Ide Bisnis di Era Milenial

Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika. (Kominfo.go.id)

Smarphone tidak hanya digunakan untuk komunikasi saja, anak-anak remaja menggunakannya untuk bermain game online, pelaku bisnis memanfaatkan untuk menjual barang dan jasa, atau sebagian besar demi keperluan konten sosial media saja. Bagaimana pun cara pemanfaatannya ini tentu berbanding lutus dengan penggunaan pulsa. Pulsa menjadi kebutuhan utama agar smartphone dapat difungsikan.

Melihat hal ini tentu kita bisa melihat bahwa pulsa merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan dan dicari oleh semua pengguna smartphone. Sesuatu yang penting, pasti dicari, dan tidak akan hangus. Menjadi penyedia pulsa adalah bisnis yang minim resiko dan tentu saja sangat menguntungkan. Beberapa mungkin belum memahami bagaimana mengatur bisnis yang menjanjikan ini, untuk itu kita butuh mentor yang bersedia untuk membimbing dan mengarahkan.

Tak butuh banyak modal namun jelas menghasilkan, ini bisa menjadi ladang usaha baru untuk para pelaku UMKM, dengan berbisnis maka perekonomian meningkat dan kemiskinan bisa dientaskan. Memulai dari yang kecil dan sederhana namun berdampak luar biasa dengan ketekutan dan disiplin tinggi, kita pasti bisa.

Pulsa sekarang sudah menjadi kebutuhan primer, orang-orang akan memastikan smartphone mereka memiliki pulsa untuk dapat terus menjalankan fungsinya. Bahkan beberapa rela mengeluarkan uang yang cukup besar demi memenuhi kebutuhan hidupnya akan pulsa. Jangan sampai pulsa kosong dan segala kegiatan terhenti, kini itu menjadi momok baru yang tidak bisa dipungkiri.

Alasan itulah yang mendasari bahwa bisnis pulsa menjadi bisnis yang menguntungkan. Anak-anak, remaja, masyarakat umum dan pelaku bisnis membutuhkan pulsa, sebagian besar masyarakat Indonesia membutuhkan pulsa namun belum banyak yang menyadari bahwa mereka bisa lebih hemat dengan berbisnis pulsa. Bukan hanya menjadi konsumen semata.

Tak ada tantangan berarti dalam bisnis pulsa ini, sebab yang kita jual bukanlah barang yang mudah busuk tapi tahan lama dan dibutuhkan banyak orang. Banyaknya start up yang juga menyediakan pulsa tidak menjadi masalah besar, sekali lagi, pulsa tak pernah sepi peminat, kita hanya perlu bersaing dengan harga jual.

Konsep bisnis ini sesederhana kita membeli pulsa. Sebut angka, saldo masuk, bayar, beres.

Hal yang membedakan dan tentu akan menjadi kekuatan kita adalah bahwa bisnis ini bisa dilakukan tidak hanya pengguna smartphone saja. Sekarang melirik start up yang juga menyediakan layanan beli pulsa tentu membutuhkan koneksi internet dalam bisnisnya, hal itu bisa menjadi kendala bagi beberapa orang.

Orang-orang yang tidak memiliki smartphone tidak bisa berjualan pulsa, untuk itulah kita hadir. Melalui layanan SMS jualan pulsa bisa tetap dilakukan.

Konsep bisnis ini mirip seperti koperasi pada umumnya. Pendaftaran member per area, member awal akan mendapatkan modal awal cuma-cuma berupa deposit sebesar 200 ribu rupiah. Pendaftaran harus menyertakan fc KTP dan uang pendaftaran sebesar 25.000. Setiap wilayah memiliki penanggung jawab masing-masing, meminimalisir kecurangan dan member yang tidak bertanggung jawab.

Setiap bulan member diharuskan membayar iuran wajib sebesar 25.000 dan jika tidak membayar maka tidak bisa melakukan top up saldo. Uang tersebut akan disimpan dan diakumulasikan selama 12 bulan. Nanti selain pertemuan rutin 2 bulan sekali akan ada pertemuan tahunan yang akan mengembalikan seluruh iuran member dipotong pemberian modal awal (200 ribu rupiah).

Setiap member diberikan softfile berupa banner yang bisa dicetak mandiri sebagai strategi marketing yang bisa dipasang di rumah/di tempat lain sesuai tempat mereka berjualan.

Bisnis ini tidak hanya pulsa, dapat pula mencakup pembayar online lainnya seperti BPJS, tagihan listrik, token, paket data, dll.

Waahh, ide bisnis ini sangat menarik namun tentu butuh banyak pihak untuk merealisasikannya.

Jadi, ada yang mau mencoba?

#PRAJA2019
#anugerahMISGroup
#koperasi
#wirausaha

26 comments:

  1. Ini ide bisnis yang simpel, minim modal dan risk juga sll dibutuhkan ya

    ReplyDelete
  2. Bener mbaa, lumayan banget sih bisnis pulsa dan pembayaran lain-lain itu. Untung seribu -dua ribu kalau banyak transaksinya lumayan juga untungnya hihi

    ReplyDelete
  3. Bisnis mah apa aja gak masalah. Yang penting halal dan serius ngerjakannya.

    Eh btw, salam kenal. Gak sengaja ketemu blogger yang udah sesepuh, wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Tertarik. Jadi kemana daftarnya nih? Minta informasi lengkap kalau mau gabung dalam bisnis jual beli pulsa ini.

    ReplyDelete
  5. Jadi inget tetangga di depan rumah mamah saya. Sewa 1 rumah lumayan besar, isinya cuma box-box berisi casing hp. Kalau dipikir lagi, luar biasa juga ya bisnin hp dan segala perlengkapannya

    ReplyDelete
  6. Bisnis pulsa memang gak ada matinya ya mba, deket rumah awet aja jualan
    bertahun2 tanpa pake ruko hanya bermodalkan rak kaca saja

    ReplyDelete
  7. Ah iya..ini semacam koperasi jadinya y mba.. bisa nih kuinfokan pd kerabat yg sedang merintis bisnisnya..

    ReplyDelete
  8. Bisnis pulsa adalah bisnis yang insyaallah usianya panjang, dan skrg sistem online pasti lebih diminati dari sistem konvensional spt dulu.

    ReplyDelete
  9. masih menghayati maksud bisnis ini,.. kliatan simpel sih ya mbkk.. tapi bisa bersaing nggak yaa

    ReplyDelete
  10. Bisnis pulsa yang sedang berjalan saat ini terpusat pada IRT atau orang yang kurang melek sama platform belanja daring. Lalu masalah member kalau aku liat di sekitarku enggak ada pendaftaran member gitu hehe mungkin masukan aja ya

    ReplyDelete
  11. Bisa banget buat yg punya teman banyak, nggak perlu buka counter. Aku bayar2 sudah pakai mbangking tapi sayangnya pdam belum bisa, masih harus ke counter2. Malesin sih. Kalau punya teman yg punya usaha buat bantu bayar2 pasti asik banget

    ReplyDelete
  12. Termasuk bisnis yang mudah ya mba dan low risk juga. Dideket rumah ku juga udah banyak nih IRt yang pada buka pelayanan ini bisa beli pulsa, bayar BPJS dll.

    ReplyDelete
  13. Semakin ke sini kebutuhan pulsa akan semakin bertambah dan tentunya bisnis pulsa juga terus tumbuh ya mba. Ini bisa benget jadi peluang bisnis bagi remaja dan irt ya.

    ReplyDelete
  14. Ide bisnis pembelian pulsa dan pembayaran segala macam ini banyak banget yang dilakukan sama ibu2 sekolah anakku. Katanya walau modal kecil, hasilnya lumayan banget

    ReplyDelete
  15. Nah ini nih kadang jual pulsa dianggap pekerjaan receh, padahal ya jika memang sudah ada pasarnya bisa juga lho dapet keuntungan.. tingga mau atau tidak mau sih menjalankan bisnis.. memang semua butuh proses y dalam menemukan bisnis yang tepat di era digital seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  16. Usaha yang menguntungkan asalkan dijalani dengan tekun dan disipil, maksudnya jangan mau diutangin hihihi, untujngnya memang gak banyak tapi kalo banyak yang berhutang malah bangkrut ya. harus ketat sedikit memang sama pembelinya ya

    ReplyDelete
  17. Sebetulnya pengen jg nih bisnis ini kayaknya lumayan jg ya..sayangnya baru sebatas ingin doang huhu

    ReplyDelete
  18. Senang banget bisa berbisnis mbak, apalagi IRT yang memang fokus mengerjakan ini jauh lebih melesat. Saya jadi mikir mau bisnis apa ya dari rumah?

    ReplyDelete
  19. Zaman sekarang pulsa itu seperti kebutuhan pokok ya, Mbak. Dan pastinya bakalan jadi peluang usaha yang mencerahkan.

    ReplyDelete
  20. Bisnis yang simple tapi menghasilkan ya mbak. Jaman sekarang memang harus berani berusaha agar masa depan cemerlang. Termasuk mencoba bisnis ini. TFS mbak.

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen upgrade nih heheeh selama ini usaha pulsa aja disambi2 di rumah mbab
    kalau bisa yang lain-lain enak juga seepertinya ya Mba.

    ReplyDelete
  22. Yup bisnis seperti ini yang lagi marak nih di kalangan milenial. Selain mudah tentu juga menguntungkan banget ya Mbak.

    ReplyDelete
  23. Selama ini aku hanya usaha dibidang jasa terus. Pengen deh skalli skali buka usaha yang bukan jasa. Sebagai anak muda jadi tertantang juga nih hehe

    ReplyDelete
  24. Termasuk yg paling dicari, dari mulai anak remaja dewasa, jadi bisnis yg potensial. Seneng sama yg punya jiwa usaha. Apalagi banyak kemudahan sekarang ini via online

    ReplyDelete
  25. Sekarang memang banyaaak ya mba idee yang okeee dan asyik utk dijalani bersama.. semoga selalu sukses

    ReplyDelete
  26. Saya setuju di bagian semua orang membutuhkan pulsa untuk bisa terus menjalankan fungsi gawainya. tapi saya bertanya-tanya, apakah bisnis ini akan tetap relevan menginat sekarang sudah menjamur sekali mobile banking, sms banking, dimana setiap orang bisa membeli pulsa atau paket internet melalui gawainya masing-masing entah dari sisa quota internet yang tersisa, ataupun dengan menggunakan layanan sms. di tambah lagi, kita juga bisa melakukan pembelian via atm.

    ReplyDelete

Yuk sampaikan dengan santun :D