Rekomendasi Game Penjumlahan Dasar untuk Anak Mengenal Angka

Posting Komentar
Akhirnya ketemu juga nih solusi dari masalah yang aku hadapi. Game penjumlahan dasar untuk anak mengenal angka. Fyi, aku jadi guru les anak TK yang dia ini memang sedikit kesulitan dalam penjumlahan. 

Berhari-hari aku mikir ini anak enaknya diajarin pake metode apa ya, bisa sih pakai jari tapi banyak nolaknya. Iya, mungkin sudah jenuh belajar mulu kali ya, panas otaknya, ga kooperatif lagi deh. Soalnya memang dia ga cuma belajar berhitung aja, ada banyak pelajaran lain juga.

Taraaa… diajak main game seru kali ya. Siapa yang bisa menolak bermain game? Apalagi kalau sambil belajar, win win solution.

Game Penjumlahan Dasar untuk Anak Mengenal Angka

Game ini sederhana banget, namanya Treze Coins yang bisa kalian mainkan online di mortgagecalculator.org/money-games/. Ada 3 denominasi koin yang bisa dipilih yaitu 1, 1 dan 10 lalu 1,5 dan 10.
Begini cara mainnya.

Klik koin sesuai dengan jumlah yang ditampilkan di bagian tengah atas layar, contoh di atas misalnya $15, jadi kamu tinggal klik koin di bawah sejumlah 15. Bebas mau pakai yang nominal berapa asalkan cukup dengan tempatnya. Setelah memasukkan dengan jumlah yang benar klik mesin penjual permen karet untuk memasukkan koin, nanti akan keluar permen karet berwarna.

Kalau ternyata salah gimana dong?

Tenang, kamu hanya perlu menekan tombol X di bawah kotak penambahan koin.

Eh kok ternyata koin aku ga cukup nih masuk kotak, harus apa?

Tukar saja koin kamu di konverter koin yang berada di pojok kanan bawah.

Lakukan berulang sampai koin kamu habis dan permainan selesai.


Gimana… gimana? Sederhana banget kan? aku ga perlu lama buat ngejelasin cara mainnya dan dia (anak les aku) langsung paham dan enjoy the game.

Manfaat Bermain Game 

Game sederhana di atas ternyata emang efektif bikin anak les aku paham mengenai penjumlahan. Jadi memang bermain game ga selalu buruk ya gengs, bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dari bermain game, apa saja?

1. Melatih anak menyelesaikan masalah.
2. ⁠Memberikan pengetahuan baru
3. ⁠Meningkatkan kreatifitas
4. ⁠Mengendalikan emosi / menerima kekalahan
5. ⁠Membentuk karakter pantang menyerah
6. ⁠Manfaat untuk sosial

Oh ya, jangan salah ya di mortgagecalculator.org/money-games/ kamu bisa nemuin banyak game lainnya loh yang cocok dijadikan media untuk belajar masalah keuangan, bisnis maupun wirausaha.

Ini nih kategori game online yang bisa kamu pilih dan coba mainkan.

1. Game Real Estat: membeli dan menjual properti, membuat kota LEGO berkembang, dan membersihkan kekacauan atau kuman. Anda juga dapat membangun bangunan yang stabil, atau menggunakan dinamit untuk meledakkan bangunan.

2. Money Games: menghitung uang dan membuat kembalian. Permainan ini adalah cara yang menyenangkan untuk berlatih penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sambil juga belajar tentang uang.

3. Permainan Mata Uang Kripto: Pengantar spekulasi dan gelembung keuangan yang mudah dipahami. Permainan kami menampilkan Bitcoin dan tulip modern - NFT.

4. Game Simulasi Pertanian: menumbuhkan pertanian virtual, atau membangun bisnis berbasis pertanian.

5. Permainan Toko Kelontong: menjalankan supermarket dan menyimpan persediaan barang.

6. Game Simulasi Restoran: menjalankan kedai kopi, kedai burger, atau pizzaria.

7. Game Simulasi Bisnis: membangun bisnis pertambangan, menjalankan toko perhiasan, menjadi penjual bunga, atau menjadi penguasa perusahaan.

8. Game Pengembangan Perangkat Lunak: Game STEM yang mengajarkan anak-anak tentang logika pengkodean serta cara perangkat lunak dibuat dan diuji, serta game idle clicker yang berfokus pada membangun bisnis startup yang sukses.

9. Game Politik Kantor: game clicker ragdoll yang unik dapat digunakan untuk menjelaskan persaingan internal, resolusi konflik & pembangunan tim, dan pelari tanpa akhir.

10. Permainan Lingkungan: daur ulang, energi hijau, dan pengelolaan sumber daya.

11. Permainan Seru Lainnya: permainan yang kami sukai tetapi tidak cocok dengan kategori mana pun di atas, termasuk beberapa permainan yang berhubungan dengan makanan.

Waaahhh… buanyak sekali kan pilihannya. Jadi kamu mau main yang mana? 

Game sebanyak ini bisa banget jadi teman buat ngisi waktu luang kita misalnya aja pas lagi nunggu antrian di teller, naik kendaraan umum, atau waktu jemput anak pulang sekolah.

Bermain game juga bisa meredakan stress loh, jadi… ayok kita main game agar sehat jiwa raga.

Semoga artikel tentang rekomendasi game penjumlahan dasar  untuk anak mengenal angka ini bisa bermanfaat ya, semoga bisa memudahkan kita untuk mengajarkan angka kepada anak-anak.

Semangat belajar dan menebar manfaat.

Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar