apa

Blogger atau Bloger?




Jadi "G" nya berapa, satu apa dua?

Nah, bingungkan? sama dong kayak saya, hhee. Tenang, yuk cari artinya masing-masing. Silahkan ketik keyword di  google. Apa yang keluar?

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010.


Hasil gambar untuk blogger


Sedangkan kalau kita ketik Bloger, maka hasil yang muncul adalah sebagai berikut

Mungkin maksud Anda adalah: blogger

Akan berbeda hasilnya jika kita mencari arti dari dua kata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Hasilnya adalah :

blo.ger /blogêr/

  • n cak sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog

blogger

Entri tidak ditemukan.

Jika Anda mengetahui makna entri [blogger], silakan memberikan usulan kepada redaksi melalui tautan di bawah (bertuliskan Usulkan Entri Baru). Usulan Anda akan langsung masuk ke meja redaksi. Jika usulan Anda telah diluluskan, usulan tersebut akan ditemukan di dalam KBBI Daring. 

Sejujurnya ini adalah masalah yang saya hadapi, maklum sebagai anak baru di dunia maya sering bingung dengan orang yang mengenalkan diri sebagai blogger, eh waktu dicari tahu artinya ternyata sebuah layanan publikasi blog? ga nyambung kan? Terus waktu cek di KBBI  ga ketemu, nah lo.

Setelah bersemedi cukup lama ternyata ketemulah kesimpulan bahwa Blogger memiliki dua arti, yang pertama jelas sebagai penyedia layanan publikasi blog, sedangkan yang kedua benar juga digunakan untuk menyebut orang yang mengeblog. Pernah ga denger pengeblog atau narablog? jarang kan yah, lebih famliar dengan blogger.

Sudah tidak perlu dipusingkan, toh sudah menjadi rahasia umum apa yang dikenal masyrakat luas itulah yang kita pakai. Ga perlu khawatir juga kalau ternyata kita pakai kata yang tidak baku karena tidak muncul saat di cari di KBBI, kan kita bisa usul biar diloloskan, yeahh.

 Satu lagi, kalian pernah tahu ga ada yang menggunakan kata Bloger? Iya, "G" nya satu? Jangan lupa kasih tahu saya yah, saya kan juga pengen tahu.

5 comments:

  1. Gnya 2 aja pake sambel. Duh blogger kece nih

    ReplyDelete
  2. Bagus menelaah dalam segi bahasa

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu tentang narablog belakangan ini. Rasanya aneh masih terbiasa menyebut dengan istilah blogger. Dengan 2 g tapi dimiringkan penulisannya 😊

    ReplyDelete
  4. Narablog aja kak sebutannya biar ga bingung

    ReplyDelete

Yuk sampaikan dengan santun :D

Raya

Bagiku Indonesia tak ubahnya jalan raya Banyak kendaraan dengan warna, bentuk serta corak yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama Ba...