Teman Idaman, Penghalau Sedih dan Takut

Posting Komentar
teman-idaman

Memiliki seorang teman adalah anugerah terindah, dengannya kita bisa berbagi suka dan duka, bercerita banyak kisah juga memercayakan sebagai tempat menyematkan impian masa depan. Lalu seperti apa teman idaman itu?

Penulis meyakini jika teman idaman ialah ia yang bisa menghalau sedih dan takut dalam diri kita.

Sedih terhadap kegagalan masa lalu dan takut, khawatir, cemas terhadap apa yang akan terjadi di masa yang akan datang adalah awal dari semua penyakit fisik manusia. Banyak penyakit kronis yang tidak disebabkan oleh makanan atau gaya hidup tak sehat namun justru karena terlalu cemas menghadapi hidup.

Semua manusia memiliki rasa sedih dan takut dalam hatinya untuk itulah butuh dukungan dari temannya.

Kisah Takutnya Abu Bakar Ash Shidiq

Tak perlu merasa sok kuat dan menganggap diri pribadi hebat, orang semulia Abu Bakar pun merasakan takut. Ini terjadi ketika beliau bersama Nabi Muhammad SAW sedang bersembunyi di dalam gua Tsur dari kejaran orang-orang Quraisy. Ketika orang-orang tersebut sudah berada di depan mulut gua, bergetar Abu Bakar mengatakan, "Ya Rasulullah, aku takut, bagaimana jika mereka menangkap kita?"

Seatu kewajaran disaat mendesak, ya kan? Aku pasti bakal pingsan, orang-orang Quraisy terkenal kuat dan tak memiliki belas kasihan terhadap musuhnya, bikin keder lah.

Nabi Muhammad SAW hadir sebagai sahabat yang menghalau sedih dan takut Abu Bakar, beliau meyakinkan bahwa ada Allah Ta'ala bersama kita, Dia akan menolong Nabi dan hamba-Nya yang sedang berjuang untuk agama.

Perkataan Rasulullah mampu membuat Abu Bakar tenang, ia meyakini benar apa yang dikatakan oleh sahabatnya itu.

Kisah Pengikut Nabi Musa yang Suka Menakut-nakuti

Ada juga di dunia ini teman yang sebaiknya dihindari, sebab dekat dengannya justru membawa kita kepada kehancuran. Seperti kisah Nabi Musa as saat bersama Bani Israil melakukan pelarian dari Fir'aun, tibalah mereka pada situasi terdesak, dibelakang tentara kerajaan menyusul di depan laut merah akan menengggelamkan.

Tak sedikit orang-orang yang bersuara sumbang, menciutkan hati, mengatakan bahwa percuma saja pelarian ini, sia-sia, toh kita akan tertangkap.

Nabi Musa as tidak gentar, pertolongan Allah Ta'ala turun untuk membantu Nabi-Nya.

Sikap Seorang Teman Idaman

Dari dua kisah di atas kalian pilih punya teman yang seperti apa? Teman yang akan menenangkan ketika kesedihan dan ketakutan menerpa atau justru menakut-nakuti bahwa beginilah dunia, kejamnya tiada terkira?

Pastinya akan sangat indah jika kita memiliki teman yang cemas dengan kondisi kita, bukan teman yang mencemas-cemaskan dan menambah runyam keadaan.

Tentu saja tidak semua teman akan mendukung kita, itulah pentingnya untuk menahan diri dari memercayai semua orang perihal pribadi kita. Tak usahlah mengumbar kesedihan di dunia maya sebab sebagian besar justru akan menjatuhkan, bukan itu kan yang kita cari?

Mencari teman yang ketika kita mendapat nikmat ikut bersenang hati bukanlah perkara mudah, itulah sebabnya ketika kita telah menemukannya maka jangan lepaskan karena ia akan menjadi penghalau kesedihan dan rasa takut dalam diri kita.

Berhentilah mencari, jadikanlah diri sebagai teman idaman yang menenangkan hati. Ya, kita memang tidak bisa menuntut orang lain untuk menjadi seperti apa yang kita inginkan, inilah saatnya menjadi pribadi yang kita harapkan. Insya Allah, sikap dan perilaku kita akan menjadi magnet, mendekatkan orang-orang yang sefrekuensi sehingga menjadi pertemanan yang sehat dan positif.

Persahabatan "Dari Jendela SMP"

Acara TV "Dari Jendela SMP" merupakan adaptasi dari novel karya Mira W, novel ini sangat menginspirasi tentang edukasi sex, disampaikan dengan bahasa yang ringan namun pesannya sangat membekas. 

Nah, sekarang anak milenial yang lebih suka visual disuguhkan dengan sinetron adaptasi dari novel, harapannya tentu agar pesan baik dapat tersampaikan. Dalam sinetron ini siswa dan siswi yang duduk di bangku sekolah menengah pertama saling berteman, menghabiskan waktu bersama, mengukir kisah  yang kelak menjadi pelangi dalam perjalanan remaja mereka. 

UN1TY FrenZone Challenge

smartfren-dari-jendela-smp

Kalian punya sahabat juga? Cocok nih ikutan challenge dari Smartfren yang berkokreasi dengan grup musik UN1TY dan acara TV "Dari Jendela SMP". Caranya gampang banget, kamu cukup buat video yang menunjukkan kekompakan FrenZone dengan teman-teman terdekat dan gunakan original saundtrack "Dari Jendela SMP". Unggah video pertemanan tersebut ke platform  Instagram Reels mauoun Tiktok untuk ikut serta menularkan pertemanan positif di lingkungan anak muda Indonesia.

Pemenang challenge ini akan diumumkan melalui program WOW Talks bersama Rey Bong (pemeran Joko) dan Sandrinna Michelle (pemeran Wulan) dan berkesempatan untuk ikut serta dalam proses pembuatan acara televisi "Dari Jendela SMP".

Jadi buat semenarik mungkin ya, pastikan video yang kamu buat menunjukkan semangat positif pertemanan.

Oke sip, semoga sedikit ulasan tentang teman idaman, penghalau sedih dan takut ini bermanfaat ya. Yuk selektif dalam bergaul sebab menjalin pertemanan yang sehat positif sangat berpengaruh dalam menghasilkan sesuatu yang positif juga.

Salam hangat untuk seluruh pribadi hebat yang terus mendukung teman terdekat.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar