3 Cara Berbakti Saat Orang Tua Sudah Meninggal

Posting Komentar

 Kematian adalah sebuah kepastian, setiap yang bernyawa akan merasakan mati, tak terkecuali. Meski mengetahui hal ini tetap saja ada sesak saat waktu berpisah dengan orangtua itu tiba. Kehilangan selalu menyisakan duka, yang teringat hanya kenangan tanpa mampu menatap langsung dengan kedua mata.

Rasa sedih yang mendalam ini sepatutnya tidak berlarut, ada hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk rasa sayang tak terputus dari seorang anak kepada kedua orangtua yang telah tiada.

3 Cara Berbakti Saat Orangtua Sudah Meninggal

Cara ini dirangkum dari penjelasan Buya Yahya sebagai pengingat bahwa kita sebagai anak masih bisa berbakti walaupun orangtua sudah meninggal. Apa saja 3 cara itu?

1. Mendoakan

Kebanyakan dari kita kadang lupa mendoakan orangtua, jangankan setelah mereka meninggal bahkan saat masih hidup pun doa-doa kita hanya berisi kepentingan pribadi. Padahal Buya Yahya mengatakan bahwa mendoakan orangtua yang sudah meninggal sangat sederhana, hanya meminta Allah Ta’ala untuk memberikan kasih sayang dan pengampunan-Nya. Itu saja cukup, sudah selesai.

Sebab di alam barzah 2 hal itulah yang dibutuhkan orangtua kita. Kita tahu bahwa orangtua kita berdosa sehingga butuh pengampunan dari Allah, dan berikan kasih sayang juga kenikmatan.

Setelah mengetahui hal ini, yuk ingat selalu untuk mendoakan orangtua kita.

2. Sedekah dengan Niat untuk Orangtua

Jika semasa hidupnya kita sering memberikan sebagaian rezeki kita untuk orangtua maka jangan berhenti ketika mereka sudah meninggal. Sebagian rezeki yang biasa kita berikan bisa disedekahkan dengan niat semoga pahalanya sampai kepada mereka.

3. Menyambung Silaturahmi Orangtua

Salah satunya dengan melanjutkan kebaikan yang biasa dilakukan oleh orangtua kita semasa hidupnya, misalnya jika orangtua kita sering bersedekah dengan tetangga sekitar maka kita lanjutkan setelah mereka meninggal.

Selain itu juga berbuat baik kepada orang-orang yang dicintai oleh orangtua kita, termasuk kepada anak-anak orangtua kita yaitu saudara-saudara kita. Banyak kasus ketika orangtua meninggal, saudara kandung justru saling bertikai memperebutkan warisan.

Seorang kakak yang mengayomi adik-adiknya setelah ditinggal orangtua meninggal maka tunggulah bahwa kesuksesan dunia telah menanti begitupula keberkahan yang akan didapat di akhirat kelak, InsyaAllah.

3 cara berbakti saat orangtua sudah meninggal di atas memang sepertinya mudah, namun ternyata akan sangat sulit dilakukan jika hati kita tidak tersambung dengan orangtua. Berhenti sejenak, coba renungkan kebaikan dan pengorbanan orangtua dalam membesarkan kita, semoga ini melembutkan hati kita untuk membalas cinta kasih mereka.

Ingat selalu pesan ulama bahwa jika kita ingin lancar masalah dunia maka lancarkan dahulu urusan kita dengan orangtua.
Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar