas vaksin tidak perlahan-lahan maka dengan seketika dapat membunuh ayam saat itu juga.
-      Inilah pentingnya ditanamkan rasa cinta kasih dan sayang dalam memelihara ayam kecil.
C.    Perawatan Pullet
-      Pullet adalah ayam remaja yang sudah siap untuk berproduksi.
-      Ayam yang siap bertelur haruslah memiliki berat badan standard yang itu berarti system reproduksinya sudah matang.
-      Ayam akan mulai bertelur pada umur 17/18 minggu, jika sebelum umur tersebut ayam sudah bertelur maka dapat dipastikan terjadi kesalahan, seperti :
• lampu penerangan kandang sudah dinyalakan sehingga saat malam hari ayam memiliki kesempatan untuk terus makan. Ayam petelur tidak kawin untuk menghasilkan telur namun dapat menghasilkan dengan obat yang telah dicampurkan pabrik ke dalam pakan ayam.
• jika demikian maka sebaiknya lampu dimatikan, dinyalakan saat ayam berusia 17 minggu. Karena umur dibawah itu system reproduksi ayam belum terlalu kuat untuk menghasilkan telur. Ini akan menyebabkan ayam mati lebih cepat karena dipaksa untuk mengeluarkan telur.

#KMOIndonesia


#KMOIndonesia

No comments:

Post a Comment

Yuk sampaikan dengan santun :D

Paket Umroh Murah

Rukun islam yang ke lima adalah naik haji (bagi yang mampu), namun sebagai umat islam tentu keinginan mengunjungi Baitullah adalah sesuatu y...