Aku Rapopo

Posting Komentar

Aku rapopo bukan hanya jargon ketika cewek ditanya sama pasangannya aja loh, hhee. Mari kita telusuri lebih jauh lagi. Kalimat dalam bahasa jawa ini jika diterjemahkan akan berarti aku tidak apa-apa, ya walaupun dalam kenyataannya terlihat jelas bahwa dirinya sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja.


Ini bisa kita sebut sebagai gangguan mental. Yuk cari tahu sedikit tentang kesehatan mental itu apa. Menurut WHO, kesehatan mental itu ketika kita merasa diri kita bisa :

1. Menyadari potensi diri

2. Menghadapi daily stress/hassles

3. Bekerja secara produktif

4. Menghasilkan kontribusi yang baik ke masyarakat


Nah, gimana kondisi kalian sekarang? Tenang aja, jangan merasa khawatir berlebih jika kalian merasakan sedih, depresi atau gangguan kecemasan lainnya, itu wajar kok. Kita manusia sebagai makhluk sempurna yang dikaruniai akal oleh Sang Pencipta memiliki kemampuan untuk self healing atau menyembuhkan diri sendiri dengan cara mengatur emosi dan banyak cara lainnya.


Sebenarnya ada cara lebih mudah untuk mengurangi beban yang kita rasakan seperti menulis atau bercerita kepada orang yang dapat dipercaya. Namun jika ternyata kita tidak bisa mengatasi masalah ini ada ahli yang bisa membantu. Stigma masyarakat bahwa datang ke psikiater atau psikolog adalah orang gila memang sangat menyesatkan bahkan anggapan salah ini membuat banyak orang enggan untuk mendatangi mereka, padahal jika masalah ini tidak segera ditangani justru akan memperparah keadaan.


Ada banyak hal yang mempengaruhi kesehatan mental kita, seperti :

1. Faktor Biologi

 contoh : kita lebih sensitif ketika kelelahan atau kodisi tubuh yang sedang sakit.

2.Faktor Psikologi

 contoh : mindset kita dalam menghadapi masalah.

3. Faktor Sosial

 contoh : keadaan keluarga, sekolah/kerja saat itu.


Jadi intinya, semua orang memang normal jika mentalnya tidak baik-baik saja, itu manusiawi, kita punya hati dan perasaan. Satu lagi, yuk mulai dari diri sendiri untuk tidak menjadi penyebab teman atau orang-orang disekitar kita terganggu kesehatan mentalnya dan jadilah teman yang mendampingi ketika mereka tengah membutuhkan sandaran.


Semoga artikel ini bermanfaat ya, semangat berbagi semangat memberi arti. 

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email