Uniknya Wanita Menyambut Bulan Ramadhan

Sekitar dua bulan lagi kita akan bertemu dengan bulan ramadhan, Insya Allah. Ada yang begitu merindu hadirnya namun tak sedikit yang hanya sebatas ucapan semata, tak tulus lahir dari lubuk hati, yah baiklah tak perlu menghakimi mari intropeksi.

Wanita adalah makhluk unik yang tiada habis untuk diperbincangkan. Terlebih wanita mendapatkan keistimewaan dari Tuhan dengan datangnya tamu bulanan. Iyup, inilah yang menjadikan wanita melakukan hal "aneh" yang tidak diduga oleh pria dalam rangka menyambut datangnya bulan suci. Apa saja?

1. Mencari teman untuk membayar hutang puasa.

Hampir setiap wanita pasti memiliki hutang puasa disebabkan karena siklus bulanan tersebut, rentang waktu antara satu dengan lainnya tidak selalu sama. Beruntung jika hanya bolong sehari namun harus berlapang dada apabila tamu datang di awal dan akhir bulan ramadhan.

Biasanya para wanita teringat akan hutang-hutang puasanya menjelang bulan ramadhan di tahun berikutnya, nah tantangan untuk membayar hutang puasa di hari-hari biasa sangat berat untuk itulah mereka membutuhkan teman yang juga memiliki misi yang sama.

2. Mencari teman dengan masa menstruasi yang berdekatan

Siklus bulanan wanita memang berubah-ubah, banyak faktor yang mempengaruhinya namun biasanya tidak signifikan, hanya lebih cepat atau lebih lambat beberapa hari. Nah, menjelang bulan puasa beberapa wanita mulai mengamati siklus bulanan teman wanita lainnya. Tujuannya? Yah, tentu untuk menjadi partner makan siang kelak, hhee.

3. Dekat-dekat dengan teman sholehah

Datangnya bulan puasa mengetuk hati nurani setiap manusia terlebih wanita yang mengedepankan perasaan. Kadar keimanan naik dan tersadar akan besarnya kesempatan meraup pahala di bulan penuh berkah ini, karenanya mencari teman untuk menjaga iman tetap membara sangatlah penting. Betapa ia tahu bahwa waktu sebulan itu singkat dan merugi jika disia-siakan.

Beruntung bisa khatam Al-Qur'an, nambah hafalan, menghadiri majelis taklim, atau bahkan ikut itikaf. Terlebih bisa melanjutkan berpuasa 6 hari dibulan syawal dilanjut dengan membayar hutang puasa yang bolong di bulan ramadhan. Wahh, pasti plong deh ga punya tamggungan puasa untuk menyambut bulan ramadhan tahun depan.

Masih banyak lagi hal yang biasa dilakukan untuk menyambut bulan puasa. Apa pun itu memang sebaiknya semua direncakan agar tak terlewati begitu saja. Jangan lupa persiapkan mental, yuk mulai sekarang belajar sabar-mengatur emosi-, marah-marah memang tidak membatalkan puasa tapi sayang banget kan kalau puasa kita sekadar menahan haus dan lapar tanpa membekas dan mendapat pahala?

😊

3 comments:

  1. Hhee... Kok sama kayak saya

    ReplyDelete
  2. Baru tahu deh aku. Gitu toh "ritual" perempuan pas bulan puasa

    ReplyDelete
  3. Belum pernah sih ngalamin kaya gitu karena saya cowok hehe

    ReplyDelete

Yuk sampaikan dengan santun :D

Kolestrol Turun dengan Mengatur Kebiasaan Sehari-hari

Penyakit merupakan suatu hal yang dihindari oleh setiap orang. Sebab, kesehatan merupakan suatu nikmat yang tak terkira dan bisa membu...