Cegah Kolestrol Tinggi dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini, Dijamin Ampuh!

smartdetoxplus.net


Pasca hari raya Idul Adha yang jatuh ditanggal 11 Agustus 2019 kemarin tentunya menyisakan momen berkesan. Acara kumpul keluarga dengan tradisi memotong sapi dan kambing lalu disantap bersama adalah salah satu momen istimewa yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Banyaknya asupan daging dan santan yang dikonsumsi justru memicu naiknya kolesterol. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena apabila kolesterol kamu naik, maka sederet penyakit berbahaya bisa menyerang, seperti serangan jantung, stroke dan hipertensi.

Menurut beberapa pakar kesehatan, seseorang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi wajib menjaga pola makan. Karena, tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa terjadi akibat pola makan yang asal-asalan. Ada beberapa makanan yang pantang untuk dikonsumsi dan ada pula makanan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol. Nah, berikut kami rangkum makanan penurun kolesterol yang baik untuk dikonsumsi. Yuk simak.

1. Ikan Salmon
Kandungan omega-3, vitamin, EPA dan DHA yang terdapat pada salmon dinilai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dengan melakukan penyerapan secara perlahan serta meningkatkan produksi kolesterol baik. Tak hanya itu saja, salmon juga sangat baik bagi kesehatan jantung, yaitu mencegah jantung berdegub secara abnormal. Hanya dengan mengonsumsi salmon secara rutin minimal 2 porsi dalam seminggu, maka tingkat kolesterol dalam tubuh perlahan-lahan akan kembali normal.

2. OatMeal
    Makanan penurun kolesterol selanjutnya yang bisa kamu konsumsi adalah oatmeal. Selain menggantikan fungsi nasi di pagi hari, oatmeal juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh lho. Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal sangat cocok untuk mengurangi penyerapan kadar lemak jahat (LDL) ke dalam aliran darah. Dengan mengonsumsi oatmeal di pagi dan malam hari secara rutin, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit serius yang dipicu oleh kolesterol tinggi.

3. Jambu Biji
  Bagi kamu penggemar buah pastinya sudah tidak asing buan dengan buah yang satu ini? Diperkaya dengan kandungan vitamin dan antioksidan tinggi yang baik untuk melindungi jantung dari radikal bebas dan bermanfaat menurunkan kolesterol jahat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa dengan rutin mengonsumsi jambu biji sebelum makan selama 12 minggu jelas menurunkan kolesterol sebanyak 9,9%  dari tingkat HDL sebanyak 8%.

4. Bawang Putih
  Sudah sejak lama, bawang putih dikenal sebagai obat herbal yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Walau baunya sedikit menyengat, tetapi bawag putih diyakini berkhasiat mulai dari melindungi tubuh dari berbagai virus hingga bekerja alami untuk menurunkan kadar kolesterol. Untuk hasil yang lebih efektif, kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak 2 sampai 4 siung setiap harinya.

5. Kacang-kacangan
   Makanan terakhir yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah kacang-kacagan. Kandungan serat laut yang terdapat pada kacang mampu menyerap kolesterol jahat dalam tubuh seperti halnya oatmeal. Jika kamu mengonsumsi kacang-kacangan dengan berat bersih 2 ons dalam sehari, maka kadar kolesterol akan mengalami penurunan sebesar 5%. Selain itu, rutin mengonsumsi kacang-kacangan diyakini dapat menurunkan berat badan, sehingga sangat cocok untuk menu diet mu. Ada berbagai macam jenis kacang yang bisa kamu konsumsi diantaranya kacang merah, kacag polong, kacang almond, dan lain-lainnya.

   Nah itulah beberapa makanan penuruna kolesterol yang sangat tepat untuk dikonsumsi. Selalu jaga pola makanmu dan rutin berolahraga agar terhindar dari penyakit. Untuk informasi lainnya mengenai makanan penuruna kolesterol bisa kamu baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/ini-daftar-makanan-penurun-kolesterol-cek-yuk/

  Ingat, jaga selalu kesehatanmu agar tidak menyesal di masa mendatang!


No comments:

Post a Comment

Yuk sampaikan dengan santun :D