Menebar Manfaat Selagi Sempat

Posting Komentar

 Gengs… kamu termasuk yang setuju ga kalau hidup itu harus bermanfaat?

Sadar ga kalau orang yang bermanfaat akan dikenang lebih lama bahkan setelah ia meninggal?

Aku mah hidup ya hidup aja udah, hidup doang aja susah mau sok-sok an ngasih manfaat buat orang lain, makin pusing nanti.

Etapi permasalahannya adalah kita hidup di dunia ini untuk cari bekal, bukan sekadar hidup pasrah menghabiskan jatah usia tanpa usaha apa-apa. Berusaha menjadi manusia terbaik agar kelak mendapatkan rahmat-Nya untuk kembali pulang ke surga.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah gimana nih untuk jadi manusia terbaik?

Disebutkan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Iman Ahmad bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : “Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia”(HR. Ahmad).

Adapun kalau kita ingin bermanfaat, maka kita harus "memiliki sesuatu" yang bermanfaat dan "memberikan sesuatu" kepada orang lain.

Kira-kira apa ya yang kita punya? Ga melulu soal harta loh, coba renungkan hal terdekat dari kita dan bermanfaat jika dibagikan.

Awalnya aku juga mikir keras, cuma ibu rumah tangga bisa apa ya? Ada gitu yang bisa aku bagikan untuk orang lain? Akhirnya yaudah diam aja dan terima nasib.

Eee… ternyata salah.

Sebagai ibu rumah tangga yang 24 jam ngurus rumah dan anak bikin aku punya banyak waktu untuk belajar ilmu parenting dan itulah ilmu yang bisa aku bagikan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Banyak sekali loh orangtua yang belum mengerti, contoh kecil bahwa Kemenkes merekomendasikan untuk mengoptimalkan pemberian protein hewani dibandingkan dengan protein nabati, sayur dan buah di awal MPASI.

Iyaaa, mungkin karena kurangnya akses informasi sehingga masih banyak orangtua yang keukeuh memberikan makan anaknya nasi dan kuah sayur saja, oh ya sama kerupuk biar kriuk katanya, hem.. heeeemm.

Sederhana loh, kadang aku cuma membagikan cuitan pendek di status WA saja, tidak konsisten tapi sering sehingga banyak kontak paham kalau aku melakukan hal tersebut.

Dampaknya?

Iyaa.. beberapa bahkan mempertanyakan cuitanku tersebut dan akhirnya meminta pendapat. 

Sederhana bukan?

Namun nyatanya berarti untuk mereka yang belum terakses informasi penting tersebut.

Jadiii… tunggu apa lagi? Yuk menebar manfaat selagi sempat.


Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar