Ruang Guru Bantu Si Kecil Siap Sekolah

Bunda, bagaimana rasanya menyadari si kecil sudah waktunya masuk SD? Ga nyangka ya... perasaan baru kemarin kita begadang setiap malam, memasang alarm untuk jadwal imunisasi hingga melatihnya mengucap kata pertama. Eh, sekarang udah mau pakai seragam putih merah aja, duh cepat sekali waktu berlalu.

Segala persiapan sudah dilakukan, membeli berbagai alat tulis warna-warni, menyampul buku juga tak lupa membeli sepatu dan seragam. Bahagia melihat si kecil berbinar melihat semua barang barunya, berjingkrak sambil terus bertanya seperti apa sekolah dasar itu.

Tapi... Benarkah si kecil sudah siap sekolah? Apakah mampu membaca dan menulis cukup menjadi barometer kesiapan?

Perbedaan TK dan SD

Nyatanya banyak perbedaan antara TK dan SD, ini yang harus Bunda tahu agar bisa membantu si kecil beradaptasi dengan cepat di sekolah barunya nanti.

1. Waktu Sekolah Lebih Panjang

Jam sekolah yang lebih pagi mengharuskan si kecil untuk bersiap lebih awal sedangkan belajar baru akan selesai siang nanti, ini jelas akan membuatnya kelelahan.

2. Tidak Ada Mainan di Dalam Kelas

Berbeda dengan ruang kelas TK yang dipenuhi dengan berbagai macam mainan, di SD ruang kelas bahkan tak ada mainan satu pun, penuh dengan meja dan kursi. Biasanya guru akan lebih banyak bernyanyi dan bermain untuk menyesuaikan kondisi anak didiknya. Bunda bisa berbicara pada si kecil bahwa tak masalah jika ruang kelas tak ada mainan sebab ketika istirahat ia bisa bermain bersama teman-teman di luar kelas.

3. Lebih Banyak Tugas Rumah

Bertambahnya ragam mata pelajaran sebanding dengan pekerjaan rumah yang diberikan guru, si kecil yang sudah bosan dengan lamanya belajar di sekolah mungkin akan malas mengerjakan pekerjaan rumah.

4. Ada Angka Penilaian

Jika di TK si kecil terbiasa dengan jumlah bintang yang ia dapatkan maka semenjak masuk SD ia harus beradaptasi dengan angka-angka penilaian dari setiap tugas yang guru berikan. Bunda harus mengenalkan arti juga urutan angka agar ia paham maksud dari penilaian tersebut.

5. Lebih banyak teman dan area yg lebih luas

Sekolah Dasar terdiri dari 6 tingkat sehingga lebih banyak orang juga area yang lebih luas dibanding dengan kondisi TKnya dulu. Ketakutan akan tersesat dari kamar mandi atau bertemu dengan kakak kelas mungkin saja terjadi. 

Waaahh, ternyata banyak sekali ya perbedaan antara TK dan SD. Nah Bunda bisa mulai mengenalkannya beberapa tahun sebelum si kecil masuk SD sehingga ia dapat lebih mudah beradaptasi. Namun di masa pandemi ini pemerintah masih memberlakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), sehingga anak-anak diharuskan belajar dari rumah tanpa tatap muka. Bunda memiliki peran penting untuk membantu si kecil memahami pelajaran barunya. Terasa mudah karena pelajaran tingkat awal masih sanggup kita kuasai namun akan lebih sulit menenangkan si kecil yang dilanda kebosanan.

Bunda harus maklum mengingat banyaknya hal yang berubah dari kebiasaan si kecil di TK, kelelahan juga menjadi faktor si kecil malas setiap waktu belajar online tiba. Ada banyak cara untuk membangkitkan semangat belajarnya lagi, salah satunya ialah membuat suasana yang sesuai dengan kondisi di TKnya dulu misal Bunda bisa mendekorasi ruangan belajar dengan mainan kesukaannya namun jangan sampai ini justru mengalihkan fokusnya ya.

Model pembelajaranpun bisa didesain agar menyenangkan, seperti animasi Dafa Lulu di aplikasi belajar online terbaik yang bisa membantu Bunda mengajari si kecil untuk memahami pelajaran baru di SD. 

Dafa Lulu Animasi SD

dafa-lulu-animasi-ruang-guru

Dafa dan Lulu adalah karakter animasi di layanan belajar online Ruang Guru yang dibuat sederhana juga dekat dengan keseharian si kecil. Ada banyak sekali  video bertema yang bisa ditonton bersama si kecil dengan animasi penuh warna, pastinya akan semakin menarik. Belajar akan menyenangkan dan tak lagi membosankan sehingga si kecil lebih mudah pula untuk menyerap ilmu baru tanpa drama karena dilakukan dengan suka cita.

teman-belajar-ruang-guru

Tak hanya pelajaran, contoh perilaku baik pun turut ditampilkan, seperti peribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, tak hanya menjadikan si kecil lebih baik dari segi nilai namun juga memiliki karakter yang kuat.

contoh-video-animasi-dafa-lulu-ruang-guru

Wah, senang sekali ya rasanya ada aplikasi belajar yang membantu si kecil agar siap sekolah.

Aplikasi Belajar Online Ruang Guru

Ruang Guru adalah aplikasi bimbingan belajar online terbaik dan terbesar di Indonesia yang membantu siswa juga orangtua dalam memahami pelajaran di setiap jenjang pendidikan.

Berikut adalah produk dari Ruang Guru :

1. Ruang Belajar, belajar seru dengan video dan latihan soal, anti remed!

2. Ruang Uji, ikut tryout online dan lihat hasilnya di sini!

3. Ruang Les, belajar privat dengan guru terbaik 

4. Ruang Lesonline, konsultasikan soal tersulit kamu sebanyak-banyaknya dengan tutor online terbaik

5. Ruang Kerja, aplikasi pelatihan online #1 untuk Perusahaan & Lembaga

6. Ruang Kelas, sistem kelola pembelajaranjarak jauh GRATIS!

7. Ruang Baca, tempat baca materi dan tips belajar paling update

8. Roboguru, foto dan upload soal susahmu dan dapatkan semua jawabannya di sini!

9. Brain Academy Online, bimbel live interaktif bersama STAR Master Teacher + Klinik PR

10. Skill Academy, kursus online untuk meningkatkan technical & soft skill 

11.  English Academy, kursus bahasa inggris dengan Pengajar Asing & Kurikulum Cambridge

Produk dari Ruang Guru bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda untuk mendampingi belajar si kecil. Semangat mendampingi si kecil Bunda, semoga artikel ini bermanfaat yaa.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email