Charm Maxi Bikin Ga Khawatir Bocor Saat Menstruasi

1 komentar
Holaaa sobat cantik, kali ini aku pengen banget berbagi pengalaman waktu awal-awal menstruasi dulu nih. Saat itu usiaku lima belas tahun dan duduk di bangku sekolah menengah pertama kelas IX. Legaa banget rasanya, takut ada yang salah sama tubuh aku, soalnya teman-temanku sudah mengalami menstruasi saat mereka duduk di kelas VII atau VIII.

Kurangnya informasi mengenai menstruasi emang bikin panik, terlebih orang tua tidak memberikan pendidikan seksual sedari dini. Alhamdulillah sekarang kita dimudahkan untuk mengakses informasi apa pun, eittss... tetap harus hati-hati ya, pastikan sumbernya dari website terpercaya agar tidak tersesat.

Kebahagiaan yang aku rasakan ternyata ga bertahan lama, setiap menstruasi datang justru menjadi momen menakutkan. Sakit kepala, perut melilit, badan lemas dan yang paling menakutkan adalah "tembus" saat di sekolah, ga ketahan deh malunya.

Nah, menurut pengalaman aku, berikut adalah tips yang bisa sobat cantik lakukan agar hari-hari menstruasi kamu ga jadi horor.

Tips Nyaman Saat Menstruasi
charm-maxi-ga-khawatir-bocor
Menstruasi atau haid adalah hal normal yang terjadi pada tubuh wanita yaitu keluarnya darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Beberapa wanita mengeluhkan rasa sakit dan gejala tidak menyenangkan lainnya, tips di bawah ini semoga bisa membuat kita lebih siap menyambut kedatangan "tamu bulanan" ini.

1. Mencatat Tanggal Menstruasi

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21 sampai 35 hari, ini dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. 

Biasanya berlangsung selama dua hingga tujuh hari.

Mencatat tanggal menstruasi bisa membantu kita untuk lebih siap, salah satunya membawa pembalut di tas untuk berjaga-jaga, juga tidak kaget ketika perut terasa mulai melilit. Selain itu, hal ini juga bermanfaat mengetahui normal atau tidaknya siklus haid kita.

Kamu harus khawatir ketika siklus haid kamu memiliki tanda-tanda seperti :
 a. siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari
 b. tidak mengalami menstruasi selama tiga periode atau lebih selama berturut-turut
 c. darah yang keluar lebih banyak/deras dari biasanya, atau justru lebih sedikit
 d. periode menstruasi berlangsung lebih dari tujuh hari
 e. saat menstruasi merasakan nyeri, kram, mual atau muntah
 f. mengalami pendarahan atau bercak di luar siklus menstruasi

Jika ada tanda-tanda seperti di atas, jangan tunggu lama langsung konsultasikan ke dokter ya.

2. Menjaga Kebersihan 

Kebersihan selama menstruasi sangat penting, karena akan berdampak terhadap kesehatan diri sendiri dan juga lingkungan. Nah, ketika sedang mengalami menstruasi pastikan kamu untuk selalu :
 a. mencuci bersih pembalut yang sudah dipakai
 b. membuang pembalut ke tempat sampah, jangan lupa dibungkus plastik terlebih dahulu
 c. mengganti pembalut setiap 4-5 jam sekali
 d. mandi 2x sehari agar tubuh bersih dan segar
 e. mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut

3. Memilih Pembalut yang Tepat

Menstruasi bukan halangan kita untuk beraktifitas seperti biasanya, namun banyak wanita yang khawatir jika gerak berlebih akan membuat pembalut mereka bergeser sehingga menyebabkan "tembus".

Charm Maxi menjadi andalan aku setiap kali menstruasi datang, udah teruji sih ga khawatir bocor walau bergerak aktif di hari-hari awal, bikin percaya diri jalani aktivitas sepanjang hari. Mau tahu keunggulan lainnya? Yuk kita kenalan.

Apa itu Charm Body Fit Extra Maxi Wing 23 cm

Pembalut pilihanku ini menggunakan teknologi bantalan elastis yang selalu dapat kembali ke bentuk semula, anti kerut jadi anti bocor deh. Keunggulan lainnya yaitu :

1. Extra Serap, Extra Maxi
Karena  bisa kembali ke bentuk semula, charm maxi bisa maksimal menyerap cairan. Ga bakal ada tuh rasa khawatir takut bocor karena berkerut.

2. Double Block Line
Teknologi ini mencegah pembalut bocor, tenang deh mau aktifitas seharian juga.

3. Permukaan Lembut
Permukaannya yang lembut bikin kita ngerasa nyaman sehingga tetap bisa beraktifitas dengan percaya diri.

4. Dilengkapi sayap pelindung (Wing)
Ini nih yang bikin makin yakin, sayap pelindung membuat pembalut melekat lebih erat, mencegah pembalut bergeser sehingga tidak bocor.

Usai sudah pencarian pembalut yang pas dihati, gimana dengan kamu girls?

Oh ya, ada juga nih yang perlu kita garisbawahi tentang menstruasi, cari informasi yang benar agar tidak termakan mitos. Siapa nih yang masih suka takut potong kuku pas lagi menstruasi? atau keramas karena katanya bikin rambut rontok? Duh padahal keramas, potong kuku dan mandi dua kali sehari itu menjaga kebersihan dan bikin segar badan juga, jadi lebih semangat buat beraktivitas.

Minum soda untuk mempercapat menstruasi juga masih sering aku dengar nih, padahal itu salah besar, belum ada penelitian yang membenarkan hal tersebut. Justru minum soda berlebihan tidak baik untuk tubuh dan dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Ada lagi ga nih, mitos seputar menstruasi yang masih sering kamu dengar? Ceritain dong, kita berbagi informasi agar banyak orang yang bisa belajar.

Baiklah, sepertinya sampai sini dulu, semoga curhatan aku mengenai pengalaman menstruasi bisa bermanfaat ya. Salam aktif walau sedang menstruasi.
Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar