Hati-Hati, Di Musim Politik Kini Ujaran Benci Bisa Lewat Jemari

Posting Komentar

 Pesta Demokrasi Indonesia telah digelar, seluruh warga negara gegap gempita menyambut calon pemimpin bangsa, semarak kampanye dari ketiga kubu mewarnai segala penjuru, tak hanya jalan protokol bahkan gang sempit penuh dengan baliho bergambar tokoh yang diunggulkan.

Tak hanya di dunia nyata, kemeriahan ini juga turut dirayakan di dunia maya. Segala bentuk media online dan sosial media gerak cepat memberikan informasi terbaru mengenai tokoh-tokoh yang kelak akan menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia. 

Sayangnya… tak semua apa yang ditampilkan di dunia maya sesuai dengan kenyataan. Banyak hal yang sengaja dibentuk agar menggiring opini sesuai dengan kemauan penyebar berita. Lebih disayangkan lagi banyak pengguna yang mudah terseret arus, terombang-ambing dengan berita simpang siur yang kebenarannya masih dipertanyakan.

Akhirnya… justru tak ada rasa percaya kepada semua calon kandidat yang diusung. Ujaran kebencian sama rata disajikan. Setelah goyah kesana-kemari, lelah dan menyerah memilih dengan menghitung kancing baju. 

Siapa pun yang menjadi presiden toh nantinya akan sama saja, tak ada dampak berarti bagi kami… rakyat kecil yang terpinggirkan.

BERHENTIIIII…

Kawaaan… bukan begitu cara kerja demokrasi. Satu suara yang kita punya sangat berarti, maka gunakanlah dengan hati mantap dengan pilihan yang menurut nurani paling tepat.

Naaah… untuk memilih kandidat yang tepat, cara dari aku adalah menyimak Debat Capres dan Cawapres.

Lebih Jauh Tentang Debat Capres dan Cawapres

KPU memfasilitasi Debat Capres dan Cawapres bertujuan untuk :

  1. Menyebarluaskan profil, visi dan misi, dan program para pasangan capres dan cawapres kepada pemilih dan kepada masyarakat.
  2. Memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihannya.
  3. Menggali dan mengelaborasi lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kampanye pemilu debat paslon.
Sebagai informasi, debat capres dan cawapres diselenggarakan sebanyak lima kali hingga sebelum hari pemilihan 14 Februari 2024 mendatang. Para capres akan melakukan tiga kali debat, dan calon wakil presiden sebanyak dua kali.

Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024 dapat disaksikan di TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.

Naaaahhh… sudah difasilitasi KPU, yuk kita gunakan dan manfaatkan. Dengan menyimak debat capres dan cawapres akan memberikan kita informasi langsung dari narasumbernya sehingga tidak ada berita simpang siur yang saling menjatuhkan tanpa ada dasarnya.

Masih satu kali lagi, yuk saksikan dan tentukan pilihanmu. Ingat… bijak menggunakan hak pilih karena satu suara menentukan masa depan Indonesia.



Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar