Kuliah di Luar Negeri Tidak Harus Mahal, Berikut Jenis Beasiswa yang Bisa Dicoba


edukasi.kompas.com

Banyak yang beranggapan bahwa berkuliah di luar negeri hanya dapat dilakukan oleh orang-orang berduit karena biayanya yang cenderung mahal. Padahal, anggapan tersebut tidak selalu tepat. Biaya tiket pesawat memang terkadang mahal, namun belum tentu dengan biaya hidup dan pendidikan.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa negara yang bahkan memiliki biaya pendidikan yang jauh lebih murah dari Indonesia dan biaya hidup yang tidak jauh berbeda pula. Selain itu, saat ini sudah banyak sekali cara-cara yang dapat dilakukan setiap orang agar impiannya untuk menuntut ilmu di luar negeri dapat tercapai, mulai dari menggunakan biaya pribadi, sponsor, hingga beasiswa.

Nah, dengan begitu banyaknya negara-negara yang sangat menerima sekali kehadiran dari mahasiswa internasional yang ingin menuntut ilmu di negara mereka, berbagai jenis beasiswa kuliah pun dikerahkan, guna mempermudah para mahasiswa yang tidak mampu dalam hal finansial.

Meskipun memiliki persaingan yang cukup ketat, tidak dapat dipungkiri bahwa adanya beasiswa membuat impian berkuliah di luar negeri bukan sesuatu yang mustahil. Namun, sebelum mulai mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan, ada baiknya untuk ketahui dulu jenis-jenis beasiswa kuliah yang ada saat ini.

Jenis-Jenis Beasiswa Kuliah 

1. Beasiswa Publik & Pemerintah

Yang paling sering digunakan oleh sebagian besar pelajar Indonesia, yaitu beasiswa kuliah yang berasal dari pemerintah. Pada umumnya, beasiswa ini diberikan oleh pihak organisasi publik seperti pemerintahan, department, dan lembaga kepada para mahasiswa terpilih yang telah lolos dalam melalui berbagai rangkaian ujian.

Beberapa pilihan beasiswa pemerintah yang dapat dicoba ialah seperti beasiswa LPDP, beasiswa LIPI ataupun beasiswa dari Department Pendidikan Nasional. Tidak hanya diperuntukan untuk umum, jenis-jenis beasiswa ini pun juga diperuntukan untuk para pegawai negeri yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

2. Beasiswa Pribadi

Jenis beasiswa ini biasanya diadakan oleh lembaga atau institusi swasta dari perusahaan-perusahaan besar yang memang perduli dengan dunia pendidikan dan betapa pentingnya pendidikan. Tanpa batas, beasiswa ini juga menyediakan seluruh jenjang pendidikan, mulai dari S1, S2, hingga S3.
Hanya saja, jenis bidang atau jurusan studi lebih difokuskan kepada bidang industri yang digeluti oleh perusahaan tersebut. Beberapa contoh dari beasiswa pribadi yaitu Sampoerna Foundation, Djarum, dan The Ford Foundation.

3. Beasiswa Internasional

Beasiswa Internasional merupakan beasiswa yang diadakan oleh negara-negara internasional. Tidak hanya untuk memberikan kesempatan besar dalam menuntut ilmu di negara mereka, negara-negara ini pun juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia guna mempererat hubungan kerja sama antar negara.

Beberapa contohnya seperti beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris, beasiswa Fullbright dari pemerintah Amerika Serikat, dan beasiswa StuNed, Orange Tulip dan Holland dari pemerintah Belanda.

4. Beasiswa Universitas

Jika kamu sudah menemukan negara dan Universitas yang dituju, maka memilih jalur beasiswa Universitas bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Sesuai dengan namanya, beasiswa Universitas merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh universitas-universitas tersebut, tanpa ada sangkut paut dengan pemerintah atau lembaga tertentu.

Diperuntukan bagi para mahasiswa berprestasi, beasiswa Universitas juga berlaku baik itu untuk mahasiswa internasional maupun lokal. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai beasiswa Universitas ini. Ada beberapa universitas yang memberikan beasiswa di awal, namun ada pula beasiswa yang baru diberikan ketika mahasiswa tersebut telah menjadi siswa di Universitas tersebut dan terbukti berprestasi dalam hal akademisnya.

Nah, untuk yang kategori kedua, biasanya mahasiswa harus membayar dan mendaftar layaknya mahasiswa reguler lainnya. Tetapi ketika ia telah terbukti memiliki histori akademik yang baik, maka beasiswa tersebut akan diberikan di semester berikutnya.

Dengan terdapat begitu banyaknya jenis-jenis beasiswa yang tersedia, peluang berkuliah di luar negeri pun semakin terbuka lebar. Namun, perlu diketahui bahwa beasiswa biasanya memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa, tidak hanya memiliki bidang akademis yang baik, tetapi juga beberapa syarat lainnya.

Meskipun perlu memenuhi persyaratan, dokumen, dan melalui berbagai rangkaian ujian, adanya beasiswa kuliah memberikan kemudahan dan kesempatan bagi siapapun dalam menuntut ilmu di luar negeri. Walau begitu, mendapatkan beasiswa itu sendiri juga memerlukan perjuangan dan tidak semudah yang kita kira lho.

Apakah kamu berencana untuk mencoba beasiswa? Ikuti dulu beberapa langkah cara mendapatkan beasiswa kuliah dengan membaca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/3-cara-mendapatkan-beasiswa-kuliah/. Jadi, siapa bilang kuliah di luar negeri itu mahal dan mustahil?

No comments:

Post a Comment

Yuk sampaikan dengan santun :D