Muslimah Berilmu

Bismillah..

Sejak awal-awal kedatangan Islam, wanita Muslimah telah mengetahui nilai ilmu. Inilah yang menjadi dasar wanita-wanita Anshar meminta waktu khusus untuk menuntut ilmu langsung dari Rasulullah SAW. Beliau akhirnya memberikan sehari dalam seminggu untuk datang lalu memberikan nasihat, mengingatkan dan mengajari mereka.

Saat ini syukur alhamdulillah kita telah dimudahkan, nikmat sempat dan sehat semoga tidak melalaikan kita terhadap kewajiban menuntut ilmu.

Islam telah mewajibkan kaum wanita untuk menuntut ilmu seperti halnya telah diwajibkan kepada kaum laki-laki.

Lalu, ilmu apa saja yang harus dipelajari oleh wanita muslimah?
1. Kitabullah, Al-Qur'an : baik bacaan, tajwid, maupun penafsirannya.
2. Ilmu hadist, sirah, kisah para sahabat dan tabiin dan kalangan tokoh wanita.
3. Ilmu fikih dalam rangka memperbaiki ibadah dan mu'amalahnya.
4. Ilmu tentang mengurus rumah, suami, keluarga dan anak-anaknya.

Dalam sejarah para tokoh wanita Muslimah terdapat banyak contoh tentang kegigihannya menuntut ilmu dan menggali berbagai bidang ilmu, diantaranya :
1. Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah ra merupakan rujukan pertama dalam ilmu hadist dan sunnah nabi dan sebagai ahli fiqih pertama, yang pada saat it beliau masih berusia sangat muda, yaitu menginjak sembilan belas tahun.

Imam Az-Zuhri mengatakan,"Seandainya ilmu Aisyah dibandingkan dengan ilmu semua istri Nabi SAW dan ilmu semua wanita, niscaya ilmu Aisyah itu lebih unggul." (HR. Imam Baihaqi)

2. Wazirah binti Muhammad bin Umar bin As'ad bin Al-Munja At-Tanukhiyah dan Karimah binti Ahmad Al-Muruziyah, keduanya disebutkan oleh Ibnu Hajar Al-Asqalam dalam mukadimah bukunya yang berjudul Fathul-Bari juga di antara nama-nama perawi hadist yang terdapat dalam buku Shahih Bukhari.

Wanita Muslimah yang benar-benar sadar akan ajaran agamanya mengetahui bahwa membaca dan menelaah merupakan sumber yang menyirami akal dengan ilmu pengetahuan, dan memberinya makanan yang menghantarkannya kepada keterbukaan, kematangan, perkembangan, dan kecemerlangan.

Bagaimana dengan kita? Sekarang saatnya berbenah. Yuk belajar, jangan mudah jengah.

Kenapa harus menuntut ilmu? Kesempurnaan syariat islam tentu tidak diragukan lagi, kewajiban ini sejalan dengan tugas mulia yang diemban wanita dalam islam yaitu menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya, mendidik generasi penerus, pembentuk jiwa-jiwa pahlawan, serta melahirkan insan-insan yang memiliki otak cemerlang.

Kesadaran inilah yang semoga menjadi motivasi kuat untuk selalu bersemangat dalam menuntut ilmu.

"Dan katakanlah, 'Wahai Rabb-ku, tambahkanlah ilmu kepadaku'." (Thaha:14)

-------------

Dirangkum dari buku Jati Diri Wanita Muslimah karya DR. Muhammad Ali Al-Hasyimi

No comments:

Post a Comment

Yuk sampaikan dengan santun :D