apa

Globophobia



Fobia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya.

Nah, ternyata jenis-jenis fobia sungguh banyak macamnya dan aneh-aneh, contohnya nih : Cibophobia sebutan untuk orang yang memiliki rasa takut mengkonsumsi makanan hijau, Peladophobia yang takut pada orang yang kepalanya botak, ada juga Caligynephobia adalah fobia yang dilarang dekat-dekat denganku karena ini sebutan untuk orang yang takut pada wanita cantik :D. Dan masih banyak jenis-jenis fobia lainnya yang tak kalah unik.

Tulisan ini terinspirasi dari seseorang yang setidaknya mengangguk cepat saat aku mengajaknya berfoto.




Hari ini cucu sulung simbah Imogiri hadir lagi, senyumnya menyambut kedatanganku yang sedikit terlambat pada acara silaturahmi keluarga besar nenek buyut kami, Cokrodiryo. Hanya setahun sekali kami bertemu terlebih saat ia harus menemani ayahnya dan bersekolah di Balikpapan. Tapi tetap saja pesonanya menyilaukan mata, jadi jagoan ya kak.

Panggil ia Fauzan, tampak normal seperti anak yang lainnya namun kumohon jangan mendekati ia dengan balon yang berisi udara di tangan. 
 
Benar, ia termasuk dalam golongan Globophobia, orang yang merasa takut pada balon. Ia memang tidak akan berlari jika dalam ruangan itu terdapat banyak balon, bahkan ia juga akan memunguti balon yang telah rusak/meletus untuk dibuang. 
 
Namun jika balon berisi udara tersebut mulai berdecit, reflek ia akan menutup kedua telinganya dan menjauh dari area tersebut. Saat kutanya ternyata ia trauma di waktu kecil dulu saat melihat seseorang meniup balon dan meletus di depan wajah orang tersebut sebelum sempat di ikat.

Matahari masih terik ketika kami harus mengakhiri kebersamaan ini. Saat kami berpisah, ayahnya sedang mengajak ia mengisi balon dengan air. Kemungkinan pecah memang ada tapi tidak dengan suara yang mengerikan itu.

Tahun depan andai waktu mengijinkan kami berjumpa lagi, ketika seragam merah putihnya telah menjadi putih biru kuharap fobianya membaik. Jikalau belum tenang saja aku masih akan mendekapmu, menjaga area amanmu dari decitan balon warna-warni itu.

7 comments:

  1. Aku malah gagal fokus lihat cewek yang difoto dengan fauzan

    ReplyDelete
  2. Kang Gilang... ari anu di foto teh saha? Ciani?

    ReplyDelete
  3. Kang Gilang... ari anu di foto teh saha? Ciani?

    ReplyDelete
  4. Kalo aku phobia kecoa, apa namanya Mbak? Mau foto sama aku gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fobia kecoa : kastaridaphobia

      Wkwkkwwk... Situ pengen bgt foto sama aku :D

      Delete
  5. Gilang nggak phobia sama sebelah Fauzan kan?

    ReplyDelete

Yuk sampaikan dengan santun :D

Tips Ampuh Menurunkan Kolesterol Mudah dan Sederhana

Meskipun sejatinya tidak ada yang instan, tapi faktanya kolesterol adalah penyakit yang bisa kita obati dengan tips sederhana. Cara men...