Fakta Lain Tentang Ayam

14 komentar

Petok... petok...
Eh gitukan ya suara ayam? Anggap saja begitu. Apa yang terlintas saat kata ayam terucap? Ayam goreng, ayam kremes, ayam bakar, ayam tulang lunak... oke, selain makanan? Ayam jantan, ayam betina, ayam negeri, ayam tetangga... yang lain atuh... ayam kampung yang sudah berada disisi jalan yang benar tiba-tiba nyebrang saat kita mau lewat. Baiklah cukup (Kesel deh).
Ada fakta lain dan unik tentang ayam hlo.. mau tahu? Mari kita meluncur.
Ayam adalah makhluk yang Tuhan ciptakan dengan insting juga kedisiplinan yang baik. Soal insting sudah banyak yang mengerti bahwa sang induk akan melindungi mati-matian anaknya dari bahaya yang mengancam. Juga ayam mengerti benar caranya balas budi. Begini saja, saya menjalin kerjasama yang baik dengan berpuluh ribu ayam dan tidak perlu mengintrogasi masing-masing untuk memahami ayam-ayam.
Dalam masa produktifnya ayam akan menghasilkan satu butir telur setiap 26 jam dan itu konsisten selama makan dan minumnya tercukupi. Andaikan saja ayam tidak makan dengan baik tidak lantas membuat ayam ngambek dan berhenti bertelur. Ohya, ayam memiliki batas minimun dan maksimum mampu menelan pakan hlo, satu hal yang harus diperhatikan agar ayam tercukupi nutrisinya. Merasa telah diberi makan walau tidak mencukupi maka akan sekuat tenaga membalasnya hingga berat tubuh ayam menurun dan tak ada lagi komposisi yang pas dalam tubuh untuk menghasilkan telor.
Ukuran tulang supit yang mengecil dapat menjadi tanda berapa lama mereka sudah tidak bertelur atau secara kasat mata ayam yang terlihat kurus pastilah tidak akan bertelur.
Perasaan kasih dan sayang yang diberikan oleh operator kandang juga mempengaruhi tingkat stress ayam, akan berbeda hasilnya jika perlakuan operator terhadap ayam semena-mena. Ayam kan juga makhluk Tuhan, berhak dong dikasihi, maaf ya, ayam juga tidak sudi memberi jika diminta dengan paksa dan kasar.
Sadar sekitar bahwa setiap hewan yang diciptakan Allah SWT adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Jangan menelantarkan setiap hewan yang kita pelihara.
Salam petok.. petok.


Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

There is no other posts in this category.

14 komentar

  1. aku kukuruyuk ae yooo....inget ayam, inget uppin ipin aku de..

    BalasHapus
  2. aku kukuruyuk ae yooo....inget ayam, inget uppin ipin aku de..

    BalasHapus
  3. Wahhh.. sepertinya mba Ciani paham banget seluk beluk ayamm.. kapan panen? Boleh di anter ke solo :p

    BalasHapus
  4. hi ayam..tadi pagi kamu jadi laukku

    BalasHapus
  5. Ayam bakar, ayam goreng, ayam sayur..ehmmm...ayam, lauk sejuta umat.

    BalasHapus
  6. Waduhh, kok aku juga bahas ayam ya mbk Ciani... hahaa

    BalasHapus
  7. Wajib jadi menteri perternakan kalau ada haha, sub bidang perayaman nih hihi

    BalasHapus
  8. Setuju sama mbak Ciani, ayam juga manusia.. #eh
    :D

    BalasHapus
  9. bahkan ada istilah sabung ayam, ayam kampus, ayam pabrik ... duhh :0

    BalasHapus
  10. Dapat ilmu baru nih... 26 jam ya...

    Mksih mba Cian

    BalasHapus
  11. Sekali ayam bertelur berapa butir mba ciani? Hehehe

    BalasHapus
  12. Aku jadi inget ayam-ayamku...😁 ayam-ayam bapak sebenernya sih..

    BalasHapus
  13. Wow....bisnis peternakan yach mbak Ciani?
    Hmmm.26jam. Jadi tahu kalo ayam hampir bertelur tiap hari...
    Wow ..enak juga yach bisnis ayam petelor... tinggal itung2 brp ayam yg dimilikin n omset per harinya...asyik...(#otak2 busines man...wkkwkw)

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email