5 Cara Melemaskan Kain Baru yang Kaku

Pakaian atau kain yang baru cenderung kaku sehingga tidak enak jika digunakan. Meskipun berkali-kali dicuci, terkadang masih juga terasa kaku. Berikut ini cara agar kain yang baru bisa lemas dan enak digunakan.

1. Cuci

Ketika Anda baru membeli atau mendapatkan kain yang masih baru, tentu kainnya akan terasa kaku dan masih "bau baru." Cara melemaskan kain yang kaku kali ini merupakan step by step yang perlu Anda ikuti susunannya. Supaya kain cepat lemas, langsung cuci kain setelah Anda mendapatkannya.

Anda bisa mencuci kain menggunakan tangan maupun mesin cuci. Jika kainnya berukuran besar (misalnya sprei ukuran king size), usahakan untuk mencucinya secara terpisah dengan kain-kain baru lainnya supaya ada cukup ruang di mesin cuci.

2. Soda Kue

Jangan mencuci pakai sabun! Jika Anda ingin tahu cara melemaskan kain yang kaku, sabun cuci pakaian bukanlah benda yang tepat untuk digunakan. Sabun cuci pakaian dapat mengunci bahan kimia dalam kain baru. Untuk itu, gunakanlah baking powder alias soda kue.

Tambahkan satu cangkir soda kue ke dalam cucian Anda. Anggaplah soda kue ini sebagai substitusinya sabun pencuci pakaian. Lalu, cucilah kain seperti biasa. Namun, usahakan untuk menggunakan air hangat daripada air dingin.

3. Cuka

Setelah putaran pencucian selesai, maka waktunya untuk putaran pembilasan. Sekarang, tambahkan lah satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci. Sama seperti soda kue, cuka juga merupakan salah satu cara melemaskan kain yang kaku, apalagi jika kainnya yang tebal-tebal seperti kain jeans. Jangan lupa untuk mengganti airnya dengan air dingin.

4. Jemur

Langkah selanjutnya, jemurlah kain di bawah sinar matahari. Hal ini akan membantu membuat kain jadi lebih lembut. Jika cuaca sedang buruk, Anda bisa menggunakan fitur pengering di mesin cuci Anda jika ada. Tapi, pilihlah pengaturannya yang paling rendah, karena pengeringan dalam kecepatan tinggi bisa menyusutkan kain.

5. Cuci Lagi

Cara melemaskan kain yang kaku yang terakhir adalah dengan mencucinya lagi. Malas memang rasanya, baru juga mencuci, menjemur, eh sekarang sudah harus mencuci lagi. Tapi mau bagaimana lagi, kalau Anda ingin kain jadi cepat lemas, memang seperti ini langkahnya.

Tenang saja, cara mencucinya tidak ribet, kok. Anda hanya perlu mencuci kain tersebut seperti biasa menggunakan sabun pencuci pakaian. Sama seperti sebelumnya, jemur kain di bawah sinar matahari langsung. Jika kain sudah kering, angkat, lalu setrika supaya kainnya jadi lebih lemas dan rapi.

Anda juga bisa menggunakan pelembut pakaian agar kain baru mudah menjadi lemas. Gunakanlah pelembut pakaian terbaik seperti royale soklin. Menurut royalebysoklin.com tidak hanya melembutkan pakaian tapi juga membuat pakaian wangi. Aromanya yang mewah seperti parfum mahal dan juga awet menempel di pakaian.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar