Media Digital Kini Jadi Vital

Posting Komentar

 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Vital berarti :

vi-tal : sangat penting (untuk kehidupan dan sebagainya)

Pandemi belum juga usai namun kehidupan harus tetap bergerak, saat ini kita memasuki masa New Normal atau banyak orang menerjemahkan sebagai kehidupan dengan adaptasi kebiasaan baru (new normal). Adanya tambahan penting untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan mandi segera setibanya di rumah membuat kebiasaan kita jadi berbeda, inilah yang dimaksud dengan kebiasaan baru.

Corona Virus ini masih terus dipelajari oleh para ahli sebab cara penyebaran hingga gejala yang terus berubah-ubah setiap waktunya. Tak ingin mengambil resiko dengan berjatuhannya korban lebih banyak maka pemerintah mengeluarkan kebijakan yang wajib dipatuhi oleh semua warga negara. Sektor pendidikan memberlakukan belajar via daring agar meminimalisir berkumpulnya siswa dan guru saat proses belajar mengajar seperti ketika dilakukan secara langsung/tatap muka. Sektor perkantoran pun mulai memberlakukan hal serupa, mengurangi kerumunan salah satunya dengan melakukan rapat online melalui aplikasi digital

Bahkan ada banyak sektor lain yang juga tak mau menyerah pada keadaan, mereka mulai bangkit perlahan, menjadikan pandemi sebagai tantangan bukan halangan yang justru menambah buruk keadaan. Jika berkumpul masih dibatasi maka media digital jadi solusi. Berikut media digital yang sering digunakan sebagai ruang berkumpul baru yang kini menjadi vital :

1. Youtube

    Youtube adalah sebuah situs web yang memungkinkan penggunanya mengunggah, menonton dan berbagi video. Kini banyak pihak yang menggunakannya sebagai media pendukung dari profesi yang dijalani, seperti sebagai sarana untuk memasarkan produk, membagikan berbagai macam tutorial, motivasi dan keilmuan. Tak hanya hiburan yang bisa kita dapat, bahkan lebih dari itu berupa wawasan dan ilmu pegetahuan baru.

2. Telegram

     Aplikasi yang menggabungkan instant messaging dengan file secara cloud. Kelebihan yang bisa kita dapatkan yaitu kemudahan dalam menyampaikan informasi dengan cepat  dan aman. Jumlah peserta yang mencapai 200 orang bahkan hingga 1000 orang setelah diupgrade menjadi Supergroups membuat aplikasi ini lebih efektif sebab peserta yang baru masuk grup pun dapat mengetahui chatting sebelumnya. Selain itu fitur channel dalam telegram dapat menampung jumlah anggota yang tak terbatas.

3. Website dan Blog

    Halaman yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia, berisi informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi dan video. Banyak orang yang menjadikan website dan blog untuk sumber belajar dan rujukan dalam mencari informasi dari perorangan atau pemerintah.

4. Zoom dan Google Meet  

    Aplikasi digital ini menjadi penunjang pertemuan jarak jauh yang banyak diminati karena dapat diakukan secara live dan dari dua arah, peserta yang dapat bergabung pun bisa lebih banyak.

5. IG Live, Facebook Live, Youtube Live

    Sosial media yang hampir semua orang memilikinya ini pun sudah memiliki fitur live streaming walau hanya satu arah namun bisa dilihat oleh pengguna lain secara tak terbatas dan lebih pribadi.

Di atas baru sebagian kecil media digital yang kini jadi vital, pandemi mengajarkan kita untuk tak menyerah, tetap belajar dengan media yang tersedia. Terus mengupgrade kemampuan diri walau tak bebas berpergian namun semangat pantang surut.

Semoga artikel ini bermanfaat, semangat berbagi semangat memberi arti.


Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email