Merayakan Keberhasilan dari Menulis Blog

Pertama kalinya aku mendapatkan rupiah dari blog adalah kenangan indah yang tak pernah terlupa, bahkan detailnya pun masih teringat sangat jelas. Bagaimana badan ini gemetar berada di antara orang-orang baru, merasakan energi positif mereka juga senyum merekah di akhir sesi foto bersama.

Tak hanya itu, sajian beragam menu masakan menggugah selera terhampar di depan mata. Bahkan setelah perut terisi pun masih dibekali oleh-oleh untuk dibawa pulang. 

Hati senang, perut kenyang, dapat uang … semua ini cukup dibayar dengan satu tulisan.

Iyaaap… benar sekali. Manis bukan?

Itu adalah kali pertama aku mengikuti gathering blogger. Awalnya hanya mengira kumpul-kumpul para blogger saja, eh ternyata sebuah job berbayar dengan nominal yang fantastis. Senang tak terkira bahwa ternyata bisa loh mendapatkan rupiah dari blog bahkan kini dollar pun sering datang menghampiri.

Merayakan keberhasilan ini aku berniat untuk membeli domain karena memang saat job pertama ini blog aku masih belum berdomain. Sempat heran juga kenapa bisa lolos, ternyata di tahun 2018 blogger solo-jogja memang masih terhitung jari. Bahkan tahun-tahun selanjutnya pun blogger belum banyak bertambah. Senang sih soalnya peluang lolos job terbuka lebar, hhee.

Kenapa beli domain?

Iya. Jujur awalnya kaget, di dalam grup whatsapp job ternyata hampir semua anggota memiliki blog berdomain, hanya beberapa yang belum, termasuk aku. Minder rasanya, seolah tidak profesional. Padahal aku ga tahu apa-apa tentang dunia blog. Sebatas wadah menulis curhatan saja, ternyata lebih dahsyat dari itu.

Setelah memiliki domain aku mulai belajar lebih jauh tentang dunia blog. Jujur, bukan semata mencari rupiah tapi hanya ingin tahu seperti apa blog itu, kekuatan apa yang dimiliki hingga para blogger dicari dan dibayar tinggi.

Organisasi, perkumpulan, bincang-bincang apa pun itu yang bertema blog aku ikuti, baik online maupun offline. Hasilnya? WOW benar aku ga tau apa-apa tentang dunia blog yang luar biasa ini. Bahkan sampai saat ini pun ilmu tentang blog ga ada habisnya.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, blog berdomain itu kini telah membawaku bertemu dengan orang-orang hebat, tokoh penting, produk-produk andalan, citarasa kuliner nusantara hingga berjuta keajaiban yang selalu membuat mulut tak henti berdecak kagum.

Lucunya… kesenangan ini tak ingin aku nikmati sendiri bahkan sampai memaksa orang-orang sekitar untuk ikut bersama. Sayangnya, mereka tidak mampu menarik napas panjang saat menyelami dalamnya perjuangan memulai blog baru.

Aku masih termangu.. masih belum percaya.. namun ternyata memang benar adanya.

Kedepan entah apa lagi yang akan blog berdomain ini tunjukkan kepadaku.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar